Pandemi, Saat Tepat UKM #MulaiGoOnline.

Ini Pengalaman Saya!

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan berbagai dampak. Dalam sektor ekonomi, banyak UKM terpaksa menutup usahanya. Itu pula yang saya alami. Namun, pandemi bukan akhir segalanya, masih ada secercah harapan bagi UKM untuk kembali bangkit. Ini yang saya lakukan.

rocket

Sejak dinyatakan sebagai pandemi global, hampir seluruh negara di dunia menghadapi darurat kesehatan dan harus menyelamatkan warganya dari ancaman COVID-19. Tak ada satu pun negara yang benar-benar siap dengan pandemi ini. Faktanya virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, ini telah merenggut ratusan ribu jiwa di seluruh dunia, bahkan hingga saat ini.

covid2

Tak hanya kematian. Virus yang konon berasal dari kelelawar ini juga menyebabkan dampak lain yang lebih luas. Sektor ekonomi Terkoyak hebat. Jangankan negara kita, negara-negara besar dengan fondamental ekonomi yang kuat saja mengalami kontraksi perekonomian yang luar biasa. Produksi dan supply terganggu akibat virus ini.

Dunia usaha pun seperti cacing di tanah lapang yang panas, menggelepar. Roda ekonomi terseok-serok seperti pedati kehilangan satu rodanya. Banyak unit bisnis terpaksa menghentikan produksinya. PHK pun tak terelakan yang berimplikasi pada menurunnya daya beli masyarakat.

Turunnya daya beli ini berdampak hebat pada sektor informal dan usaha-usaha bermodal kecil (UKM). Mereka banyak yang harus tutup. Itu pula yang saya alami.

covid2

Catatan Dampak Pandemi Berdasarkan Lapangan Pekerjaan

LIPI dan Lembaga Demografi FEBUI

covid2
covid2
covid2
covid2
covid2
covid2

Usahaku Pun Terpaksa Tutup!

Pandemi Covid-19 memang nggak bisa diprediksi. Sebenarnya di awal kemunculannya saat itu ada kabar kalau gak bakal bisa masuk ke Indonesia yang beriklim tropis, namun hati kecil saya menyangsikan. Dengan lalu lintas antar negara yang telah mengglobal seperti saat, sangat kecil kemungkinanya untuk tidak menyebar ke mana-mana. Ya, cepat atau lambat pasti akan menginfeksi orang-orang di Indonesia.

Dan apa yang ada di benak saya ternyata benar-benar terbukti pada awal Pebruari 2020 saat dua kasus pertama di Indonesia diberitakan televisi. 

Dalam waktu yang relatif cepat, virus corona pun nyampai di kota saya, Brebes, yang berasal dari kluster Goa. Akibatnya kota penghasil telur asin dan bawang merah terbesar di Indonesia ini medadak dinyatakan sebagai zona merah covid di Jawa Tengah.

Pikiran saya semakin tak menentu ketika Pak RT menginformasikan melalui group WA bahwa dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus, atas kesepakatan warga, kampung saya pun melakukan lockdown parsial. 

Di satu sisi, lockdown memang menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini, namun di sisi yang lain membuat orang malas keluar rumah karena banyak akses jalan yang ditutup.

Suasana kampung mendadak menjadi sepi, seperti tak berpenghuni. Orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah bersama anggota keluarga dan hanya keluar rumah untuk hal-hal yang penting saja seperti berbelanja sembako di mini market.

Sebagai pelaku usaha kecil (UKM) di bidang kuliner, lockdown kala itu menyebabkan kedai makan saya mendadak sepi. Omset pun terjun bebas, seperti buah durian yang jatuh ke tanah gersang. Gedebuk!!!

Rasanya itu sedih banget. Saya merasa perjuangan membangun usaha selama ini seperti tak ada artinya apa-apa. Semua berubah dalam sekejap seperti panas setahun terhapus dengan hujan sehari. Puncak dari kejadian ini, saya terpaksa menutup usaha kedai makan saya karena tak ada satu pun pembeli.

Tutupnya kedai menambah berat perekonomian keluarga. Periuk dapur pun tumbang. Ia seperti ikut-ikutan “terinfeksi” Covid-19. Untuk bertahan hidup, keluarga hanya mengandalkan tabungan dan hasil menjual beberapa aset keluarga. Yah, seperti itu!

Mencoba Bangkit Kembali Dengan Merubah Pola

Saya memang tak lantas menyerah begitu saja pada keadaan. Selama tutup, saya trus berfikir keras menemukan cara agar bisa dibuka kembali.  Satu hal yang membuat saya bersemangat adalah keyakinan saya bahwa setakut-takutnya orang terhadap virus corona, tetap saja akan merasa lapar dan butuh makan. Dari sini saya melihat peluang untuk bangkit masih terbuka. Nah, dari pemikiran inilah akhirnya saya melakukan perubahan pola kerja. Berikut ini yang saya lakukan.

Semangat bangkitnya UKM – 01

Semangat bangkitnya UKM – 02

Semangat bangkitnya UKM – 03

Menyediakan Layanan Pesan Antar Gratis.

Bagi saya, ketika orang-orang malas ke luar rumah selama lockdown, di situ ada peluang ekonomi besar. Momentum inilah yang coba saya manfaatkan. Akhirnya saya membuka kembali kedai makan namun hanya melayani pesan antar gratis. Pelanggan yang sebagian besar berasal dari warga di kampung saya tinggal pesan melalui WA dan makanan akan segera diantar ke rumah tanpa kontak langsung.

Saya memanfaatkan group WA RW untuk menginformasikan layanan ini selain membuat panflet yang saya taruh di depan pintu rumah warga serta membuat berapa banner di tempat-tempat strategis.

Tanpa saya duga, layanan pesan antar ini disambut antusias pelanggan (warga). Walaupun masih belum seramai dulu, namun layanan pesan antar ini pelan-pelan membantu menaikkan omset kedai yang berimplikasi pada pemasukan keluarga.

mockup orderan kedai

Mendaftar Ke Aplikasi Gofood

Antusiasme pelanggan dengan layanan pesan antar gratis yang saya sediakan, malah memberi inspirasi kepada saya untuk memanfatkan platform aplikasi layanan pesan antar Gofood. Saya pun mendaftarkan kedai saya di aplikasi ini.  

Berbeda dengan layanan pesan antar melalui WA yang saya khususkan untuk lingkungan sekitar, layanan menggunakan aplikasi Gofood ini saya tujukan untuk pelanggan-pelanggan yang berada di luar kampung saya.

Nah, masuknya kedai makan yang menggunakan nama kakak perempuan tertua saya ini di Gofood juga turut membantu meningkatkan omset dan berkontribusi pada meningkatnya penghasilan di tengah pandemi.

gOBIZ

#MulaiGoOnline Dengan Membuat Website

Dari layanan pesan antar dengan memanfaatkan WA dan aplikasi Gofood ini akhirnya malah membuka pikiran saya untuk Go Online. Kenapa tidak membuat website sekalian, begitu pikir saya. Nah, dengan modal dan pengetahuan seadanya saya pun mencoba membuat website untuk kedai dengan alamat domain kedainokevi.online.

Website kedai tersebut saya bangun menggunakan CSM WordPress, yakni CMS sejuta umat yang dipakai 30% populasi website di seluruh dunia. CMS WordPress ini saya pilih karena menurut saya mudah dipahami ketimbang CMS lain, sama seperti yang saya pakai untuk blog ini.

Templatenya free alias standart WordPress yakni Twenty-Twenty dengan beberapa plugins tambahan seperti web builder elementor dan plugin khusus kuliner atau restaurant. Sama seperti aplikasi GoFood, website ini saya tujukan untuk membidik pelanggan yang berasal dari luar kampung saya,namun khususnya untuk  instansi, baik pemerintah maupun swasta di Brebes. 

Hanya kedai makan kecil dan dan berada di kampung, bermanfaatkah website?

Awalnya saya juga bertanya dalam hati, sejauh mana website ini membawa kemudahan bagi usaha saya untuk bangkit kembali di tengah pandemi. Jangan-jangan malah hanya buang-buang waktu dan tenaga, begitu pikir saya. Namun apa yang saya pikirkan ternyata salah. Justru website secara signifikan membantu saya bangkit dari keterpurukan usaha di awal-awal pandemi. Kok bisa?

Karena sasaran saya adalah instansi maka kedirian website ini menjadi penting bagi saya. Jelas saya tak mungkin mengirimkan email penawaran hanya berisi attachment menu berformal excel atau gambar hitam putih. Selain itu tak mungkin juga bagi saya untuk mencetak brosur berwarna yang mesti saya kirim via pos atau kurir karena biayanya sangat mahal, bisa mencapai ratusan ribu. 

Secara fungsi, website ini memberikan kredibilitas bagi usaha saya walaupun secara defacto kedai makan saya kecil dan berada di tengah-tengah kampung. Dan ini terbukti. Selain website, email penawaran yang menggunakan extension nama domain (cs@kedainokevi.online) bekerja sangat efektif. 

Nah, setelah website jadi, antara yakin dan tidak saya pun coba-coba mempraktekan salah satu saluran komunikasi dari Digital Marketing yakni membuat penawaran melalui email marketing ke instansi-instansi pemerintah dan swasta di Brebes. Tak lupa dalam email tersebut saya sisipkan alamat website yang bisa diakses dari gadget maupun laptop. 

Tak berapa lama, email tersebut mendapat respon positif dari beberapa instansi. Beberapa kali saya bahkan diminta datang ke kantor untuk memberi penjelasan lebih lanjut. Nah, dari sinilah akhirnya saya dipercaya menyediakan makan siang untuk puluhan karyawan sebuah bank lokal di Brebes setiap hari. Itu belum termasuk sebuah sebuah universitas swasta , delear motor dan beberapa instansi lainnya.

Boleh dibilang, website ini telah membuka jalan bagi bangkitnya usaha saya yang sempat tutup dihantam pandemi. Andaikan saja saya tidak membuat website dan melakukan email marketing ke instansi-instansi, entah bagaimana keluarga saya bisa bertahan hidup dalam pandemi yang belum tahu kapan akan terhenti ini.

My Experience.

square-yellow-1
  • Efektif Menjangkau Lebih Banyak Pelanggaan

    Website memungkinkan penggunanya dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas jarak

  • Meningkatkan Kredibilitas Usaha

    Website dapat difungsikan menjadi portofolio dan katalog online yang mampu meningkatkan kredibilitas usaha di mata calon pelanggan

  • Lebih Informatif dan Menghemat Biaya Promosi

    Bagi pengguna website jauh lebih informatif dan mampu menghemat pengeluaran biaya promosi ketimbang harus cetak brosur yang dengan biaya yang tidak sedikit

Pentingnya

WEBSITE

Pandemi Bukan Akhir Segalanya, UKM Harus Bangkit!
Go Onlinekan Usaha Segera Bersama MasterWeb

Pengalaman adalah guru yang utama. Saya bisa bercerita karena punya pengalaman empiris tentang hal itu. Siapapun tahu kalau pandemi memaksa setiap usaha masuk dalam kondisi kehidupan yang sulit. Namun telah menjadi hukum alam bahwa di tengah-tengah kesulitan itu ada kemudahan, begitu pula sebaliknya. 

Bagi UKM dan pelaku usaha, Justru pandemi ini waktu yang tepat untuk #MulaiGoOnline karenaa kecendrungan orang yang malas ke luar dan ingin dilayani  di rumah. Nah, salah satu media yang tepat untuk memulainya adalah website. Sulitkah?

Tidak. Secara teknis, membuat website untuk usaha itu tidak sesulit yang dibayangkan orang. Secara umum hanya melewati beberapa tahap mudah yakni beli domain dan hosting, install CMS yang dikehendaki, pilih tema (template) yang sesuai, masukkan materi website, publish dan selesai. 

Kenapa harus beli domain dan hosting?

Domain akan menjamin kepercayaan relasi karena itu adalah alamat rumah usaha dalam dunia digital. Sedangkan hosting sendiri adalah tempat di mana data-data website yang kompleks tersimpan.

 Nah, memiliki hosting sendiri memberi privillage tersendiri. Pemiliknya bebas menginstal template yang dikehendaki, pun juga bebas memodifikasi sekehendak hati untuk menciptakan tampilan website yang profesional. 

Tentu saja privilege ini tidak didapatkan bila website dibangun dengan fasilitas free (gratis), yang oleh banyak orang dianalogikan seperti orang ngekost. Semua fasilitas terbatas, dan penggunanya tidak bisa melakukan modifikasi secara maksimal, lebih-lebih kalau pemiliknya tidak paham-paham banget dengan bahasa coding. 

ilustrasi-hosting

Untuk membuat website, UKM dan para pelaku usaha juga tak perlu kuwatir karena domain dan hosting tak lagi mahal seperti dulu. Saat ini ada banyak perusahaan hosting yang menyediakan domain dan hosting murah, sebut saja salah satunya adalah MasterWeb.

MasterWeb ini adalah perusahaan webhosting nomor 1 di Indonesia yang fokus pada jasa webhosting dengan segala kelengkapannya. Di perusahaan yang berdiri sejak tahun 1995 dengan pelanggan lebih dari 100.000 entitas ini, UKM dan pelaku usaha bisa beli domain dan hosting   murah terbaik sesuai dengan kebutuhan untuk memulai mengonlinekan usaha.

Untuk domain misalnya, MasterWeb menyediakan berbagai pilihan TLD (Top Level Domain) termurah, terhemat dan terlengkap dari mulai .com, .net hingga .id. Harganya pun sangat terjangkau, sesuai untuk UKM atau pelaku bisnis yang ingin #MulaiGoOnline dengan usahanya.

Domain Murah MAsterWeb

Domain di MasterWeb

Termurah, Terhemat dan Terlengkap

Pilihan domain terlengkap, termurah dan terhemat mulai Rp. 10.000,- Semakin hemat dengan promo-promo menarik di setiap bulan.

Langsung Aktif

Selain lengkap dan murah, membeli domain di MasterWeb juga langsung aktif bahkan dalam hitungan menit

Support DNSSEC untuk Keamanan Domain

DNSSEC atau Domain Name System Security Extensions adalah bagian dari Internet Engineering Task Force (IETF) yang meningkatkan keamanan website dari risiko hacking dan penyalahgunaan data lainnya. DNSSEC ini mencegah terjadinya kebocoran data melalui DNS Spoofing atau DNS Poisoning.

Tak hanya domain saja yang murah, MasterWeb juga menyediakan berbagai pilihan hosting murah untuk berbagai kebutuhan. Bahkan, spesifik MasterWeb menyediakan hosting UMKM, yakni hosting terbaik bagi pelaku UKM yang ingin memulai mengonlinekan bisnisnya dengan website.

Yang menarik adalah, bahwa dalam upaya menjamin pp-time server 99,8 – 99,9%,  MasterWeb didukung sekitar 400-an server yang cepat dan handal. Server-server tersebut tersebar diberbagai Data Center baik di Indonesia maupun luar negeri seperti CDC, IDC, GSD, Dhecyber serta Rack Central Singapura, termasuk CDT yang dimiliki sendiri oleh MasterWeb. 

Nah data-data center tersebut juga dipantau oleh tenaga ahli dan 70 customer service yang siap sedia 24 jam non stop membantu bila terjadi masalah dengan website.

Hosting UMKM MasterWeb juga didukung teknologi cloud dengan unlimited bandwidth serta menggunakan hardware terbaru yang menjamin kecepatan akses website 30x lebih cepat dari hosting lain.

Nah, untuk hosting UMKM ini, MasterWeb menyediakan beberapa pilihan. Base on capacity, UKM dan pelaku usaha bisa memilih kapasitas hosting dari mulai yang 2 GB hingga 10 GB. Sedangkan base on control panel, MasterWeb menyediakan dua pilihan yakni cPanel atau Plesk dengan keunggulannya masing-masing.

Untuk harga, fitur dan keunggulan-keunggulan dari hosting UMKM ini, berikut ini detailnya.     

Paket & Harga Hosting MasterWeb

(Switch Tombol cPanel atau Plesk dan Server Indonesia atau Server Singapura) 

cPANEL
PLESK

Lucky cPanel

Untuk organisasi atau landing page
Rp 19.900 per Bulan
  • 2 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • 10 Database
  • 2 Host Website

Happy cPanel

Cocok untuk UKM
Rp69900
Rp 40.891 per Bulan
  • 10 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • Unlimited Database
  • 10 Host Website
Popular

Bright cPanel

Untuk Blogger atau Personal
Rp39900
Rp 33.915 per Bulan
  • 5 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • Unlimited Database
  • 5 Host Website

Lucky cPanel SG

Untuk organisasi atau landing page
Rp 19.900 per Bulan
  • 2 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • 10 Database
  • 2 Host Website

Happy cPanel SG

Cocok untuk UKM
Rp69900
Rp 40.891 per Bulan
  • 10 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • Unlimited Database
  • 10 Host Website
Popular

Bright cPanel SG

Untuk Blogger atau Personal
Rp 39.900 per Bulan
  • 5 GB Disk Space
  • Gratis SSL
  • Gratis Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Subdomain
  • Unlimited Email
  • Unlimited Database
  • 5 Host Website

Untuk memudahkan membuat website bagi usaha, UKM dan para pelaku usaha juga bisa menggunakan tool pembuat website bernama Web1menit yang disediakan MasterWeb. Apa itu?

WEB1menit adalah website builder terbaik yang dikembangkan oleh Masterweb Corp (PT. Master Web Network). 

Website builder ini menggunakan basik CMS WordPress dan didukung dengan addon pembuat halaman website terbaik seperti elementor, neve builder pro dan sebagainya yang setahu saya memang dikenal sebagai website builder terbaik dan mudah serta paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan website builder ini, UKM dan para pelaku bisnis tak perlu ribet lagi kalau mau membuat website yang menarik dan menjual untuk usaha.

Semuanya bisa dilakukan secara cepat, praktis, hanya dalam beberapa klik saja dan tak membutuhkan pengetahuan coding. Ini karena tool pembuat website MasterWeb ini mempunyai fitur drag and drop, di mana pengguna hanya tinggal memilih widget yang dibutuhkan kemudian menyeretnya ke halaman editing.

Selain itu, dalam website builder terbaik ini juga telah tersedia berbagai desain dan layout website (premade layout) yang bisa dipakai sebagai layout website usaha. 

UKM dan pelaku usaha bisa memilih lyaout yang sesuai bagi usahanya dari mulai layout cafe, blog, co-working, digital agency, event dan sebagainya. Semuanya tersedia di galery dan bisa diaplikasikan kapapun juga.

video by elementor.com

Web1menit scwebp

Tapi aman gak sih?

Dari segi keamanan, para UKM dan pelaku usaha juga tak perlu ragu lagi karena website-website yang dibuatnya akan menggunakan Web1menit ini dijamin aman dan terlindungi. Ini karena Web1menit memiliki fitur proteksi seperti Imunify360 dan Malware scanning & Removal yakni fitur keamanan situs website yang akan selalu menjaga website terhindar dari serangan dunia maya seperti serangan DDOS, Virus dan Malware serta menghapusnya secara otomatis.

Nah, berikut ini paket dan harga Web1menit yang bisa dipilih.

Starter Trial

(Masa berlaku 14 hari)

GRATIS
  • Gratis Subdomain
  • 10 Pilihan Template
  • 0 Email Account
  • 5 GB Storage

Starter

Dapatkaan dengan harga

Rp 19 000 /bulan
  • Gratis Subdomain
  • 10 Pilihan Template
  • 3 Email Account
  • 5 GB Storage

Online Easy

Dapatkan dengan harga

Rp 89 000 /bulan
  • Gratis Subdomain
  • 20 Pilihan Template
  • Unlimited Email Account
  • 10 GB Storage
POPULER

Online Plus

Dapatkan dengan harga

Rp 189 000 /bulan
  • Gratis Subdomain
  • Unlimited Template
  • Unlimited Email Account
  • 30 GB Storage

Akhir Tulisan

Ayo, jangan tunda untuk memulai mengonlinekan usaha. Percayalah bahwa saat pandemi deperti saat ini justru saat yang tepat untuk memulai. Putuskan segera untuk membeli domain dan hosting di Masterweb dan dapatkan segala keuntungan yang ditawarkan untuk bisnis anda.

Akhirnya, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaatd an menginspirasi.

error: Alert: Content is protected !!