Skip to content

Suarakan Millennial & Gen Z, Ini Bagusnya Idntimes.com

idntimes

Suarakan Millennial & Gen Z, Ini Bagusnya Idntimes.com – Kebiasaan membaca media online sudah menjadi hal sangat umum saat ini, bahkan tidak lagi sekedar sebagai pengisi waktu luang, tetapi sudah menjadi semacam habitual action alias rutinitas yang dilakukan berulang-ulang setiap hari.

Kebutuhan update informasi dan mendapatkan referensi menjadi faktor penyebabnya di samping masifnya penyebaran internet di masyarakat. Merujuk pada hasil survey APJII tahun 2016 tentang perilaku pengguna internet di Indonesia 96% atau 127,9 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan internet untuk mengakses situs-situs berita, selain media sosial dan streaming (hiburan).

Walhasil, ada puluhan ribu situs berita online berterbaran di internet yang mendukung kebiasaan ini. Walaupun tidak semua situs dikelola secara profesional, setidaknya menjadi bukti betapa kini antusias membaca media online telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat seutuhnya.

Membaca berita online memang mengasikkan, apalagi kalau beritanya populer dan viral. Nah, kalau kita suka dengan berita-berita yang seperti ini kamu perlu kepoin Idntimes.com, tuh. Apa bagusnya ?

Dari Situs 100 Kata Ke Social News Site dengan Artikel Populer Dan Viral

IDNtimes.com adalah situs berita online multi-platform yang hadir tahun 2014  di Surabaya. Awalnya, situs yang dibidani dua bersaudara Winston Utomo dan William Utomo ini merupakan portal 100 kata yang ditulis satu hingga dua paragraf.

Awal tahun 2015, IDN Times mengubah strategi menjadi social news site yang memuat berita dan hiburan populer dan viral yang terjadi di masyarakat. Sejak berdiri, situs yang membidik segmen generasi millennial dan gen z di Indonesia ini sangat kepopuleran di mata netizen.

Ini terbukti dari traffict kunjungan per bulan mencapai 6 hingga 7 juta pengunjung. Buktinya, selama 6 bulan mulai Agustus 2017-hingga Januari 2018, menurut similiarweb.com, IDNtime.com dikunjungi sebanyak 37,56 juta pengunjung.

IDNTimes.com awalnya hanya berupa situs berita 100 kata yang ditulis dalam satu atau dua paragraf sebelum merubah konsep menjadi Social News Site Bagaimana dengan ranking ? Masih menurut Similiarweb, tingkat kepopuleran IDNtimes.com di Indonesia menempati ranking 52 sedangkan secara global menempati ranking 2,412.

Dengan jumlah pengunjung sebanyak ini menunjukkan bahwa IDNtimes.com sangat populer dan mampu mengungguli situs-situs dengan genre serupa yang lebih dulu online.

Ini Bagusnya Idntimes.com

  1. Segmentasi
    IDN Times membidik segmentasi pembaca dari generasi millennial dengan usia dibawah 35 tahun. Segmentasi ini sangat tepat karena penetrasi internet di Indonesia memang didominasi oleh pengguna dengan usia usia ini. Mereka adalah generasi muda mulai dari anak sekolahan, mahasiswa dan fresh graduate. Prosentasenya mencapai 80,8%.
  2. Diferensiasi
    IDN Times hadir dengan berberapa diferensiasi dibanding dengan media online lainnya. Setidaknya ada 3 (tiga) perbedaan yang menonjol yakni sisi pemilihan topik (content of view), gaya penulisan (linguistic) dan sudut jurnalistik (jurnalism). Topik yang dipilih merupakan topik yang dicari banyak orang yakni konten worth-sharing yang lagi dibicarakan (viral) dan menjadi trending dari mulai gaya hidup, hobby, tips, hiburan dan lain sebagainya yang cocok untuk anak muda.

Tetapi kalau kamu berfikir bahwa artikel yang ada di IDNtimes.com kaku dan monoton, kamu salah besar. Artikel ditulis dengan kreatif menggunakan gaya bahasa ragam santai dan mudah ditelaah plus dengan ilustrasi yang sesuai untuk pembaca anak muda.

Tak jarang artikel yang dipublish membuat penasaran hanya karena membaca judulnya saja seperti Kenali Buat Kamu yang Males Ribet, Coba 8 Gaya Simple Ala Bunga Jelitha Ini! atau Wow, Ini 7 Rahasia Starbucks yang Belum Diketahui Banyak Orang.

Ada kalanya artikelnya juga membuat tersenyum atau baper sendiri seperti Pesan Menyentuh 8 Seleb Saat Putuskan Berhijab, Inspiratif Banget! atau Inspiratif, 8 Film Animasi Ini Punya Pesan Moral yang Menyentuh Hati.

Yang paling saya suka, dari IDNtimes.com, walaupun artikelnya dikemas untuk anak muda tetapi gaya bahasa yang dipakai “tidak lebay”.  Jadi, yang tua-tua juga bisa ikutan baca. Coba kamu explore sendiri setiap artikelnya kalau gak percaya!. Dan yang paling saya suka dari IDNtimes.com, walaupun topik artikelnya dikemas untuk anak muda tetapi gaya bahasa yang dipakai “tidak lebay”.

IDN Times Community

IDN Times menjadi wadah untuk generasi millennial Indonesia yang memiliki hobi dan ketertarikan di dunia tulis-menulis untuk menciptakan konten yang berkualitas, informatif, dan juga edukatif. Keuntungan bergabung dalam komunitas ini, selain bisa menyalurkan hobi, artikel yang berhasil diterbitkan juga akan mendapatkan apresiasi berupa poin. Akumulasi poin dapat ditukar dengan uang. Ilustrasinya, setiap 500 poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan uang tunai senilai Rp 50.000,- dan seterusnya.

Kategori Artikel Yang Komprehensif Mewakili Interest Generasi Millennial & Generasi Z

Artikel-artikel IDNtimes.com dikelompokkan dalam beberapa kategori besar yang mewakili interest anak muda. Uniknya, setiap kategori menempati subdomain tersendiri dari domain induknya, IDNTimes.com. Dari kategori artikel ini, saya paling suka adalah kategori Health. Banyak tip-tips kesehatan yang bermanfaat bagi saya dan keluarga. Banyak juga yang saya bookmark  atau saya share dengan teman-teman dan keluarga. Selain itu artikelnya lugas banget dengan pointer-pointer yang mudah dipahami. Oh ya, IDNtimes.com juga punya channel-channel yang bisa menambah wawasan.

Interface Simple & Responsif

Tak hanya artikel-artikelnya yang sesuai dengan segmentasi anak muda dan diferensiasi yang kreatif dibanding media online lain, IDNtimes.com juga memberikan kenyamanan saat dibaca. Interfacenya simpel dengan navigasi yang memudahkan kamu mengekplorasi artikel demi artikel dan channel demi channel. Laoding juga relatif cepat serta sangat responsif. Artinya, pembaca semakin nyaman mengakses dari berbagai macam perangkat elektronik baik laptop, desktop, tablet maapun smrtphone. Begini kalau diuji dengan similarweb,

Menunggu Update Idn Tv & Beberapa Channel

IDNtimes memang memanjakan pembaca generasi muda dengan konten yang kreatif, ringan dan enak dibaca. Walaupun demikian ada beberapa hal yang perlu dibenahi terutama untuk kategory IDN TV. The probem are, selain jarang sekali update video, banyak link video juga error accured. Padahal sebenarnya kontennya informatif, unik dan khas banget.

Saya bisa membuat Ayam Besengek Ala Cut Nyak Dien, yang disukai anak-anak, itu karena belajar dari tutorialnya IDN TV. Sejak ada terjadi error, saya cari-cari menu favorit langsung di channel (instagram) Yummy. Selain kategori, beberapa channel IDNtimes.com juga tidak bisa di akses atau sudah kadaluawarsa seperti LOL dan IDN Soundscape. Tapi bisa jadi karena kontennya temporary, sih.

Diluar itu semua, IDNtimes.com memang pantas menjadi jembatan yang menghubungkan dan menyuarakan generasi millennial dan generasi Z melalui konten-konten kreatif yang dimilikinya bahkan cocok juga dibaca lintas generasi.

Bagi saya sendiri, IDNtimes.com adalah salah satu media online yang sering saya akses terutama berita-berita yang ada di kategori HEALTH dan channel Popmama. Pasalnya, saya lagi butuh banyak-banyak referensi dan informasi tentang kesehatan dan kehamilan karena saat ini sedang mengandung anak ketiga yang Insya Allah lahir tak lama lagi.

EVENT

Catering Event

Paket Hampers

Paket hampers adalah paket hamparan atau parcel. Di Soul in a Box, paket Hampers ini dikemas unik yakni menggunakan besek tradisional di mana setiap hampersnya dilengkapi dengan kartu ucapan untuk penerima. Paket Hampers ini menjadi pilihan masyarakat Jakarta saat berbagi kebahagiaan dengan teman, sanak family, panti asuhan, dan lain sebagainya. Soul in a Box menyediakan 2 (dua) pilihan yakni paket hamper 3 orang atau 5 orang namun dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dengan menu yang dikehendaki.

01
Mulai dari Rp.270,000
Paket Hampers 3 Orang

Mulai dari Rp.270,000

  • Menu Nusantara

  • Menu Minang

  • Menu Yogyakarta

  • dll

02
Mulai dari Rp.400,000
Paket Hampers 5 Orang

Mulai dari Rp.400,000

  • Menu Nusantara

  • Menu Minang

  • Menu Yogyakarta

  • dll

Paket Tumpeng Mini

Soul in a Box menyediakan paket Tumpeng (standart dan mini) untuk berbagai acara perayaan seperti ulang tahun, syukuran, dan sebagainya. Tumpeng di Soul in a Box sangat terjangkau, yakni dimulai dari harga Rp 35.000 dengan pemesanan minimal 25 pax.

01
Mulai Dari Rp. 800,000/ 20 Porsi
Paket Tumpeng

Mulai Dari Rp. 800,000/ 20 Porsi

  • Nasi Kuning

  • Oseng Tempe

  • Ayam Suwir

  • Telur Gulung

  • Bihun Goreng

  • Kering Kentang

  • Dan Lain-lain

02
Mulai Dari Rp. 35,000/pax
Paket Tumpeng Mini

Mulai Dari Rp. 35,000/pax

  • Nasi Kuning

  • Oseng Tempe

  • Ayam Suwir

  • Telur Gulung

  • Bihun Goreng

  • Kering Kentang

  • Dan Lain-lain

Paket Snack

Melengkapi kebutuhan untuk event, Soul in a Box juga menyediakan aneka ragam snack dengan berbagai cita rasa yang sesuai untuk berbagai acara dengan harga mulai dari Rp 13.000 dan dengan minimum pemesanan adalah 25 paket.

01
Mulai Dari Rp. 17,000/pax
Paket 2 Kue 1 Air Minera

Mulai Dari Rp. 17,000/pax

  • 1 Kue Regular

  • 1 Kue Premium

  • Air Mineral

02
Mulai Dari Rp. 20,000/pax
Paket 3 Kue 1 Air Mineral

Mulai Dari Rp. 20,000/pax

  • 1 Kue Regular

  • 2 Kue Premium

  • Air Mineral

03
Paket Snack 03
Paket Kue Premium

Lapis Beras, Donut Gula, Donut isi Blueberry, Donut isi Strawberry, Pie Buah, Putu Ayu, Bolu Gula Jawa, Talam Hijau, Pie Susu, Risol Sayur, Kue Sus, Bolu Kukus, Dadar Gulung, Lapis Pelangi, Kue Gemblong, Onde - Onde, Talam Ubi, Sosis Solo, Kue Lumpur, Kue Pepe, Pie Choco, Kue Cantik Manis, Kue Semar Mendem

04
Paket Snack 04
Paket Kue Reguler

Bakwan Udang, Risoles Ham, Lapis Surabaya, Marbel Cake, Keroket, Bika Potong, Roll Legit, Pisang Bolen, Kue Dadar Pandan, Talam Srikaya, Carabikang, Bolu Pisang, Risoles Udang

 

 

 

RICE BOX

Nasi Box Sehat (Green)

Paket Isoman

Paket makan yang disediakan bagi masyarakat yang sedang melakukan Isoman (Isolasi Mandiri), recovery 14 hari dan Immunity 7 hari dengan jenis menu dan cara masaknya telah disesuaikan agar daya tahan tubuh meningkat. Paket ini sangat diminati selama pandemi karena dilengkapi pula dengan berbagai multivitamin, susu, madu dan snack sehat.

01
Mulai Dari Rp. 30,000/pax
Paket Isoman

Mulai Dari Rp. 30,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

02
Mulai Dari Rp. 90,000/pax
Paket Recovery

Mulai Dari Rp. 90,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Vit B, C, E

  • Zinc

  • Buah

  • Madu

  • Snack Sehat

03
Mulai Dari Rp. 70,000/pax
Paket Immunity

Mulai Dari Rp. 70,000/pax

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

  • Susu

  • Becom-Zet

  • Madu

  • Snack Sehat

Paket Diet (Simply Fit)

Paket menu yang dirancang khusus untuk menurunkan berat badan 4-6 kg selama 14 hari (Program Simplyfit). Dalam paket diet ini, Soul in a Box juga menyediakan paket diet 7 hari serta paket diet makan siang dan makan malam. Paket ini gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta.

01
Mulai dari Rp.1,330,000 / 14 Hari
Paket Diet 14 Hari

Mulai dari Rp.1,330,000 / 14 Hari

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

02
Mulai dari Rp.665,000 / 7 Hari
Paket Diet 7 Hari

Mulai dari Rp.665,000 / 7 Hari

  • Karbo

  • Protein

  • Sayur

  • Buah

RICE BOX

Nasi Kotak

Paket Personal

Paket nasi box yang berisi berbagai jenis karbo, protein yang bervariasi yang dikombinasikan dengan sayuran segar untuk memastikan tersedianya asupan gizi bagi tubuh. Paket ini menjadi favorite karena selain lezat juga tidak ada minimum order dan juga ada subsidi ongkir untuk ke beberapa wilayah di Jakarta.

Paket Lauk

Paket Lauk

Mulai dari Rp.40,000/pax

Lauk utama, Lauk Pendamping, Sayur, Sambal

01
Paket Regular

Paket Regular

Mulai dari Rp.40,000/pax

Nasi / Aneka Karbo, Lauk Utama, Lauk Pendamping, Sayur, Buah/Dessert, Sambal

02

Paket Corporate

Paket nasi box untuk makan siang atau kegiatan kantor dengan berbagai macam variasi menu yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget. Paket corporate ini juga menyediakan paket vegetarian bagi mempunyai kebiasaan tidak mengonsumsi daging.

Personal Regular

Personal Regular

Mulai dari Rp.30,000/pax

Nasi Putih, Lauk Utama, Lauk Pendamping, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert

*Jumlah minimal order 30 pax

01
Paket Premium

Paket Premium

Mulai dari Rp.40,000/pax

Nasi Putih, Lauk Utama, Lauk Pendamping 1, Lauk Pendamping 2, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert

*Jumlah minimal order 20 pax

02
Paket Deluxe

Paket Deluxe

Mulai dari Rp.45,000/pax

Nasi/Aneka Karbo, Lauk Utama 1, Lauk Utama 2, Lauk Pendamping, Sayur, Kerupuk, Buah/Dessert, Air Mineral

*Jumlah minimal order 10 pax

03

Cara Menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number

DI Situs Belanja

Pilih "Kartu Kredit" di metode pembayaran

Aktifkan Virtual Number

Ingat, tiap aktivasi hanya valid untuk 1 pembelian.

Masukkan OTP

Kalau tidak menerima OTP, kita bisa meminta lagi.

Copy-paste detailnya

Salin nomor Kartu, CVV, dan tanggal kedaluwarsanya.

Transaksi selesai!

Kita bisa mengubahnya jadi cicilan jika perlu.

peta-lokasi-sky-house-bsd

Dokumentasi Proyek Kewirausahaan

Hasil PKL Kewirausahaan SMKN 6 Ygk
Dokumentasi Usha 04
Dokumentasi Usaha 03
Dokumentasi Usaha 01
Dokumentasi Usaha 02