Menebar Kebaikan Tanpa Batas Berkat Kemudahan Bayar Zakat Online Sinergi Foundation

Kasus penularan dan kematian karena Covid-19 masih tinggi. Kita bisa berpartisipasi mencegah penularan dan munculnya kluster baru dengan mengurangi mobilitas dan bayar zakat online.

Saat ini kita berada di bulan Ramadhan. Bulan mulia dan istimewa yang penuh dengan berkah serta ampunan. Di bulan ini, Allah SWT sendiri berjanji akan memberikan ampunan bagi siapa saja yang dikehendaki, yakni hamba-Nya yang berpuasa di siang hari, sholat sunnah tarawih di malam hari serta memperbanyak amalan-amalan sunnah dan kebaikan. Seluruh amal kebaikan di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya. 

Bagi yang mengharap ampunan, bulan ini adalah momentum yang tepat. Kita pasti merugi bila melewatkan begitu saja. Siapa tahu tahun ini adalah perjumpaan terakhir dengannya. Bukankah sebuah keberuntungan kalau Ramadhan kali ini menjadi wasilah datangnya ampunan atas dosa-dosa kita sebelum ajal menjemput. Iya, kan? 

Nah, selagi berpuasa dan memperbanyak amal kebaikan, kita pun wajib mengeluarkan zakat. Tuntutan agama mewajibkan kita membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri untuk menyempurnakan puasa. Walaupun tidak diharuskan, bulan Ramadhan juga waktu ideal mengeluarkan zakat maal untuk mensucikan harta benda kita bila sudah mencapai haul dan nishab.. 

Marhaban Ya Ramadhan

cross-blue-medium
Imunisasi Bayi
circle-gap-blue-medium

Menebar Kebaikan Tanpa Batas

Tentu kita tidak lupa kalau zakat mempunyai kedudukan utama. Ia menjadi salah satu pilar dalam Rukun Islam (ketiga) yang wajib ditunaikan seperti halnya shalat, puasa dan haji, setelah mengucapkan syahadat. 

Selain itu, zakat yang secara terminologi juga bermakna “Al-Barakatu” atau “dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT” adalah momentum nemebar kebaikan tanpa batas untuk mencapai keberkahan, baik bagi pemberi (Muzakki) maupun penerimanya (Mustahik).

Bagi pemberi, zakat menciptakan keseimbangan hidup vertikal dan horisontal. Ia sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah Azza wa Jalla (habluminallah) karena menjalankan perintah-Nya, di sisi lain adalah menjadi bagian dari solusi atas masalah kemiskinan (habluminannas). 

Ya, zakat bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban dan perintah agama semata namun juga bentuk berbagi kebaikan terhadap sesama yang membutuhkan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini di mana banyak masyarakat terkena dampak secara ekomomi.

Hindari Munculnya Kluster Baru Covid-19, Bayar Zakat Online Saja!

Namun kita juga harus memahami kalau kasus infeksi dan kematian akibat virus corona masih tinggi di negara kita. Kluster-kluster baru pun masih bermunculan karena berbagai sebab.Menurut Kemenkes bahkan telah terjadi transmisi lokal mutasi virus corona jenis baru yang lebih berbahaya di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, kita bisa berpartisipasi mencegah penularan dan munculnya kluster baru tersebut. Caranya mudah yakni mengurangi mobilitas. Menunda mudik salah satu contohnya. Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan untuk membayar zakat online ketimbang harus mengantri dan berdesak-desakan.

Kalau online itu sah apa tidak, sih?

il
girl

Percayalah bahwa bayar zakat online tidak menghilangkan esensi dan kesakralannya. Zakat online tetap sah meskipun tidak lagi melalui proses akad penyerahan secara ekplisit.

 Hal ini ditegaskan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam berbagai rilis. Jadi, jika pemberi zakat menyalurkan zakatnya melalui lembaga amil zakat maka secara online itu sah dan diperbolehkan secara syara’ (hukum Islam) sepanjang syarat wajib zakat terpenuhi

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita memilih lembaga amil zakat (LAZ) yang terpercaya dan telah memiliki sistem penerimaan zakat online dengan baik. 

Tetapi, nampaknya Itu pun tak lagi sulit karena saat ini sudah banyak LAZ terpercaya yang mememiliki sistem layanan pembayaran zakat online. Sebut saja salah satunya adalah Sinergi Foundation.

Dan, Bayar Zakatnya di Sinergi Foundation

Sinergi Foundation (SF) adalah lembaga independen milik masyarakat, resmi dan terpercaya yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial serta pemberdayaan masyarakat berbasis wakaf produktif, zakat, infaq dan sedekah (ZIS). Tujuannya adalah terwujudnya sinergi antar elemen peduli untuk memperluas kapasitas pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

Lembaga yang didirikan oleh Prof. Dr. KH. Miftah Faridl ini secara defacto memulai kiprahnya sejak tahun 2002. Namun, kiprah Sinergi Foundation dalam pemberdayaan masyarakat semakin besar sejak melakukan transformasi kelembagaan menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat pada tahun 2011

Program-programnya tidak hanya sekedar pengelolaan zakat, infaq , shodaqoh dan wakaf (ZISWAF) saja namun menjangkau lebih luas lagi hingga menyentuh pada donasi kemanusiaan lintas wilayah, bahkan lintas bangsa.

Zakat

Zakat Maal dan Zakat Fitrah

Infaq dan Shodaqoh

Infaq dan Sedekah Umum, Infaq Bulanan Dhuafa, Sedekah Makan Siang Hari Jum'at, Infaq Pendidikan Gratis Kuttab Al Fatih, Infaq Operasional Klinik Wakaf Ibu dan Anak, Infaq Pengadaan Ambulan Untuk Dhuafa

Wakaf

Wakaf Pendidikan Kuttab Al Fatih, Wakaf Masjid Daarul Aulia Lembang, Wakaf Pesantren Al-Quran, Wakaf Sumber Air Untuk Desa, Donasi Untuk Wakaf Produktif, Wakaf untuk Klink Wakaf Ibu dan Anak RBC, Taman Wakaf Pemakaman Muslim

Kemanusiaan

Sinergi Tanggap Bencana, Sinergy for Humanity

Akta Pendirian

Nuraini Ilmianty, SH. Nomor 42 tanggal 14 Oktober 2002 tentang Pendirian Yayasan Semai Sinergi Umat (YSSU)

Akta Perubahan

Notaris Evy Hybridawati W, SH. Mh. Nomor 15 tanggal 7 Oktober 2005 Akta tentang Perubahan struktur Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation

Keputusan Menteri Hukum dan HAM

Republik Indonesia Nomor C-1676.HT.01.02/Th.2005 tanggal 24 Oktober 2005 tentang Pengesahan Akta Pendirian Yayasan Semai Sinergi Umat.

Perubahan Akta Yayasan

Notaris Evy Hybridawati W, SH. Mh. Nomor 24 Tanggal 19 Oktober 2011

Surat Kementrian Hukum dan HAM

Nomor : AHU-5622.AH.01.O5.Tahun 201l sesuai Akta Nomor 24 tanggal 19 Oktober 2011 telah tercatat dalam daftar yayasan.

LAZ Provinsi

Surat Keputusan Menteri Agama RI No. DJ.III/564 Tahun 2016 tentang Pengakuan Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation sebagai LAZ Skala Provinsi.

Nazhir Wakaf

SK BWI (Badan Wakaf Indonesia) Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nadzir Nomor Pendaftaran : 3.3.00056

0

Penerima Manfaat

0

Donatur Bersinergi

0

Mitra Bersinergi

Pencapaian Hingga Desember 2020

Apapun Zakatnya,
Sinergi Foundation Menyediakan Kemudahan

Tak ada yang sulit bayar zakat online (termasuk Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) di Sinergi Foundation. Semuanya serba mudah, semudah beli pulsa atau belanja online. Bahkan menurut saya, dari semua LAZ tempat saya berdonasi, Sinergi Foundation inilah yang paling mudah dan komprehensif. Ia mampu bersinergi dengan kemajuan teknologi dan membawanya ke dalam atmosfer kebiasaan baru masyarakat dalam berzakat. 

Lalu, apa kemudahannya?

Tidak Mensyaratkan Instal Aplikasi

Mau zakat atau donasi di Sinergi Foundation tidak membutuhkan install aplikasi khusus. Satu-satunya aplikasi yang perlu dimiliki adalah e-wallet / e-payment yang biasa kita gunakan sehari-hari

Tidak Mensyaratkan Login

Selain tidak mensyaratkan install aplikasi, bayar zakat online di Sinergi Foundation juga tidak mensyaratkan login bila membayar zakat melalui website atau aplikasi

hand 01 sinergi
hand 02 sinergi

Privasi Terjaga

Membayar zakat online dan donasi lainnya di Sinergi Foundation sangat personal dan dijamin kerahasiaanya. Hanya Muzakki dan Allah SWT yang tahu. (Ada fitur "hamba Allah")

Mendukung Pembayaran Dengan QRIS Melalui Berbagai e-Payment

Bayar zakat online di Sinergi Foundation mendukung pembayaran digital dengan scan barcode atau QRIS yang didukung berbagai e-wallet / e-payment populer seperti Gopay, ShopeePay, OVO, Jenius, DANA dan LinkAja.

Langkah Mudah Bayar Zakat Online Di Sinergi Foundation

(Pengalaman Bayar Zakat Fitrah)

Ramadhan tahun ini, saya bayar zakat fitrah secara online di Sinergi Foundation. Seperti telah saya sampaikan di atas, bahwa tak ada yang sulit dalam prosesnya. Waktu yang saya butuhkan hanya 2 (dua) menit dan hanya melalui beberapa proses saja. Kebetulan saya menggunakan Gopay yang sudah terinstal di handphone. 

Nah, begini langkah mudah bayar zakat fitrah online melalui Gopay. 

Dapatkan Kode QR Zakat Fitrah

Untuk mendapatkan kode QR zakat fitrah (termasuk zakat dan donasi lainnya), kita bisa mengunjungi website resmi Sinergi Foundation di www.sinergifoundation.org atau langsung ke tautan berikut bit.ly/sinergizakat, atau juga bisa melalui aplikasi digizakat.

Ikuti step-step yang ditampilkan seperti saat kita lagi belanja online, sampai mendapatkan kode QR zakat fitrah.

4 buka gopay

Buka Aplikasi Gojek

Buka aplikasi Gojek (Gopay) kemudian pilih fitur PAY seperti ketika melakukan transaksi pembayaran tagihan (payment) atau belanja.

3 scan barcode

Lakukan Scan QR Zakat

Lakukan scan QR kode zakat fitrah yang ditampilkan secara otomatis oleh sistem.

5 Review Payment

Review Pembayaran

Bila scan barcode berhasil, otomatis akan ditampilkan jumlah nominal yang harus dibayarkan, yakni jumlah pembayaran plus 3 digit kode unik pembayaran.

Lakukan review atas jumlah tersebut. Bila sudah benar tekan tombol Confirm & Pay

6 sukses bayar

Selesai

Setelah berhasil, kita akan mendapat notifikasi sukses di aplikasi Gopay, melalui WA maupun email

Bagaimana, mudah bukan?

Satu hal lagi, walaupun bayar zakat di Sinergi Foundation sudah mendukung pembayaran online dengan teknologi Scan QRIS (QR Code Indonesian Standard) yang didukung berbagai aplikasi e-Wallet, bukan berarti mereka yang tidak mempunyai e-Wallet tidak bisa berzakat. 

Tentu saja tetap bisa! 

Scan QRIS hanya salah satu alternatif pembayaran yang disediakan. Sinergi Foundation juga menyediakan pembayaran melalui internet banking yang didukung bank-bank nasional seperti BSI (Bank Syariah Indonesia) Bank Muamalat, Mandiri, BCA, Bank Permata, Bank BJB dan BNI. Dan bagi yang terbiasa menggunakan transfer ATM, zakat melalui Sinergi Foundation juga tetap bisa lakukan, baik melalui ATM jaringan Prima, ATM Bersama dan Alto. 

Recommended Dan Patut Direkomedasikan

Sinergi Foundation ini recommended. Kemudahan bayar zakat secara online sangat membantu masyarakat di tengah pandemi. Atas saran suami, saya bahkan merekomendasikan Sinergi Foundation kepada sanak saudara dan handai taulan, tetangga serta relasi-relasi melalui group WA. 

Tujuan saya adalah agar mereka tidak memaksakan diri antri berdesak-desakan dalam membayar zakat. Jujur, saya tak ingin lagi kehilangan orang-orang terdekat dan yang saya kenal karena Covid-19.

Yuk mumpung masih di bulan Ramadhan, mari kita keluarkan zakat, infaq dan shodaqoh bersama Sinergi Foundation

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi pembaca untuk melakukan hal yang sama. 

rekomendasi
sf-logo

KANTOR BANDUNG

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Bandung 40173
Telp. (022) 6120 218 - Fax. (022) 6120 130

GEDUNG WAKAF 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123
Telp. (022) 251 3991 - Fax. (022) 2511 865

error: Alert: Content is protected !!