Ingin Memiliki Domain Gratis Untuk Website, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Domain website menjadi penting bagi pelaku bisnis yang merencanakan Go Online. Untuk sebuah nama domain, adakalanya pebisnis bahkan harus berinvestasi jutaan rupiah. Namun tidak melulu harus begitu karena domain untuk website juga bisa diperoleh dengan gratis. Mau tahu caranya? 

Secara umum pelaku bisnis yang bergerak secara online membutuhkan website sebagai tempat untuk menampilkan produk dan layanan jasa yang akan mereka jual. Ketika sudah memiliki website, maka domain juga perlu dimiliki sebagai pelengkap sebuah website. 

Lantas Apa itu domain ? 

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasikan nama sebuah server komputer dan bisa dibilang domain merupakan alamat sebuah dari suatu website. Jadi kalau ibaratkan sebuah rumah, maka domain adalah alamat untuk menuju kerumah tersebut.

Untuk memiliki sebuah domain kita perlu menggeluarkan biaya untuk membayar sewa domain, namun ada juga domain yang diberikan secara gratis. 

Nah, ketika ingin memiliki domain gratis untuk website , perhatikan dahulu beberapa hal dibawah ini , siapa tahu bermanfaat untuk kita semua.

Sesuaikan Dengan Tema Website Bisnis

Domain gratis yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan tema website atau tema bisnis yang kita usung. Jangan sampai nama domain yang kita pilih tidak ada kaitanya dengan tema website bisnis yang kita miliki. 

Selain untuk branding, pemberian domain yang relevan dengan tema website juga akan memberi kesan bahwa web tersebut memang profesional.

Pilih Nama Domain Yang Singkat

Ketika akan memilih domain untuk website, sebaiknya juga tentukan atau pilih dengan nama yang sesingkat dan seunik mungkin.

Tujuannya agar nama domain tersebut mudah di ingat dan berbeda dengan domain milik orang lain. Bila perlu menggunakan pilihan nama domain yang sudah familiar terdengar oleh kita

Berapa Lama Masa Gratisnya

Memiliki domain untuk website secara gratis itu artinya akan menghemat biaya operasional web kita.Namun silakan tanyakan kembali kepada pihak penyedia domain gratis, apakah domain tersebut gratis selamanya atau hanya gratis dalam kurun waktu satu tahun saja. 

Jika cuma gratis dalam waktu hanya satu tahun saja, maka coba tanyakan berapa biaya perpanjangan sewa domain untuk periode selanjutnya.

Apakah Penyedia Domain menyediakan paket bundling

Biasanya penyedia layanan hosting menyediakan paket bundling yang mana ketika kita menyewa hosting maka kita juga akan diberi bonus gratis domain.

Dengan memanfaatkan layanan paket ini sudah tentu akan menghemat biaya pengeluaran untuk website kita.

Segera Miliki Nama Domain Yang di Incar

Ketika sudah memutuskan memilih nama domain yang tepat untuk website kita, maka sebaiknya segera ambil dan miliki nama domain tersebut sebelum keburu diambil oleh pihak lain.Namun ada yang perlu di ingat, pastikan domain yang akan kita miliki belum teregistrasi alias belum dimiliki oleh orang lain.

Melakukan pengecekan nama domain

Setelah kita sudah memikirkan nama domain yang tepat, maka sebaiknya kita terlebih dahulu melakukan pengecekan nama domain tersebut. Tujuannya adalah agar kita tahu apakah domain tersebut masih tersedia atau sudah digunakan oleh pihak lain. 

Pengecekan nama domain juga berfungsi untuk mengetahui apakah sudah ada kompetitor yang menguasai nama domain dengan ekstensi akhiran selain yang kita pilih.

Mengabungkan Nama Brand dan Nama Usaha

Memilih nama domain gratis untuk website dengan mengabungkan nama branding dan nama usaha adalah salah satu langkah yang tepat. 

Dengan adanya pengabungan nama, misalnya dengan memakai nama “ Anggrek Hijab “ maka kelak calon pembeli atau pelanggan akan cepat mengetahui jenis layananan atau produk apa saja yang di jual walau hanya dengan membaca nama domain saja.

error: Alert: Content is protected !!