Ketika Saya Mengalami Idea's Block!

Hal paling menyebalkan sebagai pekerja digital adalah ketika mengalami idea's block. Kalau gangguan psikis ini menyergap, apa yang saya lakukan?

Hambatan para pekerja digital yang paruh waktunya berada di depan laptop untuk menulis, mengolah foto, mengedit video, dan sebagainya adalah mengalami idea’s block, kondisi di mana seseorang tiba-tiba mengalami kehilangan ide, inspirasi, atau kreativitas.  

Kondisi ini sebenarnya lumrah karena bisa dialami oleh setiap orang baik yang mengaku dirinya profesional atau masih kacangan seperti saya. Bagi para pekerja digital, hilangnya ide dan inspirasi ini benar-benar mengganggu dan sangat menjengkelkan. Lebih-lebih kalau ada deadline di depan mata.

Sebagai blogger yang juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga dengan jam kerjanya tak ada batasan, saya seringkali mengalami idea’s block ini. Meskipin semua perlengkapan berkreasi sudah siap dari mulai laptop hingga camilan, namun otak mendadak tidak siap diajak kompromi. 

Maka, jangankan separagraf, membuat kalimat awal di paragraf pertama saja kadang seperti anak TK yang lagi belajar mengeja absara dan merangkai kata-kata. Tertaih-tatih. Aneh ‘gak sih?

Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Idea’s block hanyalah gangguan psikis sesaat yang biasanya disebabkan karena beberapa faktor. Kalau ini terjadi di diri saya, hal paling sering adalah karena kecapaian dan kelelahan karena aktivitas yang padat tiap hari. Ya, tubuh yang kecapaian berdampak pula pada kondisi psikologis. 

Adakalanya kehilangan kreativitas dan inspirasi ini juga muncul di saat saya banyak pikiran, entah karena banyak tagihan belum terbayar, usaha lagi sepi, dicuekin suami, dan sebagainya. Lingkungan yang tiba-tiba tak nyaman dan berisik seperti tetangga lagi memperbaiki rumah atau sedang bertengkar juga bisa menjadi penyebab munculnya idea’s block ini. Namun yang pasti kondisi ini tidak permanen.

Meski pun demikian, agar tidak mengganggu proses kreatif di depan laptop, yang namanya idea’s block ini butuh untuk di atasi. Kalau tidak aktivitas digital pasti akan terganggu.

Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengatasi idea’s block ini. Ada yang suka mengatasinya dengan tidur, hangout bareng teman, nonton film, dan sebagainya. Namun saya sendiri lebih suka main game online gratisan di laptop. Game apa?

Main Game Solitaire Online

Untuk sekedar mengurai benang kusut dipikiran karena idea’s block, saya memang tak butuh memainkan game-game berat dengan rendering dan detail yang tinggi. Dengan game-game ringan yang mudah dimainkan pun jadi. Justru game-game ringan ini tak perlu memeras otak yang menambah pikiran semakin kacau.  

Nah, salah satu game favorit saya adalah Solitaire. Eentah kenapa saya begitu jatuh cinta dengan game ini. Memainkannya tidak hanya membuat pikiran saya menjadi lumer namun juga seperti mengembalikan ingatan masa lalu semasa SMP. 

Dulu sepulang sekolah saya sering mampir ke rental komputer hanya untuk memainkan game ini. Saya pun bela-belain tidak jajan di kantin. Uang jajan saya tabung untuk untuk bayar rental komputer yang saat itu biaya sewanya Rp 300 per jam.

Sampai kini game solitaire ini masih menjadi andalan saya untuk menghibur diri dan mencairkan kebuntuan pikiran karena idea’s block yang datang tiba-tiba. Apalagi sekarang game ini bisa dimainkan secara online dan gratis di situs-situs game online, salah satunya di www.solitaire.org.

Di situs game online gratis ini sebenarnya menyediakan 5 (lima) versi solitaire paling populer seperti klondike, freecell, spider, pyramid,  tripeaks, plus solitaire golf, namun dari keenam versi tersedia, yang paling saya suka dan menjadi favorit saya adalah solitaire klondike. 

Kenapa?

Klondike

Solitaire klasik

Freecell

Memiliki 4 kotak untuk menyimpan kartu sementara

Spider

Pemain membuat royal flush di table dengan 1, 2 atau 4 setelan

Pyramid

Menjumlahkan dua kartu bernilai 13

Tripeaks

Menghapus kartu satu atas atau bawah, kartu teratas di tumpukan sampah

Golf

35 kartu di 7 kolom di tablo dengan 17 kartu di tumpukan stok.

Bisa dibilang solitaire klondike adalah solitaire klasik, versi paling mudah dan paling simple dimainkan. Saya dan siapa pun yang memainkan game ini tak memeras otak memainkannya.  

Ya, solitaire klasik ini memang mudah dipahami. Cara mainnya mengurutkan kartu dari mulai kartu Ace hingga kartu dengan nilai terkecil secara selang-seling (hitam dan merah). Setelah itu kartu dipindahkan ke kolom kiri bawah sesuai urutan, jenis dan warna, lalu menang. Ya, semudah itu mainnya.

Apalagi game solitaire klondike di solitaire.org ini pemain bisa memilih dua mode putaran kartu yang disediakan, yakni Easy (hanya satu kartu yang muncul) atau Normal (muncul 3 kartu sekaligus). 

Saya seringnya pilih mode putaran yang satu kartu karena tujuannya sekedar untuk melenturkan pikiran karena idea’s block. Bukan untuk kompetisi.

Yang unik dari solitaire kolondike ini adalah pada scoring permainan. Metakkan kartu di atas fondasi untuk pertama kalinya akan mendapatkan +15 poin, menambahkan kartu baru ke tablo juga dapat +5 poin. Namun setiap 8 menit akan terjadi pengurangan -8 poin. Jadi pemain mesti berpacu dengan waktu.

Main Game Zuma Legend

Selain solitaire klasik, game yang sering juga saya mainkan di solitaire.org adalah zuma legend. Sama seperti solitaire, zuma juga termasuk game klasik yang asik untuk dimainkan.   

Zuma adalah game tembak bola yang ringan dan tak perlu mikir berat untuk memainkannya. Pemain hanya perlu menembak 3 bola atau lebih dengan warna sama secara berturut-turut untuk mendapatkan pin dan menarik kembali bola-bola sebelum sampai ke lobang (ujung) .

Meskipun ringan dan tidak butuh berfikir berat, namun untuk memainkan game ini butuh konsentrasi tinggi dan berburu dengan waktu.

Nah, yang menarik dari game zuma di solitaire.org adalah, game ini menyediakan 100 level. Pemain harus memenangkan level sebelumnya untuk membuka level yang terkunci. Di sinilah letak asiknya.

Yah, Begitulah!

Yah begitulah cara saya mengatasi idea’s block, salah satunya yakni dengan main game online. Bisa dibilang kalau main game online ini menjadi alat terapi efektif bagi saya bila mengalami kebuntuan ide. Selain menghibur, main game online juga murah tentunya ketimbang hangout di mall bareng teman. 

Dan, setiap kali saya mengalami kebuntuan ide tersebut, di saat itu pula saya memainkan game solitaire atau zuma legend secara online. Salah satunya di solitaire.org, yakni situs game online gratis yang sejauh ini saya lihat tanpa iklan, ringan diakses dan bisa dimainkan secara fullscreen.

Saya sendiri tak tahu kenapa saya begitu suka dengan dua game ini padahal banyak game-game menarik dan lebih menantang dengan tampilan grafis yang detail.

Boleh jadi kalian tidak terlalu suka dengan game yang saya mainkan. It’s okkay. Kalian bisa memainkan puluhan game ringan lainnya di solitaire.com dari mulai puzzle, mahjong, hidden object, dan sebagainya. Berikut ini linknya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

peta-lokasi-sky-house-bsd

Dokumentasi Proyek Kewirausahaan

Hasil PKL Kewirausahaan SMKN 6 Ygk
Dokumentasi Usha 04
Dokumentasi Usaha 03
Dokumentasi Usaha 01
error: Alert: Content is protected !!