Tips Nyaman Liburan Naik Pesawat Terbang Bersama Buah Hati

Memiliki buah hati bukan menjadi halangan untuk tetap traveling. Tapi tentunya, pengalaman liburan dengan anak-anak akan sangat berbeda, apalagi jika usianya masih di bawah lima tahun (balita). Alat transportasi yang paling nyaman digunakan jika mengajak si balita bepergian, apalagi yang cukup jauh adalah pesawat terbang. 

Namun membawa anak-anak terbang dengan pesawat bukan tanpa tantangan ya. Banyak sekali yang akan membuat perjalanan jadi berat. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat liburan naik pesawat dengan anak tetap nyaman. Bahkan, tanpa membawa baby sitter pun juga bisa. Nah, berikut ini tips supaya nyaman liburan naik pesawat bersama anak-anak.

Pilihlah Tiket Sesuai dengan Jam Tidur Anak

Memiliki buah hati bukan menjadi halangan untuk tetap traveling. Tapi tentunya, pengalaman liburan dengan anak-anak akan sangat berbeda, apalagi jika usianya masih di bawah lima tahun (balita). Alat transportasi yang paling nyaman digunakan jika mengajak si balita bepergian, apalagi yang cukup jauh adalah pesawat terbang.
Namun membawa anak-anak terbang dengan pesawat bukan tanpa tantangan ya. 

Banyak sekali yang akan membuat perjalanan jadi berat. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat liburan naik pesawat dengan anak tetap nyaman. Bahkan, tanpa membawa baby sitter pun juga bisa. Nah, berikut ini tips supaya nyaman liburan naik pesawat bersama anak-anak.

Lakukan Check-in Secara Online

Bawaan cukup banyak ditambah dengan anak-anak, ada baiknya untuk melakukan check-in secara online saja. Dengan begini, kamu tidak perlu antre lama-lama di depan counter check-in. Belum lagi antriannya mengular atau ada salah satu calon penumpang yang bermasalah, tambah lama. Anak-anak akan merasa bosan dan malah membuat masalah nantinya.

Dan inilah kemudahan yang ditawarkan oleh Traveloka. Bagi yang memesan tiket di Traveloka, misalnya pesawat Batik Air bisa melakukan check-in online, bahkan tidak harus ke bandara. Bisa kapan saja dengan syarat check-in sudah dibuka. Misalnya check in online batik air di Traveloka, sudah bisa dilakukan 23 jam sampai dengan 5 jam sebelum keberangkatan.

Dengan melakukan check-in secara online ini, kamu tidak perlu lagi was-was proses lama di counter check-in. Namun memang ada beberapa maskapai pesawat yang tidak memperbolehkan anak-anak melakukan check-in online, ada baiknya untuk bertanya-tanya terlebih dahulu ke maskapai penerbangan supaya semuanya jelas.

Sematkan Tanda Pengenal untuk Anak

Ini untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sematkan tanda pengenal untuk anak-anak. Tuliskan nama anak, nama orang tua lengkap dengan nomor telepon. Bisa juga memberikan tanda pengenal di gelang, kalung atau aksesoris lainnya. 

Nantinya, jika terjadi hal-hal yang di luar kendali, tanda pengenal tersebut akan sangat membantu. Apalagi memang bandara merupakan tempat ramai yang di dalamnya banyak sekali hal-hal yang menarik minat anak-anak, perlu ekstra waspada saat membawa buah hati.

Lakukan Persiapan Lebih Awal

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan persiapan lebih awal. Dengan melakukan persiapan lebih awal, kamu juga akan bisa datang lebih awal. Bisa datang lebih awal 2-3 jam sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian-kejadian tidak terduga seperti halnya perlu buang air kecil, buang air besar atau hal lainnya. Jadi jika sudah berangkat lebih awal, bisa tenang di bandara tinggal menunggu jadwal keberangkatan.

Jangan Ragu untuk Menyewa Porter

Membawa anak-anak saja sudah cukup menjadi PR tersendiri ya, maka dari itulah jika tidak sedang bersama dengan pasangan atau suami, ada baiknya untuk menyewa porter. 

Meski mengeluarkan biaya yang sedikit lebih banyak, namun kamu akan hanya fokus kepada anak-anak bukan lagi tentang barang-barang yang dibawa. Belum lagi jika buah hati adalah tipe aktif yang suka berlari ke sana dan ke mari. Maka dari itulah, menyewa porter juga pilihan yang bagus.

Selain itu semua, jangan lupa saat memesan tiket pesawat, pilihlah tempat duduk yang nyaman. Nah, jika membeli tiket pesawat di Traveloka, kamu bisa melihat mana saja seat yang masih tersedia ya. Biasanya seat yang nyaman ini berada di pinggir supaya anak bisa bebas bergerak ke kamar mandi atau sekadar jalan-jalan di lorong. Selain itu, siapkan mainan yang mengalihkan perhatiannya saat berada di pesawat ya.

dokumentasi-warung2

Personal website seorang blogger dari kota Bombay van Java (Brebes)