Moto G5s Plus, Smartphone Terjangkau Dengan Fitur Premium

Moto G5s Plus – Tahun 2016 adalah tahun kembalinya smartphone Moto di Indonesia, pasca Lenovo mengambil alih dari Google pada 2014 silam. Motorola, yang kini akrab dengan brand “moto”, adalah pelopor telepon genggam yang merupakan cikal bakal smartphone di dunia. Motorola yang berdiri sejak 1928 itu menjadi salah satu yang tertua dan masih bertahan hingga kini. Keren kan ?

Dari pertengahan 2015 hingga 2016, pasar smartphone nasional semakin seru dengan hadirnya produk-produk dari brand Moto setelah menjadi bagian dari Lenovo seperti Moto seri X tyle (Pure Edition), X Play, G 3rd Gen, dan E 3rd Gen.

Nah, September 2017 lalu, Moto bikin gebrakan lagi dengan menghadirkan produk terbaru di kelas entry-level tetapi mempunyai fitur-fitur premium. Sebuah smartphone dengan layar jumbo 5,5″ ber-O Android 7.0 Nougat dalam balutan chasing berbahan serba logam yakni Moto G5s Plus. Lalu, apa sih fitur-fitur premium yang dimiliki Moto G5s Plus ini ?

Seri  ini adalah versi tangguh dari Moto seri G sebelumnya. Moto G5s Plus ini lebih kokoh dibanding generasi sebelumnya, memiliki desain unibody serba logam di semua sisinya. Body rounded menjadi ciri khas smartphone moto dibuat dengan presisi yang sangat tinggi.

Body serba logam dan rounded di setiap sisinya ini memberi kesan premium serta berkelas dan menunjang penampilan penggunanya. Menggenggam Moto G5s Plus itu seperti halnya menggenggam smartphone dengan harga puluhan juta. Apalagi smartphone ini sangat tipis dengan ketebalan hanya 8.0 mm.

Smartphone Moto G5s Plus menawarkan bentang layar yang sangat ideal berukuran 5.5 inch. Lebar layar ini terasa nyaman saat digenggang untuk browing, nge-game atau nonton vidio secara offline maupun online. Aktifitas dengan Moto G5s Plus terasa semakin mengasikkan dengan resolusi Full HD 1080p (1920 x 1080) 401 ppi. Resolusi ini menyuguhkan tampilan layar jernih dan berkualitas dalam menerapkan kualitas video maupun gambar dengan kerapatan pixel yang sangat baik dan detail yang tinggi.

Layar Moto G5s Plus juga berteknologi IP (In-Place witching) yang memberikan tampilan warna jernih, kontras, tajam serta tetap terlihat jelas walaupun dilihat dari sudut pandang segala sisi hingga 178 derajat. Untuk urusan proteksi layar, Moto G5s Plus telah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Gorilla Glass 3 ini memberikan perlindungan layar jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Corning membubuhkan fitur terbaru di Gorilla Glass 3 ini dengan sebutan Never Damage Resistance. Fitur ini memungkinan layar Moto G5s Plus tetap mulus dan utuh mesti terjatuh dari ketinggian 1 meter sekalipun. Meskipun akhirnya tergores, Corning mengklaim hanya 40 persen saja yang terlihat mata telanjang.

Semua orang pasti bilang bahwa Moto G5s Plus tergolong smartphone berkinerja cepat dan gesit. Ini karena dukungan processor Qualcomm® napdragon™ 625 dibekali delapan core Cortex-A53 berkecepatan lebih dari 2 GHz. Inti CPU octa-core itu dipasangkan dengan GPU Adreno 506 yang melaju pada frekwensi 650 MHz, DP Hexagon, dan modem LTE X9 yang mendukung LTE cat.7.

Sebenarnya Processor inilah yang menjadikan Moto G5s Plus yang notabene masuk kategori entry-level menjadi terasa premium banget dalam pengangan. Kinerjanya Moto G5s Plus juga bakal semakin optimal untuk bekerja multitaksing dengan dukungan dari RAM yang mempunyai kapasitas longgar yaitu 4 GB LPDDR3 tipe ingle channel dalam frekuensi 933 MHz.

Terkait media penyimpanan, pengguna tidak perlu kuwatir kehabisan media untuk menyimpan data-data penting dan aplikasi, karena Moto G5s Plus mempunyai media penyimpanan internal sebesar 32 GB dan expandable dengan slot MicroD yang dapat menampung hingga maksimum 256 GB.

Kamera? Moto G5s Plus mempunyai dual kamera utama dengan resolusi tinggi 13 MP + 13 MP yang telah dilengkapi dengan sensor Dual-LED Flash, autofocus dan disupport dengan software terbaru.

Tak berlebihan kiranya kalau saya menyebut bahwa fitur dual kamera ini bak gravitasi bagi para penyuka fotografi. Ini adalah keunggulan (selling poin) Moto G5s Plus yang lain sekaligus menjadi alasan kenapa kamu mesti punya smartphone ini. Dengan resolusi sebesar ini, hasil jepretan Moto G5s Plus dijamin setara dengan jepretan kamera LR. Apalagi kamera MotoG5s Plus ini mempunyai aperture f/2.0. Secara teori, semakin kecil aperture makan cahaya yang masuk akan semakin banyak sehingga hasil foto tetap terang walaupun dalam keadaan gelap atau kurang cahaya.

Oh ya, kamera yang dimiliki Moto G5s Plus ini juga memiliki tipe RGB dan Monocrom. Efek bokeh akan lebih dramatis karena efek blur yang dihasilkan lebih maksimal. Bagi yang suka selfie, tidak perlu kuwatir karena kamera depan juga memiliki resolusi yang besar yakni 8 MP dengan sudut pandang yang lebar (Wide Angle). eperti kamera utama, kamera depan juga didukung dengan Fitur Flash dalam Apperture f/2.0.

Hasil foto dengan kamera depan ini akan semakin dramatis dan epic dengan beberapa efek seperti  mode panorama, mode profesional dan mode pemercantik

Tak perlu gundah kehilangan momen-momen penting gara-gara battery drop alias low bat karena Moto G5s Plus dibekali battery dengan kapasitas cukup besar yakni 3000 mAh. Kapasitas battery yang besar ini yang cukup awet dalam pemakaian sehari hari. Tak hanya itu saja, baterainya juga sudah dilengkapi dengan fast charging TurboPower™ untuk pengisian baterai lebih cepat.

Dengan TurboPower™ ini, cukup 15 menit untuk mendapatkan daya battery yang bisa dipakai selama 6 jam non stop. Waktu pangkas ngecharge ini sangat berguna bila kita lagi buru-buru karena urusan tertentu tetapi tetap membutuhkan komunikasi smartphone.

Keamanan data sangat penting. Terlebih bila dalam smartphone terdapat data-data sensitif, personal atau data perbankan yang membutuhkan perlindungan lebih. Bagi Moto G5s Plus itu bukan masalah karena smartpone yang dilego dengan harga terjangkau ini telah mengadopsi teknologi fingerprint untuk akses utama ke smartphone guna melindungi data-data sensitif.

Teknologi finger print sensor pada Moto G5s Plus ini juga berguna untuk melakukan transaksi pembayaran (payment over smartphone) dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang sangat mudah bahkan hanya dengan sekali sentuhan.  Jarang sekali fitur ini diaplikasikan di smartphone entry-level dan inilah hal lain yang menjadikan Moto G5s Plus serasa smartphone premium dengan harga jutaan rupiah.

Untuk OS Moto G5s Plus sudah menggunakan Andoid O terbaru yakni versi 7.0 Nougat yang menawarkan banyak fitur dan aplikasi menarik. Beberapa fitur menarik yang akan memberikan pengalaman seru seperti Dual Window. Fitur ini memungkinkan pengguna  dapat mengakses dua program sekaligus secara bersamaan.

Fitur lain adalah Blundled Notification yang memungkinkan pengguna mendapatkan 5 pesan masuk atau lebih dari orang sama tetap hanya mendapatkan satu notifikasi saja serta Direct Replay dimana pengguna langsung dapat membalas chat tanpa harus membuka aplikasinya. Tentu saja masih banyak kejutan dengan O. terbaru ini.

Mempercepat akses ke beberapa menu atau fitur, Moto G5s Plus menyematkan fitur jalan pintas (shortcut) untuk membuka fitur-fitur menu yang mempercepat proses seperti menghidupkan kamera dengan putaran pergelangan tangan, dan lain sebagainya.

Setelah melihat pesifikasi  Moto G5s Plus diatas, dapat saya simpulkan bahwa Moto G5s Plus adalah GRAVITAI BARU MARTPHONE HARGA TERJANGKAU DIBAWAH RP 3 JUTA DENGAN FITUR-FITUR PREMIUM.

Selain desain yang full metal unibody, Moto G5s Plus yang mempunyai 3 (tiga) pilihan warna Lunar Gray, Blush Gold dan Nimbus ini juga mempunyai kinerja yang cepat dan handal dengan dukungan processor Qualcomm® napdragon™ 625, GPU Adreno 506 dan RAM besar 4 GB.

Selain itu, Moto G5s Plus juga mempunyai fitur-fitur andalan seperti dual kamera 13 MP dengan aperture f/2.0, battery berkapasitas besar 3000 MAh yang tahan seharian juga mempunyai sensor sidik jari (Fingerprint) sebagai proteksi terhadap data-data sensitif pengguna.

Dengan banyaknya fitur-fitur keren yang dimiliki Moto G5s Plus, review saya merujuk pada sebuah rekomendasi bahwa Moto G5s Plus sangat layak untuk dimiliki ! 

Ketahui lebih banyak tentang smartphone Moto G5s Plus ini di moto.com dan Jalantikus.com.