Skip to content

Menjadi Identitas Bangsa, Batik Memang Lebih Baik

feature-batik-trusmi

Ada banyak alasan bagi kita untuk bangga #menjadiIndonesia, satu dari sedikit bangsa-bangsa di dunia yang mampu mempertahankan identitas kebangsaanya berupa warisan peradaban tinggi dan adiluhung yang terpelihara hingga saat ini.

Identitas Bangsa itu berupa keramahan khas ala orang timur, adat istiadat dan warna-warni budaya dari 262 juta masyarakatnya yang mendiami tak kurang dari 16.056 pulau dari Sabang sampai Merauke. Nah, salah satu identitas yang tetap terpelihara dan lestari hingga saat ini, hasil olah budaya anak bangsa adalah Batik.

Sebagai warga negara, kita mesti bangga dengan Batik. Tak hanya sebagai warisan budaya dan menjadi identitas bangsa saja, Batik bahkan telah menjadi warisan dunia. Orang sedunia pun tahu kalau batik telah diakui sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia (World Heritage) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 1999, tanggal yang akhirnya ditetapkan juga sebagai hari Batik Nasional di negara kita.

Pengakuan ini otomatis menempatkan negara kita sebagai pusat Batik Dunia (Batik Resources Center), sekaligus melengkapi 5 (lima) budaya asli Indonesia yang juga diakui dunia seperti Wayang Kulit (UNESCO, 2013), Keris (UNESCO, 2005), Lagu Rasa Sayange (Malaysia secara de facto mengakui, 2007), Reog Ponorogo (Malaysia secara defacto mengakui, 2007) dan Tari Pendet (Discovery Channel Singapore, 2009).

Keren, bukan ?

Batik Indonesia Memang Lebih Baik

Menurut saya pengakuan dunia atas batik menjadi pencapaian yang sangat prestisius dan luar biasa bagi bangsa Indonesia. Bukan saja menunjukan kepada dunia bahwa republik yang kita cintai ini memang kaya akan budaya, tradisi dan kesenian sebagai bagian dari kedirian bangsa, tetapi juga membuka peluang lebar bagi tumbuhnya ekonomi kerakyatan.

Wajar deh kalau kita bangga. Kebanggaan bagi siapapun orangnya yang mengaku bertumpah darah, berbangsa dan berbahasa yang satu Indonesia, ya nggak sih? Namun yang lebih penting lagi bahwa pencapaian ini juga menunjukkan bahwa Batik Indonesia memang lebih baik dari Batik negara-negara lain. Nah lho, maksudnya ?

Iya, sudah menjadi rahasia umum bahwa negara kita bukanlah satu-satunya negara produsen Batik di dunia karena beberapa negara di belahan dunia lain juga memproduksinya. Setidaknya saya mencatat ada 12 negara produsen Batik lain seperti China, Malaysia, Thailand, Azerbaijan, Kamerun / Afrika, India, Singapura, Brunai Darussalam, Jepang, Sri Lanka, Mesir dan Senegal.

Trus, apa alasannya kalau Batik Indonesia memang lebih baik ?

Peta

Ada 2 (dua) alasan mendasar kenapa Batik Indonesia lebih baik dibandingkan produksi negara lain hingga diakui sebagai warisan dunia.

Pertama, Batik Indonesia adalah Pesona Indonesia yang sebenarnya, orisinil, kaya corak dan motif. Batik Indonesia dibuat dengan bahan berkualitas melalui proses kreatif tangan (handmade) yang rumit dan membutuhkan keahlian spesifik dari para pembatiknya. Kita mengenalnya sebagai Batik Tulis dan Batik cap. Ini jelas bukan seperti batik kepunyaan negara-negara lain yang umumnya dibuat dengan cara di printing (Printed Batik).

Kedua, Batik Indonesia tidak tiba-tiba ada. Kehadirannya mempunyai riwayat panjang, turun temurun dari generasi ke generasi sejak abad ke-17. Artinya, batik sudah ada di jaman Majapahit dan pada masa-masa penyebaran agama Islam di Nusantara.

Jadi, Batik Indonesia benar-benar memenuhi syarat disclosure of origin sebagai warisan budaya asli Indonesia. Inilah kenapa Batik Indonesia mamang lebih baik dibanding produk negara lain di dunia.

Tak Hanya Populer, Ini Alasan Kenapa Memakai Batik Itu Seru Dan Lebih Baik

Batik kini dipakai di mana-mana. Di banyak daerah bahkan menjadikan Batik sebagai seragam sekolah, seragam komunitas atau menjadi identitas perusahaan. Sampai-sampai, tidak ada pesta pernikahan tanpa orang yang memakai batik di dalamnya. Bener gak, sih.

Bukan tanpa dasar kalau Batik menjadi sejenis pakaian populer dan digemari banyak orang. Mungkin bisa disebut sebagai pakaian bersejuta-juta umat, gitu. Semua kalangan memakainya. Tidak perduli mereka “The Have atau pun The Have Not“, pejabat atau bukan. ‘Gak ada limitasi atau batasan-batasan strata sosial orang memakai Batik.

Malah bisa dikata Batik adalah alat pemersatu bangsa dengan segala perbedaannya. Seperti halnya kekayaan corak dan motifnya, begitu pula bahwa ada banyak alasan seru kenapa memakai Batik itu lebih baik. Nah, berikut ini nih diantaranya,

Batik

  1. BATIK ITU FASHIONABLE BANGET
    Dengan banyaknya motif, warna dan corak, Batik sangat terlihat menarik saat dipakai. Bahkan para pesohor dunia menjadikan batik sebagai fashionnya. Uniknya, Batik cocok dipadukan dengan jenis pakaian apa saja tanpa harus takut merusak mode
  2. MEMAKAI BATIK ITU BANGKITKAN NASIONALISME
    Memakai Batik itu menjukkan identitas dan jati diri Indonesia. Jadi dengan memakainya akan membangkitkan rasa bangga terhadap bangsa dan negara (Nasionalisme)
  3. BATIK ITU FUN !
    Pakai Batik itu Fun banget, karena bisa dipakai di segala kondisi kegiatan baik resmi maupun santai. Bahkan cuman Batik yang tetap asik dipakai untuk aktifitas sehari-hari.
  4. PAKAI BATIK ITU “MRIYAYENI” ALIAS ELEGANT
    Tak hanya fashionable dan fun, pakai batik juga akan terlihat Mriyayeni dan elegant walaupun motif, warna dan coraknya terlihat “menyala”.
  5. MENGGERAKKAN EKONOMI KERAKYATAN
    Batik Indonesia umumnya diproduksi oleh para pengrajin dari berbagai daerah. Nah, dengan membeli dan memakainya berarti ikut serta menggerakkan roda ekonomi rakyat

Satu Dari Jutaan Penggemar Batik

saya mungkin salah satu dari jutaan orang yang menggemari Batik. Kegemaran ini bukan datang tiba-tiba karena sedari masih anak-anak saya memang sudah suka dengan yang namanya kerajinan tangan (handmade) tradisional, utamanya batik dan pernak-perniknya.

Adalah ibu saya, seorang pensiunan Guru SD di Kaligangsa Wetan Brebes, yang mengenalkannya Batik Kepada saya. Saat masih aktif mengajar, ibu memang saya suka mendesain dan menjahit sendiri baju-baju tari modern berbahan Batik bagi murid-muridnya untuk mengikuti lomba, baik di tingkat Kabupaten Brebes maupun Propinsi Jawa Tengah. Dan saya salah satunya.

Kegemaran saya dengan Batik itu masih berlanjut hingga kini, bahkan ketika saya sudah pindah domisili ke Yogyakarta, 10 tahun lalu. Kalau ada pameran-pameran Batik, tak jarang saya menyempatkan diri mengunjunginya dan berburu Batik untuk keluarga. Kenapa, karena biasanya ada banyak diskon saat pameran.

Bahkan kalau pas lagi ada sedikit rejeki lebih, sambil refresing saya malah bela-belain datang ke pengrajin Batik secara langsung, baik di dalam kota maupun luar kota. Entahlah, saya dan keluarga seperti mempunyai kepuasan tersendiri gitu memakai batik dan berburu Batik.

Batik
Batik

EVENT

Catering Event

Paket Hampers

Paket hampers adalah paket hamparan atau parcel. Di Soul in a Box, paket Hampers ini dikemas unik yakni menggunakan besek tradisional di mana setiap hampersnya dilengkapi dengan kartu ucapan untuk penerima. Paket Hampers ini menjadi pilihan masyarakat Jakarta saat berbagi kebahagiaan dengan teman, sanak family, panti asuhan, dan lain sebagainya. Soul in a Box menyediakan 2 (dua) pilihan yakni paket hamper 3 orang atau 5 orang namun dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dengan menu yang dikehendaki.

01
Mulai dari Rp.270,000
Paket Hampers 3 Orang

Mulai dari Rp.270,000

  • Menu Nusantara

  • Menu Minang

  • Menu Yogyakarta

  • dll

02
Mulai dari Rp.400,000
Paket Hampers 5 Orang

Mulai dari Rp.400,000

  • Menu Nusantara

  • Menu Minang

  • Menu Yogyakarta

  • dll

Paket Tumpeng Mini

Soul in a Box menyediakan paket Tumpeng (standart dan mini) untuk berbagai acara perayaan seperti ulang tahun, syukuran, dan sebagainya. Tumpeng di Soul in a Box sangat terjangkau, yakni dimulai dari harga Rp 35.000 dengan pemesanan minimal 25 pax.

01
Mulai Dari Rp. 800,000/ 20 Porsi
Paket Tumpeng

Mulai Dari Rp. 800,000/ 20 Porsi

  • Nasi Kuning

  • Oseng Tempe

  • Ayam Suwir

  • Telur Gulung

  • Bihun Goreng

  • Kering Kentang

  • Dan Lain-lain

02
Mulai Dari Rp. 35,000/pax
Paket Tumpeng Mini

Mulai Dari Rp. 35,000/pax

  • Nasi Kuning

  • Oseng Tempe

  • Ayam Suwir

  • Telur Gulung

  • Bihun Goreng

  • Kering Kentang

  • Dan Lain-lain

Paket Snack

Melengkapi kebutuhan untuk event, Soul in a Box juga menyediakan aneka ragam snack dengan berbagai cita rasa yang sesuai untuk berbagai acara dengan harga mulai dari Rp 13.000 dan dengan minimum pemesanan adalah 25 paket.

01
Mulai Dari Rp. 17,000/pax
Paket 2 Kue 1 Air Minera

Mulai Dari Rp. 17,000/pax

  • 1 Kue Regular

  • 1 Kue Premium

  • Air Mineral

02
Mulai Dari Rp. 20,000/pax
Paket 3 Kue 1 Air Mineral

Mulai Dari Rp. 20,000/pax

  • 1 Kue Regular

  • 2 Kue Premium

  • Air Mineral

03
Paket Snack 03
Paket Kue Premium

Lapis Beras, Donut Gula, Donut isi Blueberry, Donut isi Strawberry, Pie Buah, Putu Ayu, Bolu Gula Jawa, Talam Hijau, Pie Susu, Risol Sayur, Kue Sus, Bolu Kukus, Dadar Gulung, Lapis Pelangi, Kue Gemblong, Onde - Onde, Talam Ubi, Sosis Solo, Kue Lumpur, Kue Pepe, Pie Choco, Kue Cantik Manis, Kue Semar Mendem

04
Paket Snack 04
Paket Kue Reguler

Bakwan Udang, Risoles Ham, Lapis Surabaya, Marbel Cake, Keroket, Bika Potong, Roll Legit, Pisang Bolen, Kue Dadar Pandan, Talam Srikaya, Carabikang, Bolu Pisang, Risoles Udang

 

 

 

RICE BOX

Nasi Box Sehat (Green)

Paket Isoman

Paket makan yang disediakan bagi masyarakat yang sedang melakukan Isoman (Isolasi Mandiri), recovery 14 hari dan Immunity 7 hari dengan jenis menu dan cara masaknya telah disesuaikan agar daya tahan tubuh meningkat. Paket ini sangat diminati selama pandemi karena dilengkapi pula dengan berbagai multivitamin, susu, madu dan snack sehat.

01
Mulai Dari Rp. 30,000/pax
Paket Isoman

Mulai Dari Rp. 30,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

02
Mulai Dari Rp. 90,000/pax
Paket Recovery

Mulai Dari Rp. 90,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Vit B, C, E

  • Zinc

  • Buah

  • Madu

  • Snack Sehat

03
Mulai Dari Rp. 70,000/pax
Paket Immunity

Mulai Dari Rp. 70,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

  • Susu

  • Becom-Zet

  • Madu

  • Snack Sehat

Paket Diet (Simply Fit)

Paket menu yang dirancang khusus untuk menurunkan berat badan 4-6 kg selama 14 hari (Program Simplyfit). Dalam paket diet ini, Soul in a Box juga menyediakan paket diet 7 hari serta paket diet makan siang dan makan malam. Paket ini gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta.

01
Mulai dari Rp.1,330,000 / 14 Hari
Paket Diet 14 Hari

Mulai dari Rp.1,330,000 / 14 Hari

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

02
Mulai dari Rp.665,000 / 7 Hari
Paket Diet 7 Hari

Mulai dari Rp.665,000 / 7 Hari

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

RICE BOX

Nasi Kotak

Paket Personal

Paket nasi box yang berisi berbagai jenis karbo, protein yang bervariasi yang dikombinasikan dengan sayuran segar untuk memastikan tersedianya asupan gizi bagi tubuh. Paket ini menjadi favorite karena selain lezat juga tidak ada minimum order dan juga ada subsidi ongkir untuk ke beberapa wilayah di Jakarta.

Paket Lauk

Paket Lauk

Mulai dari Rp.40,000/pax

Lauk utama, Lauk Pendamping, Sayur, Sambal

01
Paket Regular

Paket Regular

Mulai dari Rp.40,000/pax

Nasi / Aneka Karbo, Lauk Utama, Lauk Pendamping, Sayur, Buah/Dessert, Sambal

02

Paket Corporate

Paket nasi box untuk makan siang atau kegiatan kantor dengan berbagai macam variasi menu yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget. Paket corporate ini juga menyediakan paket vegetarian bagi mempunyai kebiasaan tidak mengonsumsi daging.

Personal Regular

Personal Regular

Mulai dari Rp.30,000/pax

Nasi Putih, Lauk Utama, Lauk Pendamping, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert

*Jumlah minimal order 30 pax

01
Paket Premium

Paket Premium

Mulai dari Rp.40,000/pax

Nasi Putih, Lauk Utama, Lauk Pendamping 1, Lauk Pendamping 2, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert

*Jumlah minimal order 20 pax

02
Paket Deluxe

Paket Deluxe

Mulai dari Rp.45,000/pax

Nasi/Aneka Karbo, Lauk Utama 1, Lauk Utama 2, Lauk Pendamping, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert, Air Mineral

*Jumlah minimal order 10 pax

03

Cara Menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number

DI Situs Belanja

Pilih "Kartu Kredit" di metode pembayaran

Aktifkan Virtual Number

Ingat, tiap aktivasi hanya valid untuk 1 pembelian.

Masukkan OTP

Kalau tidak menerima OTP, kita bisa meminta lagi.

Copy-paste detailnya

Salin nomor Kartu, CVV, dan tanggal kedaluwarsanya.

Transaksi selesai!

Kita bisa mengubahnya jadi cicilan jika perlu.

peta-lokasi-sky-house-bsd

Dokumentasi Proyek Kewirausahaan

Hasil PKL Kewirausahaan SMKN 6 Ygk
Dokumentasi Usha 04
Dokumentasi Usaha 03
Dokumentasi Usaha 01
Dokumentasi Usaha 02