Surat Yasin, Anjuran Dan Keutamaan Bagi Yang Membacanya

Surat Yasin, adalah satu dari 114 ayat dalam Al-Qur’an yang memiliki berbagai keutamaan. Bagi umat Islam, surat ini dianjurkan untuk selalu dibaca. Apa keutamaannya?

Bagi umat Islam, Surat (surah) Yasin (يٰسۤ) merupakan surat dalam Al-Quran yang sangat populer. Surat ini kerap dibaca dalam berbagai kegiatan keagamaan maupun secara pribadi dalam keluarga. 

Dalam mushaf Al-Qur’an, surat yang menempati urutan ke-39 ini adalah satu dari kumpulan surat-surat Makkiyah, yakni surat yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW ketika masih tinggal di Makkah atau sebelum beliau hijrah ke Madinah.  

Seperti termaktup dalam kitab Tafsir Surah Yasin karya Syekh Hamamy Zadah, asbabun nuzul (sebab turun) surat Yasin ini merupakan sanggahan atas opini kaum kafir Quraisy saat itu yang tidak beriman terhadap kenabian Nabi Muhammad SAW. 

Mereka mengiria bahwa Nabi Muhammad SAW hanyalah anak yatim biasa yang diasuh pamannya bernama Abu Thalib. Kaum kafir Quraisy menganggap Muhammad bukanlah seorang nabi karena tidak pernah pergi ke suatu majelis untuk berguru kepada seseorang menuntut ilmu. 

Hingga akhirnya Allah SWT menurunkan surat ini dan menjadi saksi atas kenabian serta risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Secara umum, Surat Yasin yang terdiri dari 83 ayat ini susunanya masuk dalam 2 (dua) juz. Ayat 1-21 masuk di dalam juz ke-22, sedangkan ayat 22-83 berada di juz ke-23.

Terlepas dari itu semua, Surat Yasin ini merupakan salah satu surat yang dianjurkan sering dibaca oleh umat Islam karena setiap ayatnya memiliki keagungan makna dan memiliki berbagai keutamaan (fadilah).

Anjuran membaca surat Yasin ini tertera sisebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW,  “Perbanyaklah kalian membaca surah Yasin ini, karena sungguh di dalamnya terdapat banyak keistimewaan yang berlimpah-limpah.”

Nah, apa keistimewaan dan keutamaan Surat Yasin bagi yang membacanya?

Surat Yasin, Jantungnya Al-Qur'an dengan Berbagai Keutamaan

Surat Yasin memiliki keutamaan dan keagungan karena menjadi inti (jantungnya) Al-Quran. Hal ini termaktub dalam Sabda Nabi Muihammad SAW,

عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس. ومَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ”.

Dari Qatadah, dari Anas r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: 

“Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dan kalbu Al Quran adalah surat Yasin. Dan barang siapa membaca surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Quran sepuluh kali”.

Muhammad Zaairul Haq dalam bukunya yang berjudul “Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an”  menjelaskan bahwa Surat Yasin memiliki berbagai keutamaan.

Berikut beberapa keutamaan Surat Yasin bagi yang membacanya setiap hari dan istiqomah mengamalkan kandungan isinya. 

Berpahala sebanding khatam Al-Qur'an 10 kali

Seperti telah disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW di atas, bahwa keutamaan membaca surat Yasin adalah mendapatkan pahala besar dari Allah SWT yakni sebanding dengan pahala khatam Al-Qur’an 10 kali.

Mendapatkan Keberkahan Hidup

Membaca Surat Yasin pada waktu-waktu tertentu, seperti pagi hari, mengandung banyak keberkahan. Hal ini tertuang dalam hadis Imam Ad-Darimi.

“Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.”

Berkah dalam hal ini memiliki makna yang luas, tak hanya melulu tentang harta, namun bisa juga berupa keselamatan, ketenangan hidup, dan sebagainya.

Mempercepat terkabulnya hajat

Memebaca Surat Yasin Mempercepat terbaulnya hajat dan keinginan. Hal ini disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang berbuyi,

“Barang siapa yang membaca surat Yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR Abasy Syaikhi dari Abu Hurairah).

Mempermudah sakaratul maut

Jika seseorang menghadapi sakaratul maut maka keluarga dianjurkan membaca Surat Yasin. Hal ini disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW,

“Surat Yasin adalah jantung Al-Quran. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.” (Hadis Ma’qal bin Yasar).

Terhindar dari azab dan siksa kubur

Satu keutamaan lain Surat Yasin adalah mampu menghindarkan seseorang dari siksa kubur.

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalyn 4/373)

Semakin Mudah Membaca Surat Yasin dengan Al-Qur'an Digital

Seiring berkembangannya teknologi digital, kecenderungan orang melakukan berbagai aktivitas secara digital pun sudah semakin umum. Hal yang sama juga terjadi dengan kebiasaan orang-orang dalam membaca Al-Qur’an.

Ya, teknologi telah memudahkan penggunanya dalam membaca Al–Qur’an dengan hadirnya  Al-Qur’an online baik berbasis aplikasi maupun berbasis web.

Nah, salah satu Al-Qur’an Online berbasis web yang saya maksudkan tersebut bisa diakses di Appngaji.com.

Dengan Appngaji.com ini, kita bisa membaca Surat Yasin dan surat-surat lainnya dalam Al-Qur’an dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja.

Yang menarik dari Appngaji.com ini adalah, meskipun berbasis web namun aplikasi Al-QUr’an Online ini sangat ringan dan responsif. Ia dapat diakses secara mudah dan kompetibel dengan berbagai gadget, baik laptop, tablet maupun smartphone.

Selain ringan dan responsif, Al-Qur’an Online Appngaji.com ini juga memiliki berbagai fitur menarik. Berikut di antaranya;

  1. Interface simple dan tanpa iklan yang menganggul
  2. Navigasi yang memudahkan pengguna dalam mencari surat, ayat hingga juzz;
  3.  Ukuran fontasi dan harokat porporsional yang memudahkan dalam membaca;
  4. Memiliki fitur translasi dan terjemahaan dalam bahasa Indonesia;
  5. Dilengkapi fitur tafsir yang sangat membantu pemahaman per ayat bagi pengguna
  6. Gratis.  

Rajab, Yuk Kita Giatkan Baca Surat Yasin.

Saat ini kita berada di Bulan Rajab yang memiliki keistimewaan di dalamnya. Allah SWT sendiri memasukkan bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram alias bulan yang dimuliakan. 

Allah SWT berfirman dalam Al Quran, Surat At Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. (QS. At-Taubah:36).

Nah, mumpung kita masih diberi kesehatan di bulan Rajab ini, mari kita isi dengan berbagai aktivitas ibadah dan perbuatan baik. Selain, berpuasa, infaq dan shaqoh, kita bisa mengisinya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an, terutama Surat Yasin dengan segala keutamaannya.  

Jangan lupa pula berdoa dengan salah satu doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ketika memasuki bulan Rajab agar diberi umur hingga masuk bulan suci Ramadan.

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Akhirnya, terima kasih telah membaca artikel berjudul “Surat Yasin, Anjuran Dan Keutamaan Bagi Yang Membacanya” ini. 

Semoga bermanfaat, ya teman.