Membuat Website Sendiri, Mencipta Identitas Diri Bersama Domainesia

  • Post author:
  • Post category:Internet
  • Reading time:9 mins read
You are currently viewing Membuat Website Sendiri, Mencipta Identitas Diri Bersama Domainesia

Jauh sebelum menggunakan wordpress, saya adalah pengguna setia blogspot selama hampir dua tahun. Seiring perjalanan waktu, boleh dibilang bahwa blogspotlah sebenarnya yang mengenalkan saya pada wordpress, istilah domain, hosting dan akhirnya mempertemukan saya dengan DomaiNesia.

Saya lupa-lupa ingat bagaimana dulu saya memberanikan diri memutuskan membeli hosting dan domain di DomaiNesia. Tetapi kalau tidak salah, sepertinya saya terbawa happening teman-teman komunitas yang lagi pada nulis artikel tentang kelebihan website, blog, Top Level Domain (TLD) dan self hosting. Jujur, saya memang terprovokasi. Gengsi juga kalee, dua tahun ngeblog masih pakai yang gratisan.

Awalnya ingin hosting untuk pemula saja, yang Lite 300 MB, tapi karena beberapa pertimbangan akhirnya beli paket Super 2 GB. Kebetulan saat itu ada discount 20% jadi saya cuman bayar Rp 396.000.Dan alhamdulillah akhirnya kesampaian juga membuat website sendiri dengan TLD dan self hosting, yakni jengyuni.com.

 

PUNYA WEBSITE SENDIRI ITU BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP

Bagi saya, memiliki website itu bukan untuk ‘gagah-gagahan’. Ada begitu banyak manfaat dan keuntungan yang saya dapatkan dengan memiliki website sendiri, bahkan saya mendapatkan hal-hal baru yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Menurut saya, website adalah branding sekaligus identitas personal. Membuat website sendiri telah mendorong saya melakukan banyak hal hingga melampaui batas diri, memacu pembelajaran, kreatifitas serta menjadikan hidup lebih hidup, asik dan dinamis. Kamu juga harus tahu, Ini nih, keuntungan bila memiliki website sendiri.

  1. BRANDING & IDENTITAS DIRI
    Website adalah sebuah branding sekaligus identitas diri seseorang atau institusi di dunia maya karena memuat informasi yang spesifik, berbeda satu dengan yang lainnya yang umum disebut sebagai Portofolio (personal) atau Company Profile (institusi).
  2. MENDORONG KREATIVITAS
    Website menuntut pemiliknya kreatif, tidak hanya dari segi visual akan tetapi juga isinya. Tututan kreatif tersebut secara tidak langsung mendorong proses belajar secara berkelanjutan, menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan terus mengupayakan hal-hal baru dan kreatif untuk pengunjung website.
  3. MEMBERIKAN MANFAAT BAGI ORANG LAIN MAMPU MENGUBAH DUNIA
    Website adalah kumpulan halaman yang berisi data-data text, gambar, audio dan video yang mempunyai nilai informasi. Bila isi website adalah informasi yang berguna, itu berarti website memberikan manfaat bagi orang lain. Dalam beberapa kasus, website bahkan mampu mengubah dunia karena buah pikiran pemiliknya.
  4. PENGHASIL UANG
    Mempunyai website juga membuka peluang pemasukan secara finansial baik melalui iklan, sponsorship, dll. Ini menjadi sangat umum dan dilakukan oleh banyak orang. Saya sendiri telah membuktikannya baik melalui adsense, sponsor post dan lain-lain.
  5. MENCIPTAKAN KESAN PROFESIONAL
    Website yang dibuat secara menarik dan dilengkapi dengan data profil maupun alamat domain berbayar memberikan kesan profesional kepada pemiliknya. Banyak orang dengan berbagai profesi menggunakan website untuk menampilkan profil mereka. Dengan website personal ini , kita bisa menunjukan kepada orang lain sebagai orang yang profesional dalam bidang masing-masing.

 

DULU, SAYA MELAKUKAN TAHAPAN-TAHAPAN INI KETIKA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI

Ada beberapa tahapan yang dibutuhkan untuk membuat website sendiri dengan baik. Sebagai informasi saja bahwa mulai dari domain, hosting, SSL dan lain sebagainya saya menggunakan infrastruktur DomaiNesia. Nah, ketika saya membuat website www.jengyuni.com, yang rencananya menjadi website portofolio, saya melakukan tahapan-tahapan secara hirarkis sebagai berikut, yakni :

a. Menentukan Alamat Domain 

Yesss…website membutuhkan alamat domain yang akan mengarahkan kepada server untuk hosting file-file website. Secara teknis domain boleh apa saja sepanjang masih tersedia di layanan jasa registrasi nama domain. Akan tetapi, menurut para ahli, disarankan mempertimbangkan memasukkan kata kunci ke dalam nama domain.

Awalnya saya bingung mau pakai domain apa tetapi akhirnya saya memutuskan memakai nama sendiri. Ini karena rencana awalnya website berbentuk portofolio gitu. Tetapi kenapa pakai .com ? Entahlah, saya suka aja pakai domain .com karena menurut saya versi ini yang paling familiar dan mudah diingat oleh orang. Bener ‘gak sih ?

b. Membeli Pasket Hosting 

Setelah menentukan alamat domain, hal kedua yang saya lakukan saat itu adalah memilih dan membeli paket hosting. Hosting adalah “rumah” untuk menyimpan data-data text, gambar, video dan file-file yang dibutuhkan website.

Ada banyak jenis paket hosting yang bisa dipilih mulai dari paket personal hingga business. Prinsipnya adalah sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk website yang saya kelola ini menggunakan hosting paket hemat rekomendasi dari provider dengan kapasitas 2 Gb. Kalau menurut saya sih sudah cukup memenuhi ekspektasi untuk membangun sebuah website personal. Sedikit pehatian terkait hosting, menurut para ahli, hosting sangat vital bagi sebuah website. Salah memilih Server Web Hosting, maka website anda akan sangat sulit mendapat ranking di search engine

c. Memilih Metode atau Cara 

Ada banyak metode atau cara untuk membuat website sendiri. Tetapi apabila dikelompokkan maka terdapat 2 (dua) metode dasar, yakni :

a. Membuat website sendiri menggunakan sistem yang sudah Jadi atau CMS (Content Management System) seperti WordPress, Drupal, Joomla, dsb)

b. Membuat website sendiri dari nol dengan menggunakan framework atau bahasa pemrograman tertentu.

Nah, karena saya enggak paham sama sekali dengan bahasa coding kecuali bahasa code merayu suami untuk nambah uang belanja, maka saya membuat website sendiri dengan menggunakan cara pertama yakni memakai sistem yang sudah ada dengan platform WordPress.

d. Melakukan Optimasi Website

Optimasi website (SEO) adalah proses membuat perubahan pada website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada Search Engine Result Page (SERP).

  1.  On Page, dilakukan di website agar halaman-halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik
  2. Off page, dilakukan di luar dari website namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini merujuk pada teknik backlink atau tautan balik.

Diawal proses ketika saya membuat website sendiri, dua hal ini juga saya lakukan walaupun hasilnya belum maksimal, tetapi setidaknya tahapan ini sudah saya lakukan. Saran para pakar, harus dilakukan dengan baik dan hati-hati terutama menyangkut backlink

 

GAK SALAH SAYA MEMILIH DOMAINESIA, INI ALASANNYA !

Ketika domain, hosting dan infrastruktur lainnya adalah hal yang sangat penting bagi sebuah website, maka saya pikir saya telah tepat memilih DomaiNesia. Salah satu yang paling saya suka adalah Technical Support dari Team DomeNesia yang sangat responsif.

Pengalaman saya, ketika pertama kali membuat website sendiri dengan selft hosting DomaiNesia, website saya memang sering mengalami error. Tetapi Ini karena proses “Trial & Error” yang saya lakukan sendiri dari mulai keseringan mengubah template, instalasi plugins yang buruk dan memasukan beberapa script yang ternyata tidak kompetibel dengan versi wordpres dan template.

Tetapi saya merasa beruntung karena mendapatkan technical support maksimal dari team teknisi DomaiNesia. Team selalu sigap memberikan pertolongan ketika website saya error gara-gara proses trial & error tersebut. Tapi dengan error-error yang terjadi, saya justru bisa belajar banyak. lho.

Saya punya pengalaman menarik, nih. Berkat kesigapan teknisi DomaiNesia mengatasi error pada website saya, tujuh bulan lalu saya pernah mendapat uang Rp. 10.000.000 ketika mengikuti sebuah lomba blog.

Ceritanya begini. Suatu ketika saya menginstall plugins di website saya. Karena ketidaktahuan, saya tidak memperhatikan kompetible tidaknya plugins tersebut dengan template yang saya pergunakan dan kapan update terakhirnya. Walhasil, setelah menginstall plugins tersebut website langsung error tidak bisa dibuka sama sekali. Saya sempat panik. Celakanya pada saat website saya error itu, juri lomba lagi menilai artikel para peserta, termasuk artikel saya.

Untungnya panitia lomba mengirim email dengan caption Blog Server Issue yang berisi pemberitahuan bahwa artikel yang saya ikutkan lomba tidak bisa dibuka alias error dan minta untuk segera dibenahi. Sesegera mungkin saya menghubungi teknisi Domainesia via live chat. Enggak ada lima menit, teknisi memberi informasi kalau website saya sudah kembali normal.

Beberapa hari kemudian setelah kejadian itu, saya mendapat kabar gembira karena menjadi salah satu yang beruntung dalam lomba blog tersebut. Thank you banget untuk team Technical Support DomaiNesia untuk respon cepatnya saat itu.

PUAS DENGAN DOMAINESIA, SAYA NAMBAH DOMAIN & HOSTING UNTUK TOKO ONLINE

Secara pribadi, saya merasa puas dengan layanan DomaiNesia. Hingga memasuki tahun kedua, saya tidak mencatat adanya permasalahan atau gangguan dengan website saya. Website saya aman dan lancar-lancar saja sampai detik ini.

Nah, karena merasa puas, dengan persetujuan suami akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain dan hosting lagi di Domainesia untuk periode pertama, selama 2 tahun. Domain dan hosting ini rencananya akan saya pergunakan untuk toko online yang menjual produk-produk fashion dan hobby dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

Hingga saat ini toko online tersebut memang masih dalam tahap persiapan berkaitan dengan produk dan beberapa hal lainnya. Harusnya sih sudah running bulan lalu, akan tetapi karena sebab-sebab tertentu, terpaksa saya tunda hingga awal tahun depan. In sha Allah, kelak orang-orang akan mengenal toko online yang saya buat dengan platform Magento ini dengan nama tukatuku.com,.

Satu hal yang pasti, kalau toko online saya ini terwujud kelak  semua tidak lepas dari support Domainesia, mulai dari domain dan terutama hostingnya.

 

AKHIR TULISAN
Saya pikir memang ada Seribu Satu Cerita Bersama DomaiNesia dari para pelanggan-pelanggan DomaiNesia yang lain. Apapun cerita dan pengalaman para pelanggan tersebut, kalau disimpulkan akan merujuk
pada 5 (lima) hal berikut ini :

  1. Hosting Murah, Domainesia adalah provider hosting murah berkualitas dengan harga terjangkau dan memberikan garansi uptime 99.9%. Cloud hosting murah DomaiNesia menggunakan penyimpanan berbasis SSD sebagai jaminan performa. Selain menyediakan hosting murah, Domainesia juga memberikan pelayanan terbaik 24 jam untuk setiap customer.
  2. Domain Murah, DomaiNesia menyediakan layanan registrasi nama domain murah indonesia dengan harga terjangkau dan bersaing. Didukung dengan fitur aktivasi instan kurang dari 10 menit untuk mewujudkan website dengan nama domain pilihan sendiri, DomaiNesia memberikan fasilitas DNS management dan domain forwarding sehingga memungkinkan domain dapat diarahkan ke alamat URL lain.
  3. Hosting Indonesia Terbaik, DomaiNesia merupakan penyedia layanan web hosting Indonesia terbaik yang berfokus terhadap kualitas layanan dengan harga terjangkau dan didukung data center yang tersebar di Jakarta, Singapura, Jepang bahkan Amerika Serikat. DomaiNesia mengimplementasikan penyimpanan SSD untuk akses super cepat dan stabil sebagai upaya kami untuk memberikan layanan cloud hosting Indonesia terbaik. DomaiNesia berpengalaman melayani lebih dari 37.000 customer dalam dan luar negeri.
  4. Web Hosting Indonesia Murah, Cloud web hosting murah indonesia punya DomaiNesia sebanding dari sisi kualitas maupun harga. Selain itu DomaiNesia rutin memberikan promo Paket Hemat domain hosting sebagai solusi untuk memiliki website.
  5. Jual Hosting dan Beli Hosting, Domainesia menjual hosting yang dilengkapi dengan fitur Web Apps dimana pengguna dapat menginstall berbagai CMS (WordPress, PrestaShop, Ghost, dsb) secara otomatis dan instan saat aktivasi akun cloud hosting. Selain itu, DomaiNesia juga memberika garansi uang kembali apabila pelanggan tidak puas atas layanan tertentu.

Akhirnya, terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat untuk Indonesia yang lebih baik.
Terima kasih juga untuk DOMAINESIA atas kebersamaan dan supportnya selama ini semoga tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.