Dijamin Berbeda, Ini Fitur dan Kelebihan IDN App Dibanding Aplikasi Baca Berita Lainnya

Seiring perubahan perilaku masyarakat yang semakin terbiasa menggunakan smartphone untuk mengakses berita, banyak media-media online lantas melengkapi layanannya dengan aplikasi baca berita terbaik. Salah satunya adalah IDN MEDIA dengan aplikasi baca berita bernama IDN App. Aplikasi yang suarakan generasi millenial dan Z ini berbeda dengan aplikasi berita pada umumnya. Apa saja perbedaanya?

image header idn app

Selama pandemi dan Work from Home, ada 3 (tiga) jenis aplikasi mobile yang banyak dicari orang. Selain aplikasi penjaga kebugaran dan game, satu lagi aplikasi yang  banyak dicari adalah aplikasi baca berita. Ini masuk akal lantaran selama waktu tersebut, orang-orang mesti berjuang melawan kejenuhan yang amat sangat namun di sisi lain juga tetap membutuhkan informasi update dari berbagai peristiwa yang terjadi. 

Di kategori berita misalnya, ada beberapa aplikasi baca berita baru yang bisa didwonload di Google Play Store maupun App Store, salah satu yang paling menarik adalah IDN App. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau aplikasi baca berita ini adalah milik IDN Media yakni perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi millenial dan z yang didirikan oleh dua bersaudara Winston dan William Utomo. 

Bagi perusahaan media yang berdiri sejak tahun 2014 ini, bisa dibilang kalau IDN App ini merupakan salah satu [portofilio] bisnis, sama seperti Popbela.com, Popmama.com, Yummy App, duniaku dan lain sebagainya.

IDN App ini adalah aplikasi baca berita yang keren menurut saya. Ia kaya fitur dan berbeda dengan aplikasi berita lain, terutama bila dilihat dari segi konten, cara penyajian, teknologi dan lain sebagainya. Nah, bagi millenial dan gen z yang suka baca berita terbaru, aplikasi berita IDN App yang diluncurkan pada 18 Juni 2020 ini wajib terinstal di handphone. Kenapa ? Apa bedanya dengan aplikasi baca berita lainnya?

Fitur Topik Yang Komprehensif dan Customable.

Kekuatan utama sebuah aplikasi berita online adalah topik yang disajikan. Mengambil segmentasi generasi millenial dan gen Z, IDN App tahu betul apa yang mereka butuhkan yakni informasi up to date, faktual dan komprehensif.  

Nah, bila dilihat dari topik yang disajikan, IDN App ini mampu memenuhi ekspektasi pembaca millenial dan gen Z karena menyajikan topik yang komprehensif dan variatif.  Boleh dibilang kalau sajian topik ini menjadi salah satu kekuatan utama dari IDN App yang membedakan dengan aplikasi sejenis lainnya. 

Lihat saja, ketika membuka membuka aplikasi dan masuk ke menu eksplore, kita akan disajikan berbagai macam topik menarik yang memang dibutuhkan oleh millenial dan gen Z. Namun yang menarik adalah fitur topik ini ternyata customable. Artinya, pengguna bisa memilih topik-topik berita sesuai dengan preferensi yang dikehendaki dan dapat mengubahnya kapanpun juga dengan mudah karena tersedia opsi edit. Nah, preferensi topik yang kita pilih ini akan tampil di newsfeed (halaman depan/homepage).  

Topik yang disajikan IDN App Hype, Travel, Life, Food, News, Sports, Business, Automotive, Health, Science, Tech, Fiction, Opinion dan Men.

7 Topik pilihan saya. IDN App akan menampilkan topik yang saya pilih ini di newsfeed. 

Newsfeed Section

hand-drawn-arrow_15
Arrow left2
  •  Slide Item 1
Device Slider
hand-drawn-arrow_15
  •  Slide Item 1
  •  Slide Item 1
  •  Slide Item 1
Device Slider

Berita Faktual
Dari Sumber Terpercaya.

Derasnya arus informasi memang menjadi jalan mudah bagi penyebaran berita HOAX. Selain menyesatkan, berita hoax bisa saja berisi hasutan untuk melakukan tidakan berbahaya. Sebagai millenial kita memang harus check dan recheck atas berita yang meragukan kebenerannya. Salah satu cara agar kita tidak terjebak berita hoax adalah membaca dari sumber yang terpercaya. Pertanyaan adalah bagaimana dengan IDN App ini? 

Tentu saja tidak ada berita hoax di IDN App. Berita dan informasi yang ada di IDN App 100% faktual, akurat dan bisa dipercaya karena berasal dari sumber terpercaya yakni IDN Times. IDN Times sendiri merupakan media berita multi platform untuk generasi millenial dan z dengan 50 juta kunjungan per bulan. Ya, seperti sudah saya sampaikan di awal tulisan, IDN Time ini adalah salah satu lini bisnis IDN Media seperti halnya Popmama.com, Popbela.com, Yummy App (yummy.co.id) dan lain sebagainya.

Boleh dibilang kalau IDN App ini adalah IDN Times dalam versi aplikasi mobile. Semua fitur-fiturnya memang berasal di IDN Times. Oleh karena itu berita-berita di IDN App 100% dapat dipercaya dan bebas dari hoax karena sebelum dipublish semua berita telah melalui proses kurasi yang ketat untuk memastikan kualitas serta kesesuaian dengan kebijakan IDN Media.

  •  Slide Item 1
Device Slider
Arrow left2
  •  Slide Item 1
Device Slider

Pengalaman Membaca Artikel Yang Menyenangkan.

Selain berita yang aktual dan terpercaya, IDN App nampaknya ini ingin selalu memberi pengalaman membaca yang menyenangkan bagi penggunanya. Bagaimana tidak, aplikasi berita yang hanya butuh 12 M di handphone ini didesain sangat friendly bagi penggunanya. Entah berapa lama riset yang telah dilakukan, namun setidaknya itu berhasil. Apa alasannya?  

Navigasi yang simpel

IDN App paham bahwa sebuah aplikasi mobile membutuhkan navigasi yang simpel dan mudah digunakan. Ini sangat penting karena berhubungan dengan kenyamanan pengguna. Dan rasa-rasanya IDN App ini sangat memperhatikan hal tersebut secara detail karena faktanya IDN App ini mempunyai navigasi yang simpel dan mudah digunakan.

Menu utama sengaja didesain horizontal bukan humberger seperti kebanyakan aplikasi berita lainnya. Penempatannya yang berada di bawah halaman juga memudahkan bagi penggunanya, bahkan ketika harus menggunakan satu tangan sekalipun. Tentu saja menu-menu utama tersebut expandable karena didalamnya terdapat sub menu fungsional dari aplikasi.

Newsfeed section didesain sliding

Pengguna bisa ngedrag (menggeser) ke kanan dan ke kiri dengan mudah untuk menggunakanya. Newsfeed section ini adalah shortcut menu yang akan mengarahkan ke kelompok topik yang disediakan.

Pagination model infinate

Cara kerja pagination ini adalah bila halaman di scroll ke bawah, newsfeed akan muncul secara otomatis. Ini berbeda dengan kebanyakan aplikasi berita yang masih menggunakan pagination model angka (number). Untuk bisa membaca keseluruhan mesti membacanya bagian demi bagian yang membutuhkan waktu untuk loading. Penggunakan pagination model infinite ini jelas sangat menghemat waktu.

Interface bersih, tertata rapi dan tidak ada iklan sama sekali

Ya, IDN App itu memiliki interface yang bersih, tertata rapi dan yang paling membedakan dengan aplikasi serupa adalah, IDN App tidak memasang iklan yang menggangu baik berupa banner maupun iklan popup. Yang jelas, tidak adanya iklan ini membuat saya dan para pengguna aplikasi semakin nyaman saat membaca dan melakukan eksplorasi artikel.

One scroll reading article

Jujur, saya sendiri tidak suka sama sekali dengan aplikasi berita yang halaman artikelnya dipotong-potong dengan pagination angka. Untuk membaca tuntas artikel saya harus ngeklik beberapa kali. Udah gitu banyak iklan lagi. Nah, IDN App ini berbeda. Selain tanpa iklan, isi artikelnya langsung tuntas terbaca hanya dengan scrolling halaman ke bawah.

Pilihan font, warna dan cara penulisan

Sebagai pengguna, saya sendiri merasa nyaman dengan pilihan font, ukuran dan warna yang digunakan. Ibarat kata, paduan dan besaran font serta background tidak bikin sepet di mata kalau harus berlama-lama membaca artikel. Selain itu, artikelnya ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami dengan model pointer. Saya juga jarang menemukan istilah-istilah ilmiah dalam artikel sehingga saya tak perlu membuka google translater untuk mengetahui artinya.

Mode malam

Jarang sekali saya menemukan aplikasi baca berita yang mempunyai fitur mode malam atau mode gelap. Namun IDN App ini sudah memilikinya. Walaupun nampak sepele, fitur ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kelelahan mata serta mengurangi efek cahaya biru smartphone yang berbahaya bagi mata. Pengaturan mode malam ini bisa disetting dari menu profile terus pengaturan dengan menekan icon gear di pojok kanan atas.

mockaup navigasi
menu-menu idn app

Menu explore berisi berbagai topik berita dan 7 topik yang menjadi preferensi pengguna. 

Interface bersih, tertata rapi dan tanpa iklan mengganggu.

Pagination model infinite.

Newsfeed section didesain model sliding yang bisa didrag ke kanan dan ke kiri dengan mudah.

Menu untuk membuat pertanyaan dan menulis artikel.

Berisi notivikasi aktivitas pengguna, aktivitas penulis yang difollow dan sebagainnya.

Berisi berbagai fitur dari mulai jumlah poin, draft atikel, jumlah artikel yang disetujui, dan pengaturan.

hand-drawn-arrow_15
hand-drawn-arrow_15
Arrow left2
Arrow left2
Arrow left2
Arrow left2
Arrow left2

Fitur Share Model Terbaru.

Adakalanya kita memang harus share informasi-informasi penting kepada sanak saudara dan relasi. Tujuannya jelas yakni berbagi informasi yang bermanfaat. Sebagai sebuah aplikasi berita, IDN App juga menyediakan fitur tersebut. Nah yang membedakan dengan aplikasi lainnya adalah, IDN App ini sudah mengaplikasikan fitur share terbaru yang memungkinkan penggunakan bisa share artikel secara langsung ke instagram story. Tentu saja ini mengasikkan apalagi kita bisa menambahi dengan caption yang menarik.

Arrow left2
Arrow left2
Arrow left2
  •  Slide Item 1
  •  Slide Item 1
Device Slider

Contoh share artikel ke story instagram

Fitur share artikel ke media lainnya

Fitur share artikel model baru yang jarang dimiliki aplikasi berita lain.

Fitur Tanya Jawab.

IDN App memiliki fitur tanya jawab. Pengguna bisa bertanya apapun terkait dengan topik yang menjadi minatnya dan pengguna yang lain bisa memberi jawaban yang relevan. Fitur ini berbeda dengan kolom komentar karena stand alone alias berdiri sendiri. Bagi millenial dan gen Z, fitur ini mengasikkan karena bisa dijadikan media tukar ilmu dan pengetahuan. Menariknya, pertanyaan atau jawaban tidak hanya berupa text saja akan tetapi bisa disisipi dengan gambar. Nah, bila ada yang menjawab pertanyaan, kita akan mendapat notifikasi atau melihatnya di menu notifikasi dan menu profile. 

Arrow left2
Arrow left2
Arrow left2
  •  Slide Item 1
  •  Slide Item 1
Device Slider

Kita pun bisa menjawab pertanyaan dari pengguna yang lain.

Jawaban tidak hanya text, tetapi juga bisa dilengkapi dengan attachment gambar.

Kita bisa membuat berbagai pertanyaan terkait topik yang menjadi interest atau preferensi kita an pengguna lain bisa menjawab pertanyaan kita.

Dapat Puluhan Jutaan Rupiah Dengan Menulis Artikel di IDN App.

Oleh IDN Media, selain diciptakan menjadi suara millenial dan gen Z, IDN App ini dijadikan media untuk memberdayakan para penggiat literasi yang mempunyai hobi menulis atau content creator. Bisa jadi karena tujuan tersebut, IDN Media melengkapi aplikasi baca berita IDN App ini dengan fitur tulis Artikel.

Di sini, siapapun bisa menyalurkan hobi dan bakat menulisnya. Tak butuh laptop, bisa langsung dari smartphone, dari mana saja dan kapan saja. Nah, selain bisa berbagi pengetahuan (sharing knowledge), menulis di IDN App juga bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah. Teknisnya, setiap artikel yang berhasil dipublish akan mendapatkan poin. Nah, poin-poin yang terkumpul inilah yang bisa ditukar dengan uang. 

Namun, yang harus dipahami adalah semua artikel harus melewati proses moderasi terlebih dahulu oleh tim editor redaksi. Nah, setelah dinyatakan lolos baru artikel tersebut dipublish. Semua aktivitas yang berkaitan dengan fitur tulis artikel ini bisa dilihat di menu profile. Menarik, bukan?

Arrow left2
Arrow left2
  •  Slide Item 1
  •  Slide Item 1
Device Slider

Semua aktivitas yang berkaitan dengan fitur ini bisa dipantau secara real time di menu profile.

Fitur tulis artikel melalui smartphone yang mudah bagi pangguna dan bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah.

Yuk, Download dan Lakukan Registrasi.

Saya yakin anda semakin penasaran setelah membaca artikel, bukan? Makanya, yuk download segera IDN App ini dan lakukan registrasi agar bisa menggunakan fitur-fitur terbaiknya. Caranya sangat mudah, haaya melalui beberapa langkah saja. Simak, begini caranya,

Step 1

Download IDN App

Download IDN App di Google Play Store atau App Store

Step 2

Registrasi

Lakukan signup atau registrasi. Pilih metode yang dikehendaki (Facebook atau akun Gmail)

Step 3

Verifikasi Nomor Handphone

Lakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukan kode OTP

Step 4

Mulai beraktivitas di IDN App

Registrasi selesai, mulai beraktivitas di IDN App untu membaca, menulis, Tanya Jawab dan ikuti event

Akhir Tulisan.

 Kini anda sudah tahu kalau IDN App itu berbeda dengan kebanyakan aplikasi baca berita yang ada saat ini. Ada berbagai fitur menarik yang membuat kita nyaman berlama-lama membaca beritanya. Selain topik yang komprehensif sesuai yang dibutuhkan generasi millenial dan Z, IDN App juga tanpa iklan yang mengganggu. Kita pun bisa membagi artikel ke insta story hingga mendapatkan penghasilan puluhan juga hanya dengan menulis artikel di aplikasi ini.

Berita apa yang telah anda share di instagram story hari ini?

Personal website seorang blogger dari kota Bombay van Java (Brebes)

error: Alert: Content is protected !!