Mudah! Begini Cara Menghitung Detak Jantung Normal Kita

Jika ingin mengetahui jantung kita sehat atau tidak, salah satu cara sederhana adalah mengukur denyut jantung. Kenapa kita perlu rutin melakukan hal ini? Berapa ukuran detak jantung normal?

Seiring perkembangan jaman dan semakin membaiknya tingkat pendidikan, sebenarnya orang sudah mulai menyadari betapa pentingn arti sehat. Mereka menerapkan pola hidup dan gaya hidup sehat yang bertumpu pada nilai keseimbangan.

Namun, walaupun kesadaran akan kesehatan sudah semakin membaik, ada satu hal penting yang masih sering diabaikan banyak orang yakni mengecek kesehatan secara rutin. Banyak orang masih berfikir bahwa check kesehatan hanya perlu dilakukan ketika tubuh merasa ada yang sakit saja.  

Tentu saja pemikiran ini kurang tepat. Pasalnya, akumulasi gaya hidup tak sehat di masa lalu atau karena keturunan misalnya, bisa saja di dalam tubuh bersemayam penyakit berbahaya yang hanya dirasakan beberapa tahun kemudian, heart failure atau gagal jantung, misalnya. 

Nah, karena alasan ini pula melakukan checkup kesehatan menjadi penting untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit-penyakit berbahaya semacam ini. 

...walaupun kesadaran akan kesehatan sudah semakin membaik, ada satu hal penting yang masih sering diabaikan banyak orang yakni mengecek kesehatan secara rutin. Banyak orang masih berfikir bahwa check kesehatan hanya perlu dilakukan ketika tubuh merasa ada yang sakit saja.

Mendeteksi Detak Jantung Normal Melalui Denyut Nadi

Selain otak, organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup kita adalah jantung. Organ tubuh ini bekerja tanpa henti dan tanpa bisa dikendalikan manusia. Ia memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan darah itu sendiri adalah alat transportasi yang membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh lain, sekaligus mengangkut zat-zat sisa.

Karena memiliki fungsi penting dalam tubuh, maka menjaga kesehatan jantung harus menjadi prioritas sehat kita. Oleh karenanya, melakukan checkup rutin harusnya juga menjadi kebutuhan prioritas pula. 

Untuk checkup, kita bisa mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat dari rumah kita. Bila belum memungkinkan, kita pun sebenarnya bisa melakukan checkup permulaan secara mandiri yakni dengan memeriksa denyut jantung melalui nadi kita sendiri. 

Denyut nadi itu sama dengan detak jantung. Denyut nadi menjadi tanda penting dalam bidang medis yang bermanfaat untuk mengevaluasi secara cepat kesehatan jantung dari kemungkinan terjadinya gangguan pada irama jantung (disebut juga aritmia) dan kebugaran kita secara umum.

Denyut Nadi Normal per Menit

Detak Jantung normal memiliki ritme atau detak dalam jumlah tertentu dalam satu menit. Kita perlu mengetahui tentang hal ini untuk mamastikan jantung kita sehat atau tidak.

Dalam sebuah artikel yang saya baca di Halodoc, yakni aplikasi dan situs web kesehatan terlengkap yang menjadi referensi kesehatan keluarga saya, setiap orang mempunyai denyut nadi atau detak jantung normal yang sangat bervariasi atau berbeda. Perbedaan denyut nadi  ini dipengaruhi oleh banyak faktor, sebut saja salah satunya adalah usia. 

Bayi, anak-anak dan orang dewasa misalnya, denyut nadinya pasti berbeda. Denyut nadi bayi dan anak-anak cenderung lebih tinggi. Ini karena bayi membutuhkan suplai darah lebih banyak, sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan berdetak lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Hal lain yang mempengaruhi perbedaan denyut nadi adalah aktivitas fisik dan kesehatan. Saat anak aktif, lagi sakit, demam, atau dehidrasi, denyut nadinya bisa meningkat tajam. 

Tak hanya itu, perbedaan denyut nadi oang juga bisa disebabkan karena suhu udara lingkungan, posisi tubuh, kondisi emosi, ukuran tubuh, dan karena konsumsi obat-obatan tertentu. 

Pertanyaannya, berapa sebenarnya jumlah denyut nadi atau detak jantung normal orang secara medis? 

Nah, berikut adalah jumlah denyut nadi normal per menit sesuai usia secara umum:

USIA
RENTANG NORMAL
RATA-RATA
BBL120-160140
1-12 Bulan80-140120
1-2 Tahun80-130110
3-6 Tahun75-120100
7-12 Tahun75-11095
Remaja60-10080
Dewasa60-10080

Yuk, Hitung Sendiri. Begini Cara Mudah Mengukur Denyut Nadi

Denyut nadi normal berarti detak jantung normal. Cara mengitungya pun mudah karena bisa diukur pada beberapa titik dalam tubuh kita, seperti di pergelangan tangan, siku bagian dalam, dan sisi leher bagian bawah. 

Nah, di antara semua titik pengukuran tersebut, kita bisa lebih mudah menemukan denyut nadi pada pergelangan tangan. Dan begini adalah cara pengukuran denyut nadi di pergelangan tangan yang saya maksud.

  • 1

    Putar pergelangan tangan kita agar telapak tangan kita menghadap ke atas.

  • 2

    Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan, tepatnya pada yang dilewati pembuluh darah arteri.

  • 3

    Tekan bagian tersebut hingga kita merasakan denyut nadi.

  • 4

    Hitung jumlah denyut nadi selama 60 detik (1 mnit),. atauselama 15 detik dan dikalikan 4 kali agar hasilnya denyut nadi per menit. Ulang beberapa jika belum merasa yakin

Ya itu dia cara mengetahui detak jantung normal, yakni melalui denyut nadi kita. Bagaimana, mudak bukan? 

Walalupun mudah, untuk memastikan jantung kita sehat atau tidak, ada baiknya kita dengan melakukan checkup dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat dengan peralatan medis yang lebih lengkap. Ini penting untuk mendeteksi potensi penyakit lain yang bisa jadi ada dalam tubuh kita secara dini.

Dan, untuk eferensi artikel-artikel kesehatan lain, mengetahui lebih banyak tentang obat & vitamin, cari dan konsultasi dengan Dokter, mendapatkan informasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan terdekat, kita bisa mendapatkannya di halodoc.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

apilkasi-halodoc
peta-lokasi-sky-house-bsd

Dokumentasi Proyek Kewirausahaan

Hasil PKL Kewirausahaan SMKN 6 Ygk
Dokumentasi Usha 04
Dokumentasi Usaha 03
Dokumentasi Usaha 01
error: Alert: Content is protected !!