Popmama Parenting Academy 2020 Digelar Virtual, Ini Manfaat dan Kelebihannya

Sisi lain adanya Covid-19 adalah bagaimana pandemi ini telah “memaksa” setiap entitas agar membiasakan diri berperilaku sesuai tuntutan New Normal Life dengan memperhatikan imun, iman dan aman serta mendorong melakukan banyak hal secara online. 

Dalam teknologi online, nampaknya kita mesti bersyukur karena negara kita tidak ketinggalan-ketinggalan amat dalam teknologi digital internet yang mendukung pola baru tersebut. 

Buktinya, tahun 2020 ini 175,4 juta atau 64% dari total populasi nasional sebesar 272,1 juta jiwa telah merasakan akses internet. Jumlah ini pun akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Di era kenormalan baru ini, di mana aktivitas kumpul-kumpul secara fisik menjadi sangat rawan karena berpotensi menjadi transmisi penyebaran virus, internet menjadi periperal yang sangat dibutuhkan. 

Dengan internet ini, memungkinkan kita tetap bisa tetap terhubung dengan sanak saudara untuk bertanya kabar, melakukan kegiatan bisnis dan mengikuti berbagai aktivitas seru secara online tanpa kehilangan esensinya sama sekali.

Salah satu contoh aktivitas seru yang saya maksudkan tersebut adalah Popmama Parenting Academy (POPAC) yang telah dihelat dari tanggal 21 September hingga 3 Oktober 2020.

Event Parenting Terbesar Indonesia

Popmama Parenting Academy adalah event parenting tahunan terbesar di Indonesia. ‘Gak heran kalau event yang diinisiasi oleh Media Parenting Nomor Satu di Indonesia Popmama.com ini selalu mendapat atensi besar dari keluarga millenial Indonesia.

Penyelenggaraan dua tahun berturut-turut sebelumnya, tak kurang dari 7.000 keluarga telah berpartisipasi dalam event menarik yang sukses mengawinkan konten hiburan dan edukasi ini.

Tahun ini memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. Dan karena masih dalam situasi pademi Covid-19 yang belum ada indikasi berhenti, penyelenggaraanya dilakukan secara virtual melalui berbagai platform digital online seperti WA, Zoom, Website, Youtube dan  Instagram TV.

Saya sendiri sebenarnya sudah memantau dan menunggu acara ini sejak muncul postingan instagram Popmama pada 11 Agustus 2020 lalu.

Saya pikir ini event keren yang ‘gak boleh saya lewatkan begitu saja mengingat tahun lalu saat diselenggarakan secara offline di Summarecon Mall Serpong saya terpaksa absen karena si kecil masih seumur jagung.

Lebih-lebih, tahun ini seluruh kontennya disajikan secara virtual yang bisa saya ikuti tanpa harus meninggalkan aktivitas dan kewajiban sebagai seorang mama yang masih mempunyai anak batita.

Popmama Parentng Academy

Popmama Parenting Academy 2020

Event Popmama Parenting Academy ini event mahal dan berharga serta memiliki kelebihan tersendiri bahkan bila dibandingkan dengan kegiatan serupa tahun-tahun sebelumya yang diselenggarakan secara offline. Setidaknya itu menurut saya. Karena kelebihan-kelebihan itu pulalah alasan saya berpartisipasi dalam event Popma Parenting Academy tahun 2020 yang by schedule berarkhir pada tangga 3 Oktober lalu. Apa kelebihannya?

Diselenggarakan Maraton, Virtual, Edukatif dan Entertaining

Event diselenggarakan secara maraton selama 5 (lima) hari berturut-turut secara online yang mudah diakses dalam berbagai platform. Karena online, maka partisipan dalam event ini sudah pasti melebihi offline apalagi konten yang disajikan edukatif dan entertaining.

Puluhan Narasumber Ahli Yang Expert Dibidangnya

Popmama.com mampu menghadirkan puluhan narasumber ahli yang expert dibidangnya, mulai dari dokter spesialis anak, spesialis kandungan, psikolog, ahli gizi, peneliti, praktisi, dunia usaha hingga publik figur yang concern pada dunia parenting. Narasumber ahli (scheduled) memberi edukasi dan berbagi tips dalam 5 (lima) kelompok materi (Curricclum) yakni Pregnancy, Baby, Kid, Big Kid dan Life.
logo POPAC

Gratis Bagi Keluarga Millennial Indonesia

Event Popmama Parenting Academy ini gratis dan bisa diikuti siapapun dan di mana pun, tak terbatas tempat dan waktu sepanjang mempunyai koneksi internet.

Interaktif

Event Popmama Parenting Academy ini diselenggarakan interaktif dengan memberi kesempatan kepada partiisipan berinteraksi dengan nara sumber melalui berbagai saluran yang disediakan (Komentar -Youtube, dll)

Ada Flash Sale dan Exclusive Deal Berbagai Produk

Sepanjang acara berlangsung Popmama.com juga menggelar Flash Sale dan Exclusive Deal berbagai produk sponsor seperti susu formula pendamping ASI, multivitamin, dan lain sebagainya yang membuat belanja semakin irit di tengah pandemi yang membuat duit sangat sulit seperti saat ini.

Ajak Keluarga via Streaming Youtube Pakai STB

Walaupun semua sessi bermanfaat bagi keluarga, namun tidak semua semua sessi dalam event Parenting Academy ini saya ikuti. Saya lebih memilih sessi yang saya butuhkan saat ini terutama pada sessi yang berkaitan dengan Kid, Big Kid dan Life. Kenapa?

Ini karena anak pertama dan kedua saya sudah duduk di SD dan SMA, sedangkan yang paling kecil sudah berumur dua tahun. Apalagi kans untuk mempunyai anak lagi pun kecil karena pasca kelahiran anak ketiga saya langsung minta steril karena faktor usia yang sudah masuk resiko tinggi.

Melihat betapa bermanfaatnya event ini, saya sengaja mengajak keluarga terutama suami untuk ikut serta berpartisipasi dalam event ini karena tanggung jawab membesarkan anak ada tanggung jawab berdua.

Beruntung saya karena di rumah tersambung internet indihome plus STB (Set up Box) yang bisa digunakan untuk streaming youtube melalui televisi jadul di ruang keluarga bersama-sama. 

Yang Saya Dapat Dari Event Ini?

Menjadi orang tua itu tidak ada sekolah resminya dan Popmama.com telah membuatkan tempat belajar secara ekslusive serta gratis dengan puluhan narasumber ahli dari berbagai bidang kajian. Tentu saja yang saya dapatkan adalah ilmu (knowlegde).

Ada banyak sessi materi yang secara esensi menambah ilmu dan pengetahuan bahkan membuka cakrawala pemikiran saya. Bahkan bisa disebut meluruskan kekeliruan berfikir saya tentang bagaimana mendidik anak di era teknologi. Sebut saja salah satunya adalah class webinar dengan narasumber Najelaa Shihab, Head of sekolah.mu.

Webinar dengan tema “Anak Melek Teknologi, Memang Bisa?” yang dipandu oleh Cisca Beker dari studio IDN Media ini menjawab ketakutan khawatir terhadap bahaya internet bagi anak. 

Di satu sisi saya menyadari dunia parenting itu dinamis. Setiap jaman memiliki tantang tersendiri. Era saya kecil berbeda dengan anak-anak saya sekarang. Secara teknis, tidak mungkin saya mendidik anak menggunakan cara-cara ketika saya kecil. Saat ini dan waktu di mana anak saya besar nanti adalah jaman teknologi.

Namun sebagai orang tua saya terkadang takut mengenalkan anak dengan teknologi terutama internet, bahkan cenderung over protektif.  Belum-belum dalam pikiran saya, bagaimana kalau anak-anak membuka-buka konten pornografi dan sebagainya. Ketakutan ini jelas kontradiktif dengan kenyakinan saya.

Dari sessi ini saya mendapat ilmu dan jawaban bahwa sebagai orang tua harusnya memang jangan membiasakan anak dari awal memanfaatkan teknologi hanya untuk hiburan semata. Orang tua harus menetapkan tujuan bahwa anak menggunakan teknologi untuk membuka wawasan anak agar lebih luas atau menambahkan link pertemanan anak.

Tentu saja ini hanyalah salah satu dari sejuta manfaat yang saya peroleh dari event Popmama Parenting Academy 2020 ini. Namun setidaknya ini cukup memberi gambaran bahwa event ini memang membawa kebermanfaatan bagi keluarga, terutama keluarga millenial Indonesia. 

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di Popmama Parenting Academy tahun 2021 mendatang. Semoga Pandemi Covid-19 sudah berlalu dan acara pasti semakin seru.

3-0b0bd0b1d8b1b2ff64bc5bbb62564427

Personal website seorang blogger dari kota Bombay van Java (Brebes)