by

Batik, Produk Kreatif Asli Indonesia Tersedia di Blibli.com

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

 

Batik adalah 100% produk kreatif asli Indonesia yang sangat popular tidak hanya di dalam negeri tetapi juga manca negara. Kita bangga memakainya karena batik telah diakui sebagai salah satu warisan budaya non-benda (World Heritage) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 1999. Selanjutnya pada tanggal itulah kita memperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Pengakuan ini mempunyai makna strategi bagi bangsa dan negara serta kelangsungan hidup dan perberdayaan batik kedepannya mengingat Indonesia bukan satu-satunya negara yang memproduksi batik di dunia ini. Setidaknya saya mencatat ada 12 negara selain Indonesia yang juga memproduksi batik yakni  India, Thailand, Jepang, China, Brunai Darussalam, Azerbijan, Senegal, Kamerun, Mesir dan Srilanka.

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Ditetapkannya batik sebagai warisan dunia ini selanjutnya melengkapi 5 budaya dan kesenian asli Indonesia yang lebih dulu diakui yakni Wayang Kulit (UNESCO, 7 November 2013), Keris (UNESCO, 25 Nopember 2005), Lagu Rasa Sayange (Malaysia secara defacto mengakui, 12 Nopember 2007), Reog Ponorogo (Malaysia secara defacto mengakui, 29 Nopember 2007) dan Tari Pendet (Discovery Channel Singapore, 2009). Bangga, kan?

 

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Implikasi pasca batik ditetapkan sebagai warisan dunia adalah Indonesia kini menjadi “Batik Resources Dunia”. Artinya, ketika dunia ingin tahu lebih banyak tentang batik, maka dunia akan datang ke Indonesia. Pun demikian, apabila dunia menginginkan batik yang khas dan berkualitas tinggi, dunia harus membeli dari Indonesia.

Disamping itu adalah tumbuhnya industri batik nasional dalam kurun waktu 4-5 tahun terakhir ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya Industri Kecil Menengah (IKM) Batik yang memberikan kontribusi meningkatnya volume ekport batik ke luar negeri.

Dalam kurun waktu 2011 hingga 2015, jumlah industri batik tumbuh 14,7% dari 41.623 unit menjadi 47.755 unit. Tren pertumbuhan ini segaris dengan meningkatnya tenaga kerja dari 173.829 orang menjadi 199.444 orang atau tumbuh 14,7%. Export batik dalam kurun waktu yang sama juga naik drastis dari Rp 43,96 triliun di tahun 2011 naik menjadi Rp 50,44 triliun pada tahun 2015.

Sekali lagi kita patut berbangga karena batik menjadi salah satu Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia.

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

 

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Walaupun Indonesia bukan satu-satunya negara penghasil batik, akan tetapi batik Indonesia mempunyai perbedaan yang signifikan dengan batik negara-negara lain. Perbedaannya terletak pada disclosure of origin, kekhasan corak dan motif corak serta cara pembuatannya.

Secara historis, batik Indonesia sudah popular sejak abad ke-17. Itu artinya, batik sudah ada di jaman kerajaan Majapahit dan masa penyebaran agama Islam di Indonesia. Walaupun mula-mula berkembang terbatas untuk kalangan kerajaan akan tetapi dalam perkembanganya batik sangat merakyat dan dipakai oleh semu kalangan masyarakat. Ini berbeda dengan kebanyakan batik naegra-negara lain yang baru populer pada abad 20-an.

Batik Indonesia juga kaya ragam motif  dan corak. Hampir di setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Uniknya, motif dan corak batik Indonesia bukan hanya sekedar artistik saja tetapi mempunyai makna filosofi hidup mendalam yang mencerminkan kehidupan masyarakat.

Apabila batik negara lain umumnya dibuat dengan cara dicetak (printed batik), batik Indonesia dibuat melalui proses kreatif yang komplek dan njlimet sehingga mempunyai cita rasa yang tinggi. Kita mengenalnya dengan sebutan batik tulis, batik cap/stemple dan batik lukis. Dalam perkembangannya, batik Indonesia banyak juga diproduksi dengan menggunakan teknologi printed dengan tidak meninggalkan unsur filosofisnya.

 

100% Produk Kreatif Asli IndonesiaAdalah tanggung jawab kita dan seluruh komponen kedirian bangsa yang mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan batik. Melestarikan batik itu mudah yakni dengan menyukai dan memakainya baik dalam kegiatan formal maupun informal. Cara lainnya adalah mengajak keluarga dan generasi muda untuk mengunjungi sentra-sentra batik ataupun museum batik yang kini telah banyak berdiri di setiap daerah.

Memakai batik berarti tidak gengsi untuk membeli produk-produk batik. Percayalah, batik kini telah mengalami metamorfosa kekinian. Di tangan para pengrajin lokal, batik tidak sekedar baju, kebaya, selendang, daster dan busana lain yang kesannya klasik, akan tetapi sudah mengalami modifikasi yang lebih modern dan stylist yang cocok bila dipadukan dengan apa saja dan dipakai dalam situasi apapun.

Lain daripada itu, batik (atau ornamen batik) telah diadopsi untuk berbagai jenis pernak-pernik pendukung fashion seperti tas, dompet, sepatu, topi, gantungan kunci, casing celular dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menyukainya.

 

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Membeli batik tidak melulu harus ke butik, pasar seni, ataupun outlet-outlet yang menjual batik. Kemajuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah menciptakan kemudahan bagi kita dalam bertransaksi. Kini untuk membeli batik pun bisa di toko online yang terpercaya, Blibli.com. Cara ini selain telah menjadi gaya hidup modern, juga terbukti lebih hemat dan efesien.

Blibli.com. adalah salah satu online shopping mall terpercaya di Indonesia sejak tahun 2010. Blibli.com merupakan produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum. Didukungan investasi yang besar dan teknologi digital kekinian, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, di mana saja dan kapan saja.

Apresiasi yang tinggi buat Blibli.com karena dari sekian banyaknya online shopping di Indonesia, hanya Blibli.com yang secara EKSPLISIT memberikan wadah bagi pengusaha-pengusahan kreatif Indonesia. Tema mayornya pun gagah, GALERI INDONESIA, 100% PRODUK INDONESIA dan batik adalah salah satu dari produk-produk kreatif asli Indonesia yang berada dalam tema tersebut.

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Membeli batik secara online di Blibli.com itu seperti masuk dalam sebuah outlet factory batik yang sangat besar. Kita bebas kesana kemari memilih batik dan aksesoris yang kita kehendaki karena Bibli.com menggelar lebih dari 1000 koleksi dari designer lokal dan brand ternama di Indonesia yang telah mendunia.

Kita mempunyai keleluasaan memilih dengan mudah berdasarkan warna, harga, rekomendasi pembeli lain, yang lagi ngehit dan popular bahkan berdasarkan rating. Ukuran ? Jangan kuatir ! Koleksi batik da aksesoris di Blibli.com tersedia dalam berbagai ukuran dan dimensi. Tentu saja ukuran yang telah sesuai dengan kebanyakan orang Indonesia dan juga secara universal.

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

100% Produk Kreatif Asli Indonesia
Koleksi Update
Brand ternama
Mudah Memilih
Ukuran Komplit
Harga Bervariasi

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

 

100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Ah ini yang menarik. Kita mesti tahu bahwa belanja batik dan produk-produk lain secara online di Blibli.com memberikan pengalaman yang mengasikan dan menguntungkan. Setidaknya ada 7 (tujuh) keuntungan yang PASTI kita dapatkan. Here they are…

7 Keuntungan Blibli.com

 

Jadi member Blibli.com

Untuk melakukan transaksi di Blibli.com memang tidak mensyarakat menjadi member akan tetapi kita tidak akan mendapatkan keuntungan-keuntungan lain. Nah, selain tidak dikenakan biaya apapun bila kita melakukan sign up menjadi member kita akan mendapat gratis 2500poin Blibli.com Rewards dan 4 (empat) keuntungan sebagai berikut, this is it…

Untung Jadi Member Blibli.com

 

Kesimpulan

  • Batik adalah Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya (World Heritage) non benda oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 1999;
  • Diakuinya batik sebagai warisan budaya, menjadikan Indonesia sebagai Batik Resources Dunia yang memberikan implikasi pada pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) dan meningkatnya ekspor;
  • Kelestarian batik menjadi tanggung jawab seluruh elemen kedirian bangsa;
  • Melestarikan batik diawali dari rasa bangga untuk membeli dan memakainya baik untuk aktifitas formal maupun non formal;
  • Batik dan Produk Kreatif Asli Indonesia lainnya bisa dibeli di Toko Online Blibli.com;
  • Blibli.com adalah satu-satunya online shopping mall yang secara EKSPLISIT memberikan wadah bagi pengusaha-pengusahan kreatif Indonesia dalam tema mayor GALERI INDONESIA, 100% PRODUK INDONESIA ;
  • Manfaatkan keuntungan langsung 2500 poin Blibli.com rewards  dan kemudahan-kemudahan lain dengan melakukan sign up member;

Website

www.blibli.com

Email

customer.care@blibli.com

Customer Care

0804 1 871 871

              

 

2269total visits,7visits today

13 Comments


  1. // Reply

    aku jg suka belanja di sini mbk, udh ketiga kalinya,
    dan skrg seneng donk saya dg info ini, jd bikin sayaaaaaa, pgn belanja lageeee, : )


    1. // Reply

      iya mbak, belanja sudah semakin mudah serta aman. tentu saja harus pilih e-commerce yang bonafit, kayak blibli contohnya


  2. // Reply

    saya baru tahu kalau batik diproduksi di negara lain juga. batik 100 persen asli produk kreatif Indonesia yang mendunia. Bangga saya pakai batik.

    waduhhh mantab bener tulisannya mbak. semoga menang yak..


  3. // Reply

    Saya pernah sekali order batik di blibli untuk pak misua..
    Setelah dicoba pak misua, ada yang aneh dari batiknya.
    Perasaanku, di fotonya bagus. Kog realitanya ada yang aneh geto..
    Ternyata keanehan terletak pada modelnya (orangnya), bukan model batiknya loh ya..
    Jadi saya gak berani lagi untuk beli batik onlen.. Hehe..


  4. // Reply

    Baju batiknya bagus-bagus mbak, tapi takut nggak sesuai ukuran *musti diet*
    makasih atas infonya mbak, pengen deh batik jadi tren dunia nantinya selain telolet hehe


    1. // Reply

      Kalau batik sudah menjadi tren dunia mbak…terbukti Indonesia telah menjadi kiblat batik dunia dengan ditetapkannya sebagai warisan dunia….


  5. // Reply

    Duh, keren banget Mbak ilustrasinya… pake software apa kah? Saya prediksi pasti menang nih ;).


  6. // Reply

    Halo! Selamat ya sudah menang! Kalau bisa, link dan post-nya jangan di take out ya, biar berkelanjutan “rasa menang”-nya 🙂


    1. // Reply

      Iya terima kasih atas apresiasinya, Insya Allah tidaka terjadi take out 🙂

Leave a Reply