Cara Cepat Jual dan Sewa Apartemen

Cara Cepat Jual Dan Sewa Apartemen

Cara Cepat Jual dan Sewa Apartemen – Kondisi sektor properti memang mengalami tekanan yang hebat selama tiga tahun terakhir. Segmen tajir yakni kalangan menengah ke atas masih wait and see menginvestasikan duitnya untuk membeli apartemen. Tahun terparah dari bisnis ini adalah pertengahan tahun 2014 hingga 2015.

Memasuki tahun 2016, yang digadang-gadang menjadi turning poin kebangkitan properti Indonesia pun tidak terbukti sama sekali bahkan kondisi stagnan masih berlanjut hingga triwulan I tahun 2017.

Padahal asumsi pertumbuhan ekonomi nasional telah dipatok pada angka 5,1 yang diyakini sebagai angka yang realitis untuk menumbuhkan iklim bisnis dan meningkatnya daya beli masyarakat. Apalagi pemerintah tengah gencar-gencarnya memangkas pintu birokrasi yang ditunjukkan dengan menurunnya score kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/EoDB) di Indonesia dari di atas 100 menjadi 91.

Tapi sayang, asumsi pertumbuhan itu belum sepenuhnya memberi dampak yang signifikan. Entah karena apa, daya beli masyarakat terutama untuk segmen menengah ke atas dan expatriate masih belum bergairah bahkan mengalami penurunan.

Walaupun kondisi belum sepenuhnya membaik, dalam bisnis property apartemen REI mencatat bahwa banyak pengembang apartemen di kota-kota besar malah memasang target pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dibanding tahun lalu yakni di angka 15%.

Pembangunan proyek apartemen-apartemen baru di kota-kota besar di Indonesia masih marak. Jakarta dan wilayah penyangga seperti Depok, Tangerang dan Bekasi sendiri hingga saat ini terdapat proyek apartemen baru yang diperkirakan akan terbangun 50.525 unit apartemen baik dari proyek baru maupun lanjutan.

Kondisi menjadi berbanding terbalik karena pasokan menjadi berlebih yang mengakibatkan harga properti komersial menjadi labil.

Orang membeli apartemen memang tidak melulu untuk dijadikan tempat tinggal sendiri. Tak sedikit juga yang dijadikan sebagai suatu bentuk portfolio investasi. Dengan kondisi seperti saat ini munculah pertanyaan yang mendasar,

Apakah investasi apartemen sudah tidak lagi menguntungkan? Bagaimana bisa menjual dengan cepat apartemen yang sudah dibeli?

Don’t Worry Investasi Apartemen Tetap Menguntungkan

Dalam investasi properti akan terdapat tambahan nilai karena pengembangan bangunan di atas sebidang tanah. Jika bangunan tersebut berada di lokasi strategis dengan akses dan fasilitas baik, maka nilai tambahnya akan semakin tinggi.

Jika seorang investor properti mengembangkan sebidang tanah menjadi rumah atau ruko, maka ia akan menerima uang sewa. Uang sewa tersebut akan terus naik karena kelangkaan tanah sementara permintaannya selalu meningkat. Apresiasi nilai tanah terjadi karena jumlah manusia semakin bertambah, sedangkan jumlah tanah tidak akan bertambah. Inilah kenapa harga tanah terus meningkat setiap saat.

Investasi properti memiliki nilai lebih tahan lama dibanding instrumen investasi lainnya, seperti deposito atau emas. Investasi bisnis properti memiliki jangka waktu rata-rata 305 tahun, setelah itu perkembangan nilainya akan menghasilkan capital gain.

Jika Anda berinvestasi properti sejumlah Rp 100 juta sebagai uang muka, maka nilai investasi properti Anda bisa sebesar Rp 500 juta (lima kali lipat), karena sisa Rp 400 juta dibayar dengan pembiayaan bank. Jika nilai investasi naik 10% menjadi Rp 550 juta, maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah Rp 50 juta, atau 50% dari investasi awal.

Tanah dan bangunan dibeli untuk menjaga investasi tersebut agar tidak terkena dampak inflasi. Orang yakin membeli properti karena nilai investasinya tidak akan turun, bahkan akan terus meningkat.
Properti adalah jaminan yang paling solid, karena itulah bank lebih mempercayai agunan dalam bentuk properti dibanding investasi keuangan.

Rasa bangga terhadap kepemilikan properti biasanya lebih tinggi karena properti juga dapat menghasilkan pendapatan dari sewa.

Cara Cepat Menjual & Menyewakan Apartemen

Bagi yang sudah terlanjur meginvetasikan uangnya untuk membeli property apartemen sepintas akan pusing menghadapi masa-masa tidak berimbangnya antara demand dan supply seperti saat sekarang ini. Eit…tunggu dulu, Jangan keburu pusing !

Meskipun industri properti sedang mengalami penurunan, transaksi jual-beli dan sewa-menyewa apartemen MASIH terjadi setiap harinya. Yang dibutuhkan hanya bagaimana “mensiasati” kondisi dengan menerapkan cara pemasaran yang lebih CERDAS. Begini cara cepat jual dan sewa apartemen yang perlu diperhatikan.

Tata Ulang (Redesign)
Penataan ulang dan perbaikan apartemen menjadi hal perlu diperhatikan. Kondisi apartemen yang menarik akan mempercepat terjadinya transaksi (jual atau sewa).

Tentukan Segmentasi & Harga Yang Relevan
Tentukan harga dengan mempertimbangka segmentasi, siapa sasaran pembeli atau penyewa. Ini sangat berhubungan dengan type apartemen apakah type studio (1 kamar), 2 atau 3 kamar serta apakah dijual/disewakan dengan kondisi kondisi unfurnished/semi-furnished/furnished

Terbuka Untuk Negosiasi
Negosiasi secara terbuka. Pertimbangkan Opportunity Cost dan Fixed Cost. Prinsipnya, semakin lama apartemen tidak tersewa/terjual, semakin besar opportunity cost serta fixed costnya (listrik, air, dll).

Gunakan Rukamen Stacking Method & Sales Hack
Situs yang membantu pemilik properti untuk memasarkan dengan menggunakan sumber daya dan tool-tool baik secara online maupun offlie

Rukamen Saleshack, Apa Itu Rukamen Saleshack ?

Rukamen (Rumah-Kantor-Apartemen) BUKAN AGEN PROPERTY tetapi situs Iklan listing dan database apartemen terlengkap di Indonesia yang membantu memaksimalkan iklan apartemen agar bisa terjual dalam waktu singkat.

Saleshack adalah metode pemasaran tertentu yang dipergunakan oleh Rukamen untuk mempercepat terjadinya transaksi baik pembelian atau sewa atas apartemen yang masuk listing dan database di situs Rukamen. Artinya, dengan metode ini Rukamen merupakan situs yang menawarkan cara cepat menjual apartemen bagi pemilik (owner) dan juga cara cepat sewa apartemen bagi perorangan atau keluarga yang ingin menyewa dan menjadikan apartemen sebagai hunian tempat tinggal.

Walaupun situs Rukamen baru berdiri sejak tahun 2015, akan tetapi kini sudah menyajikan data apartemen di 9 (sembilan) kota besar di Indonesia dengan >10.000 listing apartemen di situs Rukamen. Jumlah ini akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Bagaimana Rukamen Saleshack Mempercepat Pejualan ?
Rukamen akan menggunakan metode Saleshack dengan memanfatkan sumber daya dan tool-tool media yang tersedia seperti Classifieds Ads baik Offline maupun Online, Forum, Social Media, Email Blast da SMS Blast ke ribuan kontak database yang dimiliki Rukamen. Rukamen akan menyebar iklan anda di lebih dari 15 channel online, termasuk website properti, forum, website marketplace hingga media sosial.

Dengan sistem SMS dan Call Center yang terintegrasi, Rukamen memberikan opsi agar nomor pemilik apartemen tidak di publish di channel online demi menjaga privasi pemilik apartemen.
Rukamen melakukan Competition Report dan merekomendasikan semua informasi secara lengkap agar iklan apartemen menarik di pasaran!

Keuntungan Menggunakan Rukamen Saleshack
Selain mudah, efesien dan cepat pasang iklan apartemen di Rukamen Saleshack juga memberi keuntungan maksimal bagi pengguna. Berikut keuntungan lain menggunakan Rukamen Saleshack :

  1. Semakin cepatnya apartemen terjual/tersewa, maka akan menghemat banyak pengeluaran setiap bulan yang umumnya terdiri dari shinking fund, opportunity cost, service charge, listrik-air dan lain sebagainya.
  2. Dengan menggunakan situs Rukamen Saleshac, pemilik apartemen juga terbebas dari biaya agen property yang tinggi yakni umumya rata-rata 2,5% dari harga jual apartemen.
  3. Biaya pasang Iklan di Rukamen Saleshack biaya murah dan sangat terjangkau

Alasan Kenapa Pakai Rukamen Saleshack

  1. Informasi apartemen yang ditampilkan sangat detail berisi deskripsi, alamat, nomor telepon, fasilitas yang dimiliki apartemen, harga, informasi pengembang, kondisi gedung, type unit serta lokasi apartemen berupa google street view dan map.
  2. Keuntungan bagi pembeli atau penyewa adalah memudahkan untuk melihat langsung dan sebagai bahan referensi untuk memutuskan pembelian atau sewa.
  3. Mencari Apartemen Secara Spesifik.  Rukamen dirancang untuk memudahkan penyewa atau pembeli dalam menemukan apartemen yang tepat, sesuai dengan gedung yang inginkan secara spsesifik.
  4. Mudah Untuk Menambahkan Listing. Rukamen dirancang lebih intuitif dan user-friendly sehingga siapa saja dapat meng-upload, apakah bagi seorang agen atau pemilik properti sediri.
  5. Gambar yang diupload/diposting langsung dapat dilihat secara online dalam hitungan menit.
  6. Instant Payment. Rukamen adalah website properti pertama di Indonesia yang dapat memproses pembayaran secara cepat (dengan menggunakan kartu kredit melalui midtrans-payment gateway Indonesia).
  7. Midtrans (dulu bernama Veritrans) adalah mitra pembayaran online untuk mengoptimalkan pembayaran online yang cepat dan aman.
  8. Jumlah Foto Di Upload Tak Terbatas dan Tanpa Batas Waktu. Pengguna dapat menguplaod foto sebanyak mungkin tanpa ada batas waktu kadaluarsa (expired). Foto yang sudah diupload tidak akan dihapus kecuali apabila telah laku atau atas permintaan pemilik apartemen.
  9. Backend User Friendly. Rukamen telah menciptakan sebuah backend yang user friendly di mana pengguna dapat dengan mudah mengontrol posting, mengedit, menghapus atau menambahkan pos lainnya. Pengguna juga dapat membeli kredit untuk dapat memposting gambar lebih banyak dan mudah. Setelah properti terjual atau disewa, pengguna dapat menghapus posting tersebut.
  10. Multiplatform. Situs Rukamen responsive dan dapat dioperasikan menggunakan berbagai macam perangkat baik itu PC, Notebook, Tablet maupun smartphone yang terkoneksi dengan internet.
  11. Ada fiture Image Converter. Fitur ini akan mengkonversi posting gambar sehingga dapat dengan mudah dikirim menggunakan berbagai aplikasi chating seperti Blackberry Messenger, iMessage, Line, Whatsapp dll
  12. URL Shortener. Fitur ini berguna untuk memendekkan link agar lebih ringkas ketika hendak dishare melalui media yang menerapkan pembatasan karakter. Sebagai contoh, http://www.rukamen.com/list/13341-cozy-1-bedroom-apartment-in-the-heart-of-kuningan—kuningan-city—denpasar-residence dapat disingkat menjadi http://ruk.link/XXX
  13. Multiple communication channel. Dengan menggunakan Rukamen, pengguna dapat dihubungi melalui berbagai metode. Calon pembeli atau penyewa dapat menghubungi dengan menggunakan email dan / atau sms secara langsung.

Cara Memulai Iklan di Rukamen Saleshack

Memulai memasang iklan apartemen di Rukamen sagat mudah. Setelah melakukan registrasi, pengguna akan dipandu melakukan 6 (enam) tahap pengisian data-data yang dibutuhkan yakni :

  • Info, Foto, Keterangan Apartemen, Keterangan, Informasi Kontak, Ringkasan Pembayaran, Biaya Pasang Iklan Apartemen di Rukamen Saleshack, Posting only 1 apartemen, Posting 5 apartemen, Best Value Guaranteed

Kesimpulan

Kondisi bisnis properti hingga triwulan I 2017 memang belum stabil betul. Kondisi yang lebih banyak dipengaruhi turunnya harga komoditi seperti batu bara, migas, dan berbagai ketidakjelasan sistem perpajakan dan izin tinggal di negara kita ini menyebabkaninvestor memilih untuk wait and see dalam berinvestasi di Indonesia. Walaupun industri ini sedang mengalami peurunan, akan tetapi transaksi jual-beli dan sewa-menyewa apartemen masih terjadi setiap harinya. Menghadapi kondisi ini pelaku bisnis perlu melakukan pemasaran yang lebih CERDAS.

Rukamen sebagai salah satu situs listing dan database apartemen adalah salah satu jawaban dalam melakukan pemasaran cerdas ini. Dengan biaya yang murah, rukamen hadir merespon kondisi ini melalui metode saleshack yang komprehensif. Rukamen adalah cara cepat jual atau sewa apartemen saat ini yang dibutuhkan oleh siapa saja baik perorangan maupun pelaku bisnis properti.

PT. Rumah Kantor Apartemen Graha Mas B5
Jl. Raya Perjuangan No. 1 Kebon JerukJakarta Barat 11530
Telp. 0812 1212 3 503