3 Cara Saya Mengurangi Stress Karena Pandemi

Grafik penularan dan infeksi Covid-19 masih belum melandai. Beberapa daerah di Indonesia terutama di pulau Jawa masih mengalami lonjakan. Pemerintah pun memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Di satu sisi kebijakan ini dianggap efektif menurunkan kasus infeksi dan kematian karena covid, namun di sisi lain juga mengakibatkan stress. Ya, adakalanya saya juga mengalaminya. Nah, bagaimana saya mengurangi stress karena pandemi?

Ya, wajar saja jika kita merasa stres akibat bosan menghadapi masa pandemi. Ini disebabkan karena kita kehilangan kebebasan untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Bagaimana tidak, pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus memang berdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat. 

Tapi saya percaya bahwa apa yang dilakukan pemerintah semata-mata demi kebaikan dan kesehatan masyarakat, meskipun sampai saat ini grafik penularan dan kematian belum benar-benar stabil melandai.

Adakalanya saya juga merasa bosan, terisolasi dan kesepian yang menjadikan stres dan cemas. Namun saya sadar, stres akan menurunkan imunitas tubuh. Kalau ini terjadi justru memberi peluang virus masuk ke tubuh saya dengan mudah.

Tentu saja saya tak ingin ini terjadi. Saya masih ingin hidup lebih lama lagi karena masih banyak cita-cita dan keinginan yang belum terwujud. Maka, saya pun berupaya keras menemukan cara mengurangi stress tersebut dengan berbagai cara yang menurut saya mudah untuk dilakukan. Mau tahu?

Nah, ini dia 3 (tiga) cara yang saya lakukan untuk mengurangi stress saat di rumah saja karena pandemi.

01

Ikuti Arus Yang Harus Dijalani dan Mencoba Terus Bahagia

Menolak kebijakan pemerintah dengan setengah hati menerapkan prokes (protokol kesehatan) yang ketat dan PPKM justru membuat diri semakin terbebani. Dari sini saya berupaya membebaskan diri dari pikiran-pikiran negatif dan kontraproduktif yang justru menyebabkan stress berkepanjangan. Apa yang saya lakukan?

Saya mencoba ikhlas dan legowo, menerima keadaan, dan mengikuti saja arus yang harus saya lalui dan mencoba untuk bahagia semampu yang saya bisa. Toh bukan hanya saja yang mengalaminya. Pandemi covid-19 telah merenggut kebebasan dan membuat stress hampir seluruh penduduk bumi

02

Mencoba Sesuatu Yang Baru

Saya paham kalau stress muncul karena kebosanan kehilangan kebebasan. Dan, satu hal yang membuat situasi pandemi terasa membosankan adalah karena sulitnya menemukan aktivitas yang cukup menantang untuk membuat diri tetap sibuk seperti dulu.

Maka, melakukan hal-hal baru adalah salah satu cara lain untuk menghilangkan kobosanan dan stress. Hal-hal baru ini tidak hanya menghilangkan kebosanan namun juga mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru sebagai hobi jangka panjang yang juga dapat mendatangkan keuntungan secara finansial.

Maka, melakukan hal-hal baru adalah salah satu cara lain untuk menghilangkan kobosanan dan stress. Hal-hal baru ini tidak hanya menghilangkan kebosanan namun juga mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru sebagai hobi jangka panjang yang juga dapat mendatangkan keuntungan secara finansial. Apa yang saya lakukan?

Sebulan terakhir ini saya menekuni hobi baru yakni membuat jamu herbal tradisional yang bermanfaat untuk menaikan imun tubuh. Pada awalnya jamu herbal ini hanya untuk dikonsumsi keluarga. Namun, sekarang sudah saya pasarkan untuk konsumsi umum.

03

Main Game Online

Cara ketiga yang saya lakukan untuk mengurangi rasa bosan dan stress selama di rumah saja karena pandemi adalah main game online yang ringan dan menghibur.

Sebenarnya ada banyak platform game online yang bisa dimainkan di internet. Salah satu yang paling saya suka adalah main game online di plays.org. 

Di situs plays. org ini saya menemukan ratusan permaninan gratis, menarik dan menghibur. Ya. Tak ada games berat untuk di situs ini. Games-game yang tersedia sangat ringan dan cepat untuk dimainkan. Saya tak butuh waktu berhari-hari untuk menang. 

Yang menarik, saya tak perlu melakukan registrasi atau mendownload untuk memainkan berbagai game di plays.org. Semua game dapat dimainkan secara online dan kompetible untuk semua browser.

Nah, di antara ratusan game-game yang ada di plays.org ini, sejauh ini saya suka memainkan 5 (lima) game yang menurut saya sangat menghibur dan mampu mengurangi stress. 

Ini dia… 

Classic Solitaire

Game ini adalah game yang disukai dan dimainkan jutaan orang diseluruh dunia.

Saya sendiri sudah memainkan game ini sejak SMP dengan menginstallnya di laptop. Namun di plays.org, saya memang tidak perlu mengintalnya. Saya tinggal mengakses website plays.org dan langsung memainkannya. Ya semudah itu.

Yang suka dari game ini adalah memainkannya tak butuh terlalu mikir. Ya, game ini memang game ringan dengan rule yang mudah dipahami yakni mengurutkan kartu dari kartu Ace hingga kartu terkecil dengan tatanan selang-seling (merah dan hitam). Setelah itu kartu dipindahkan ke kolom kiri atas sesuai urutan dan jenis, dan menang.

Secara default, mode putaran kartu disetting muncul 3 kartu. Mode ini sedikit lebih sulit. Namun, saya biasanya mengubahnya menjadi satu kartu melalui menu setting di pojok kiri atas.

Bagi saya, game ini menarik dimainkan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan dan mengurangi stress.  

Cars Lightning Speed Racing

Saya juga memainkan game balap di Plays.org. Di situs ini ada banyak sekali game dengan kategori race (balap). Namun yang paling saya suka adalah Cars Lightning Speed Racing.  

Game racing ini bukan berbentuk flash namun dibangun dengan infrastruktur HTML5 yang lebih efisien, dinamis, dan tidak membutuhkan plugins.

Game Cars Lighting Speed Racing ini mudah dimainkan dengan dua opsi tingkat kesulitan yakni rookie atau pro serta dua mode balapan yakni mode single mode dan mode career.

Rulenya pun mudah yakni memacu mobil secepat mungkin, menghindari rintangan, mengumpulkan token petir dan uang yang bisa dikonversikan untuk mengubah warna, mengganti stiker mobil serta tune-up mesin agar lebih cepat dan optimal diberbagai medan track.

Jadi semakin banyak petir dan uang yang terkumpulkan, berpotensi pula menjadi pemenang dalam balapan.

Game ini mengasikan dan menantang karena memliki 20 track berbeda di lima negara yakni AS, Brasil, Jepang, Jerman, dan Italia. 

Masing-masing track akan terbuka setelah menyelesaikan track sebelumnya, Begitu seterusnya. 

Saya suka sekali dengan game ini. Selain mudah dimainkan dengan keyboard, game ini memiliki grafis yang cantik, serta menyajikan efek suara seperti rem seperti asli dan background musik yang menghentak memacu adrenaline.

Yang pasti sangat menghibur dan dapat mengurangi stress dengan memainkanya. 

Falling Cubes Online Tetris Game

Senang sekali saya menemukan game Tetris di plays.org. Ini adalah game legendaris yang populer di seluruh dunia. 

Dulu saya memainkan game ini di handphone jadul Nokia. Sejak saat itulah saya jatuh cinta dengan game ini dan sering memainkannya dalam banyak berisi.

Di plays.og ternyata juga ada banyak game Tetris. Setidaknya saya menemui 7 jenis game Tetris.

Dari tujuh game Tetris tersebut yang sering saya mainkan adalah Falling Cube Tetris atau Tetris Balok, saya menyebutnya. 

Bagi saya game ini menghibur. Saya bahkan sering lupa waktu kalau sudah memainkan game ini. 

Tak ada perbedaan cara memainkan game Tetris ini dengan versi lama. Permainan ini hanyalah menyusun balok hingga membentuk satu bidang data untuk mendapatan poin dan masuk ke level selanjutnya

Ciri khas game ini adalah bila level bertambah, kecepatannya turunnya balok juga bertambah sehinga membutuhkan konsentrasi. Namun game menjadi salah satu game favorit saya untuk menghilangkan stress.

Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle Game

Game yang saya maikan di plays.org adalah Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle Game. 

Sebenarnya game ini didesain untuk todler (anak). Namun karena saya membutuhkan game yang simpel dan tidak terlalu mikir maka saya sih asik-asik saja memainkannya.

Karena dibuat untuk todler maka game ini super simple yakni hanya menyusun 9 bagian menjadi satu kesatuan gambar utuh. 

Setiap puzzle terdiri dari 4 sudut, 4 bagian tepi, dan 1 bagian tengah, sehingga cukup mudah untuk mengetahui ke mana setiap bagian berada berdasarkan bentuknya, terutama karena potongan tidak perlu diputar.

Yang membuat semakin mudah memainkan game ini mudah adalah adanya clue yakni gambar dasar transparan. 

Game Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle ini memiliki 27 teka-teki berbeda untuk diselesaikan. Saat satu puzzle selesai, permainan secara otomatis menampilkan puzzle berikutnya.

Saya cukup terhibur memainkan game ini dan telah menyelesaikan semua puzzle yang tersedia. 

Amazing World of Gumball Word Search

Game ini seru, Nggemesin dan gampang-gampang susah. Yakni menemukan kata-kata yang tersembunyi dalam susunan huruf yang acak.

Yang bikin nggemesin adalah, beberapa kata dieja terbalik dan tidak hanya ditemukan secara vertikal dan horizontal namun juga miring dengan cara ngedrag menggunakan cursor mause.

Maka, untuk memainkan games ini saya mesti berkonsentrasi dengan baik untuk menemukan kata-kata yang tersembunyi.

Selain itu, game Amazing World of Gumball Word Search ini harus berpacu dengan waktu. Semakin cepat menemukan kata maka semakin cepat pula saya mendapatkan peringkat bintang.

Game ini asik untuk dimainkan. Saya merasa terhibur meskipun harus berfikir. 

Awalnya saya memainkan dengan mode easy (mudah) namun saat ini saya memilih mode hard (sulit) yang lebih menantang.

Nah, itulah 3 (tiga) cara saya mengurangi stress selama di rumah saja karena pandemi. 

Saya yakin setiap dari kita memiliki cara sendiri-sendiri untuk mengatasi rasa kebosanan dan mengurangi stress. Namun, apapun caranya saya yakin mengasikan, sama seperti yang saya lakukan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Tetap semangat dan jaga kesahatan ya. 

error: Alert: Content is protected !!