Madurasa FitKidz Dukung Misi Saya Siapkan SDM Unggul untuk Indonesia

74 tahun sudah negara kita merdeka, namun hingga saat ini masih dihadapkan pada berbagai permasalahan pembangunan, salah satunya adalah permasalahan sumber daya manusia. Bagaimana saya berperan aktif dalam mempersiapkan SDM unggul bagi bangsa ini?

madurasa fitkidz

SDM unggul adalah modal pembangunan nasional serta kunci masa depan bangsa indonesia. Tanpa SDM yang unggul, pembangunan nasional akan mengalami kegagalan yang berdampak pula pada daya saing bangsa Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Entah apa yang terjadi namun saya merasa kalau bangsa Indonesia nampaknya masih dihadapkan pada berbagai permasalahan sumber daya manusia dari mulai kualitas, kuantitas bahkan hingga persebarannya.

Hal ini bisa dilihat dari Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index/HCI) hasil riset Bank Dunia tahun 2018 lalu.

Dari riset tersebut bisa diketahui bahwa Indeks sumber daya manusia Indonesia berada pada peringkat 87 dari 157 negara di dunia dengan score 0,53. Posisi ini sebenarnya tidaklah mengejutkan, yang sangat mengejutkan saya justru posisi Indonesia di antara negara-negara ASEAN.

Sumpah, rasanya sulit dipercaya gitu ! Bagaimana mungkin bangsa yang “gemah ripah loh jinawe” dengan anggaran pendidikan mencapai Rp 444,1 triliun dan kesehatan Rp 111,0 triliun pada APBN 2018 ini berada di posisi 6, sih? Masa iya tertinggal dengan Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina, bahkan dengan Vietnam. Kok bisa ?

Entahlah, saya tak tahu jawabannya namun indeks ini setidaknya menjadi semacam peringatan sekaligus motivasi bagi bangsa kita untuk segera merumuskan strategi pembangunan sumber daya manusia yang lebih mendasar, efektif serta berorientasi pada pembangunan dan masa depan.

Dengan kata lain, sudah sedemikian urgen bagi bangsa Indonesia untuk membangun pondasi sumber daya manusia yang unggul sedini mungkin mengingat saat ini Indonesia berada di depan pintu perubahan besar-besaran dalam tatanan kehidupan dengan apa yang di sebut revolusi industri 4.0 atau society 5.0.

SEPERTI MENANAM PADI DI SAWAH

Mempersiapkan SDM unggul saya ibaratkan seperti menanam padi di sawah. Ya, untuk menghasilkan bulir padi yang menguning dan berisi tentu dibutuhkan benih yang baik, pengairan yang lancar, pupuk kualitas super serta dibersihkan dari gulma.

Selain itu, hingga menjadi nasi di meja yang siap disantap prosesnya pun panjang dan membutuhkaan banyak orang berperan dari pembibitan hingga panen.

Begitu juga dengan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, tidaklah mungkin didapat dengan cara instan. Mencetak sumber daya manusia unggul membutuh proses yang panjang dan kontinyu.

Namun hal penting yang perlu dipahami adalah tugas menciptakan sumber daya unggul bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi membutuhkan keterlibatan seluruh elemen bangsa, lebih-lebih adalah keluarga. Kenapa ?

Ya. Keluarga sebagai bagian terkecil dari bangsa ini menjadi kunci penting dalam menciptakan SDM unggul, bahkan kunci penyelesaian berbagai masalah bangsa lainnya.

Namun hal penting yang perlu dipahami adalah tugas menciptakan sumber daya unggul bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi membutuhkan keterlibatan seluruh elemen bangsa, lebih-lebih adalah keluarga.

Ketika sekolah memposisikan diri sebagai rumah yang membekali anak dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai keterampilan, keluarga mengambil peran dominan dalam membangun karakter anak berbasis kemuliaaan akhlak dan budi pekerti dalam kerangka nilai-nilai religi.

Begitulah pemahaman saya.

Family

FORMULA “AKu DILAN“, CARA SAYA MEMPERSIAPKAN SDM UNGGUL UNTUK BANGSA

Saya menyadari bahwa setiap keluarga mengembang misi dalam mempersiapkan SDM unggul dan berkualitas yang dibutuhkan bangsa agar bisa melanjutkan pembangunan dan menggapai cita-cita di masa mendatang.

Untuk hal ini, ada banyak cara bisa dilakukan, namun saya menerapkan formula “AKu DILAN (Akhlak, Karakter Kuat, Pendidikan dan Keterampilan)” sebagai prioritas.

Membekali Anak Dengan Akhlak Dan Berbudi Pekerti Luhur

Akhlak dan budi pekerti luhur adalah anugerah hidup yang tak ternilai. Dari sinilah Tuhan bermaksud membedakan antara manusia dengan ciptaan-ciptaan-Nya yang lain.
Akhlak adalah manifestasi dari keimanan seseorang yang mendasari cara berfikir dan bertindak serta mampu membedakan mana yang baik dan buruk serta benar dan salah.

Sebagai orang tua yang menginkan anak-anak menjadi penggerak pembangunan di masa depan, sama sekali saya tak ingin kehilangan momen memberikan bekal akhlak dan budi pekerti luhur dengan pemahaman agama yang baik, disamping menjadi suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Memperkuat Karakter Anak Dengan Wawasan Kebangsaan

Hingga saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan pembangunan. Selain narkoba dan korupsi, bangsa pemilik +62 ini juga menghadapai berbagai permasalahan mendasar seperti potensi disintegrasi dan radikalisme yang mengancam persatuan dan kesatuan.
Penting bagi saya mempersiapkan anak-anak menjadi sumber daya unggul dengan memperkuat karakternya yakni karakter sebagai bangsa Indonesia yang berideologi Pancasila serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi.

Hal kecil yang saya lakukan adalah mengajarkan anak-anak berpikir dan bertindak dengan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan golongan serta mengedepankan sikap toleransi atas keberagaman dan kebhinnekaan bangsa.

Memenuhi Hak Anak Mendapatkan Pendidikan, Mengembangkan Bakat Dan Keterampilan

Prasyarat menjadi sumber daya unggul yang dibutuhkan bangsa adalah menguasai IPTEK. Sudah menjadi kewajiban saya sebagai orang tua memenuhi hak pendidikan (sekolah) bagi anak-anak agar menjadi manusia-manusia terpelajar yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun agar mempunyai daya saing, anak juga harus mempunyai ketrampilan. Maka, saya pun memberikan ruang sebesar-besarnya untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bakat, minat dan ketrampilan yang disukainya.

BAGAIMANA SAYA MEMULAI?

Saya memahami bahwa menerapkan formula “AKu DILAN” pada anak-anak saya membutuhkan prasyarat yang tak bisa ditawar lagi yakni anak harus tumbuh sehat dan kuat terhindar dari stunting.

Sebagai informasi saja bahwa stunting inilah yang menjatuhkan score HCI. Ya, walaupun pravelensi angkanya turun hingga 23,6% di tahun 2018 namun masih belum sesuai dengan standar WHO, begitu menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas).

Nah, menjaga agar anak tumbuh sehat dan kuat tanpa stunting harus dilakukan sejak dalam anak kandungan hingga memasuki usia emas (Golden Ages). Pada usia ini hal terbaik yang dilakukan adalah memenuhi kebutuhan strandar emas makanan serta imunisasi lengkap. Setelahnya, adalah memenuhi hak sehat anak sesuai dengan umur.

Begitu upaya yang saya lakukan untuk ketiga saya yakni Arya, Yunda dan si kecil Amarenda hingga mereka tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat serta membanggakan. Ya, tanpa kesehatan, upaya mempersiapkan sumber daya unggul bagi bangsa dan negara adalah mimpi belaka.

Kualitas SDM itu harus dibangun sejak di dalam kandungan. Oleh sebab itu, tidak boleh ada lagi stunting pada anak. Kesehatan ibu dan anak menjadi kunci, terutama pada usia emas, sampai tujuh atau delapan tahun. Lalu, kita tingkatkan kualitas pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Bukan hanya untuk membuat generasi muda menjadi pintar dan mampu berkarya, tetapi juga mencetak generasi Pancasilais, yang toleran, yang kokoh bergotong royong.

Joko Widodo – Presiden Republik Indonesia

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH AYUNDA DAN AMARENDRA

Dua dari tiga anak saya saat ini masih berumur di bawah 12 tahun. Ayunda yang saat ini masih duduk di kelas 6 berumur 11 tahun dan si Kecil Amarendra baru berumur 19 bulan.
Di masa-masa pertumbuhannya, saya tak ingin kehilangan momen memberikan yang terbaik bagi mereka dari mulai perhatian, bimbingan dan kasih sayang hingga mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tumbuh sehat, kuat dan mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Daya tahan tubuh anak memang menjadi perhatian serius saya. Dengan daya tahan tubuh yang kuat inilah anak tidak mudah sakit dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik.

Ayunda misalnya, sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional. Saat ini ia lagi semangat-semangatnya ikut les dan mengerjakan latihan-latihan soal setiap hari.

Tak hanya itu, di sela-sela sekolahnya yang menerapkan sistem full day school, ia juga masih ikut latihan Taek Won Do karena ia ingin masuk pelatda dan tambah rajin menekuni hobinya menulis novel.

Begitu pula dengan Amarendra. Si kecil yang semakin lucu dan menggemaskan ini lagi seneng-senengnya main bola dan aktif bergerak ke sana ke mari.

Sebagai seorang ibu, tak tega hati rasanya melihat dia sakit karena kecapaian, kondisi cuaca yang tak menentu atau karena nafsu makan yang turun naik terutama Amarendra.

Tak ada pilihan yang lebih baik untuk menjaga ketahan tubuh mereka menurut saya selain memberikan asupan makanan bergizi yang mengandung berbagai vitamin dan mineral, mengingatkan untuk cukup istirahat, menjauhi asap rokok serta menyediakan multivitamin terbaik untuk mereka.

Betul, mengonsumsi multivitamin menjadi hal yang penting bagi anak. Multivitamin dengan segudang gizi baik seperti vitamin dan mineral mampu menambah nafsu makan anak, meningkatkan kecerdasan serta daya tahan tubuh.

Namun, dari berbagai produk multivitamin yang ada di pasar saya memilih multivitamin yang mengandung bahan-bahan alami, dan itu saya temukan pada Madurasa Fitkidz.

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH AYUNDA DAN AMARENDRA

Untuk anak, saya memang tak mau tangung-tanggung dan selalu ingin memberikan yang terbaik, termasuk pula dalam hal memilih multivitamin yang saya yakini mampu meningkatan kecerdasan dan menaikkan daya tahan tubuh anak.

Kalau mau dihitung, ada banyak sekali produk-produk multivitamin anak yang beredar di pasaran. Namun karena saya sejak masih perawan pun sudah familier dan percaya dengan “Air Mancur” yang terkenal dengan produk-produk herbalnya, maka sampai punya anak tiga sekarang pun hal itu tidak berubah.

Ya. Madurasa Fitkidz multivitamin anak adalah salah satu produk unggulan dari Air Mancur group yang ditangani secara khusus oleh PT Madurasa Unggulan Nusantara (MUN) dengan pabriknya berada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, 2,5 jam perjalanan dari rumah saya di Kalasan.

Saya tidak salah memilih Madurasa Fitkidz untuk Ayunda dan Amarendra karena ini adalah satu-satunya multivitamin (suplemen makanan) anak yang terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat aman dikonsumsi setiap hari oleh mereka.

Madurasa Fitkidz memiliki segala manfaat dan kebaikan multivitamin yang saya butuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan anak serta membantu memelihara kesehatan tubuh anak dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Meningkatnya daya tahan tubuh ini menjadikan mereka selalu sehat, tak mudah sakit dan bisa terus belajar, beraktifitas, berkreasi dan berprestasi. Coba lihat, ini kandungan bahan-bahan alami yang terdapat dalam sesendok Madurasa Fitkidz yang dikonsumsi Ayunda dan Amarendra setiap hari,

infografis 01
infografis 02
infografis 03

KEUNGGULAN MADURASA FITKIDZ

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang bermanfaat membantu memelihara kesehatan tubuh bagi Ayunda dan Amarendra, yang membuat saya selalu menggunakan Madurasa Fitkidz karena produk multivitamin ini mempunyai berbagai keunggulan komparatif

Halal dan Terdaftar di BPOM

Madurasa Fitkidz ini sudah teruji secara komprehensif oleh lembaga-lembaga resmi negara yang berkompeten menangani pengawasan terhadap obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yakni BPOM (sertifikat nomor SD181652571) serta lembaga yang mengawasai kehalalan produk di Indonesia Dengan legalitas ini artinya Madurasa Fitkidz terjamin keamanan dan kesehatannya untuk dikonsumsi anak-anak saya.

Mempunyai Rasa Jeruk Yang Disukai Anak-anakku

Bagi anak, salah satu faktor mereka suka dan tidak suka, salah satunya dipengaruhi oleh rasa. Bagi Ayunda yang sudah bisa merasakan rasa, rasa jeruk memang menjadi favoritnya. Dia selalu bilang kalau #fitkidzfitituasik.

Begitu juga dengan Amarendra. Walaupun dia belum bisa ngomong dengan jelas namun sekali minum Madurasa Fitkidz ini dia ingin lagi. Itu berarti dia suka dengan Madurasa Fitkidz rasa jeruk ini.

Diproduksi Oleh Perusahaan Terbaik

Madurasa Fitkidz adalah salah satu portofolio unggulan PT Madurasa Unggulan Nusantara, yakni perusahan pelopor madu dalam kemasan bermerek pertama di Indonesia yang selalu langganan mendapatkan Top Brand Award.

Selain itu PT MUN juga satu-satunya produsen madu yang memiliki sertifikasi TOP BRAND, Halal, ISO 9001:2015 dan ISO 22000:2005 di Indonesia Artinya Madurasa Fitkidz terjamin mutu dan kualitasnya.

Kemasan Praktis, Anti Pecah Dengan Tutup Flip Flop Anti Tumpah

Madurasa Fitkidz dibuat dengan kemasan anti pecah yang membuat saya tidak kuwatir bila tersenggol dan jatuh ke lantai. Selain itu tutupnya juga mempunyai desain flip flop yang mudah untuk dibuka dan tutup serta tidak mudah tumpah.

Keunggulan lain, Madurasa Fitkidz ini mempunyai ukuran botol 140 gram. Dengan ukuran ini menjadi sangat praktis bila dibawa ke mana-mana seperti saat liburan ke rumah eyangnya di Brebes dan Kudus atau pula saat liburan ramai-ramai bersama keluarga.

Harga Terjangkau Dan Tersedia Di Mana-mana

Dengan segala manfaat dan kebaikan bahan-bahan alami yang digunakannya, Madurasa FitKidz memiliki harga yang sangat terjangkau. Kemasan botol 140 gram hanya seharga Rp 20.000.

Selain itu Madurasa Fitkidz ini mudah didapat karena tersedia di mana-mana baik di supermarket, mini market, apotik dan sebagainya. Bahkan tersedia juga di toko online favorit seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.

MADURASA FITKIDZ DUKUNG MISI SAYA SIAPKAN SDM UNGGUL UNTUK INDONESIA

Sebagai seorang ibu, tentu saja saya menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang berakhlak, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai ketrampilan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Ya, itu adalah prasyarat yang tak bisa saya tawar dalam menyiapkan mereka menjadi sumber daya manusia unggul yang dibutuhkan bangsa Indonesia.

Tugas dan misi saya itu semakin ringan dengan dukungan Madurasa Fitkidz terutama dalam hal membantu memelihara kesehatan tubuh anak-anak saya serta membantu meningkatkan kecerdasan otak mereka.

Setidaknya ini saya rasakan pada diri Ayunda. Dengan rajin mengonsumsi Madurasa Fitkidz ini ia selalu sehat, kuat dan semakin semangat beraktifitas untuk mencapai prestasi terbaik.

Selain selalu ranking 1 di sekolahnya, ia kini semakin terpacu menulis novel dan komik setelah 1 novel dan 3 komiknya diterbitkan oleh Mizan Publishing, Bandung dan sudah mengisi rak-rak buku di berbagai toko buku jaringan nasional serta etalase online berbagai ecommerce favorit di Indonesia.

Ayunda
Amarendra

Hal yang sama juga saya rasakan pada diri Amarendra. Madurasa Fitkids benar-benar telah membantu daya tahan tubuh dan perkembangan fisik serta kecerdasannya.

Ini benar-benar diluar diluar ekspektasi saya mengingat ia dulu terlahir prematur dengan C-section. Bobot saat kelahirannya hanya 2,2 Kg dengan panjang tubuhnya hanya 43 cm. Namun kini Amarendra tumbuh sempurna.

Yang mencengangkan saya, kecerdasan otaknya sepertinya berkembang melebihi umurnya. Amarendra yang baru berumur 19 bulan ini sudah bisa melakukan hal-hal yang belum bisa dilakukan anak seumurnya.

Sebut saja seperti menyalami orang yang tak dikenal dengan mencium tangan dan menundukkan kepalanya, mengajak orang lain ngobrol dengan bahasa lucu dan hanya dia yang memahaminya, menirukan gerakan sholat, berjoget dan lain sebagainya.

Saya tak menafikkan kalau pertumbuhan Amarendra tak lepas dari manfaat setiap sendok Madurasa Fitkidz yang saya berikan kepadanya sehari sekali setelah makan bubur atau nasi.

Ya. Madurasa Fitkidz telah memudahkan misi saya mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia. Merekalah yang akan menjadi bagian tak perpisahkan pembangunan bangsa ini di waktu mendatang dengan prestasi dan karya-karyanya. In Sha Allah !

CARA SERU AYUNDA DAN AMARENDRA MENIKMATI MADURASA FITKIDZ

Menikmati Madurasa Fitkidz memang tak harus mainstrem, yakni dituang di atas sendok terus diminum. Entah dari mana idenya, namun nyatanya Ayunda selalu melakukan hal yang berbeda-beda yakni dengan mengabungkan Madurasa Fitkidz dengan makanan lain.

Adakalanya Ayunda menuangkan Madurasa Fitkidz ini ke donat atau roti tawar yang dibelinya setiap pagi di samping rumah. Namun di waktu yang lain ia mencampurkannya dengan segelas air hangat terutama kalau pulang sekolah atau habis latihan Taek Won Do.

Namun hal yang paling dia suka adalah menuangkannya di atas pancake hangat yang setiap malam saya buat untuk cemilan Amarendra. Tidak butuh waktu lama, pancake itu pasti langsung ludes oleh Ayunda dan Amarendra. Bahkan kakak dan papanya juga juga kadang ikut-ikutan.

“fitkidz fit itu asik.” Begitu kata Ayunda.

Bagi saya, apa pun itu yang penting membawa kebaikan dan manfaat baginya untuk sehat dan kuat karena hanya dengan begitu mereka bisa terus beraktifitas, berprestasi dan berkarya

Akhirnya, terima kasih telah membaca artikel saya yang berjudul “Madurasa FitKidz Dukung Misi Saya Siapkan SDM Unggul untuk Indonesia” ini.

Harapan saya artikel ini bisa bermanfaat dan dapat memotivasi kita semua untuk sama-sama berbuat yang terbaik bagi Indonesia agar lebih baik dan makmur di masa depan.

error: Alert: Content is protected !!