Ingin Survive dan Sukses Online, Saya Mencoba Langkah Baru Untuk Usahaku

Bagi pelaku usaha, cara pandang paling tepat dalam mensikapi perubahan jaman yang semakin digital dengan internet sebagai backbone-nya adalah merubah pola dan menyelaraskan diri dengan kehidupan yang digital pula. Mempertahankan pola lama sangat beresiko pada keberlangsungan usaha. Sebagai salah satu pelaku usaha, saya pun menyadari hal itu. Didorong keinginan tetap survive dan sukses, saya mencoba langkah baru untuk usaha saya. Apa yang saya lakukan?

JUST STORY

Saat Lehman Brothers, MGM, Kodak dan perusahaan-perusahaan besar di dunia menyatakan bangkrut pada kurun waktu tahun 2008 hingga 2012, dunia seperti mendengar geledek di siang bolong. Bagaimana mungkin perusahaan-perusahaan besar berumur ratusan tahun dengan aset milyaran dollar itu bisa mengalami kebangkrutan.

Runtuhnya perusahaan-perusahaan besar itu pun seperti virus, menginfeksi ke berbagai belahan dunia. Buktinya, tak lama setelah banyak perusahaan dalam negeri mengalami nasib serupa, atau setidaknya terus menerus merugi.

Di berbagai tempat, dari mulai angkringan, warung kelontong hingga perusahaan-perusahaan retail punbanyak yang tutup. Dealer-dealer motor yang awalnya laris manis, boro-boro menjual motor ia malah menjual dealernya ketimbang motornya. Apa yang sebenarnya terjadi?

Berbagai analisa pun bermunculan. Namun hampir semua analisa merujuk pada satu kesimpulan kalau banyak perusahaan mulai runtuh dan berguguran karena tak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan jaman yang semakin digital di bawah panji-panji internet.

 

Dengan bahasa yang lebih santun, ketika angin perubahan bertiup begitu kencang, kebayakan dari mereka malah membangun tembok tinggi untuk menghadang angin ketimbang mendirikan kincir. Seperti itu.

 

Nah, kejadian puluhan tahun lalu itu adalah pembelajaran berharga bagi para pelaku usaha bahwa tak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan itu sendiri. Maka, sekecil apa pun usaha, upaya menyelaraskan diri dengan perubahan adalah cara terbaik agar tetap survive. Bagi yang tak bisa mengantisipasi pasti terhenti. Dan Itu saya alami. 

Dihancurkan Corona

Sebagai pelaku usaha, saya itu termasuk salah satu yang tidak bisa mengantisipasi perubahan jaman dengan segala tanda-tandanya. Karena itulah saya menjadi kalang kabut saat pandemi Covid-19 terjadi.

Ketika virus Corona (penyebab Covid-19) muncul di Wuhan, China, saat itu saya tak berfikir kalau akan begitu cepat masuk ke Indonesia. Kalau toh pun masuk, saya pikir tidak akan berlama-lama. Apalagi ada pernyataan dari pejabat negara saat itu kalau virus Corona penyebab Covid-19 tak bakal bertahan di wilayah tropis.

Tetapi apa yang terjadi, hanya butuh waktu kurang dari sebulan pasca diumumkam dua kasus pertama di Indonesia oleh presiden, virus Corona ini malah sudah nyampai di Pantura seperti Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Menurut berita, virus itu berasal dari jamaah tabligh akbar yang dilaksanakan di Goa (kluster Goa). 

Yang mengagetkan lagi, tak jauh dari tempat tinggal saya, satu orang dinyatakan positif dan harus menjalani karantina. Untuk mengantisipasi penyebaran virus, kampung saya pun melakukan lockdown. 

Sayangnya, lockdown juga mengakibatkan dampak lain terutama pada perputaran roda ekonomi warga. Orang jadi malas keluar rumah karena akses jalan banyak yang ditutup. Akhirnya banyak warung, toko, rumah-rumah makan, dan usaha-usaha rakyat pun sepi pembeli. Puncak dari kejadian ini, banyak juga yang terpaksa menutup usahanya.

Nah, hal ini juga saya alami saat itu. Saya pun terpaksa mengikuti langkah mereka dengan menutup usaha kedai makan yang saya kelola bersama kakak kandung saya dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. 

Experience

Little Steps

Action

Mencoba Langkah Baru
Dengan Memanfaatkan Internet

Setidaknya hampir dua bulan lebih kedai makan saya tutup. Sudah gak kebayangan bagaimana beratnya perekonomian keluarga saat itu. Ngilu seperti orang sakit gigi.

Setiap hari saya berfikir dan mencari cara bagaimana bisa membuka kembali kedai. Kadang mucul optimisme yang tinggi dan menggebu-gebu dalam hati. Namun ketika sampai pada pertanyaan gimana caranya, saya mulai lunglai lagi. Begitu terus menerus dan selalu berulang. 

Akhirnya momen itu tiba. Saya pikir setakut-takutnya orang terhadap virus corona dan mencoba untuk bertahan diri di rumah, tetap juga akan merasa lapar dan itu artinya butuh makan. Begitu yang ada dipikiran saya. 

Nah dari sinilah akhirnya muncul ide untuk mencoba langkah baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya yakni memanfaatkan teknoloi internet.  

Siapa sangka kalau langkah baru tersebut akhirnya justru menjadi jalan tegak kembalinya usaha kedai makan saya hingga saat ini.

Apa yang saya lakukan?

tangan

01

Memanfaatkan Whatsapp Untuk Delivery Order (Layanan Pesan Antar)

Apa yang ada di benak saya terbukti. Ternyata selama lockdown saat itu banyak warga kebingungan memenuhi kebutuhan makan. Lebih-lebih warga yang selama ini memilih membeli masakan matang ketimbang memasak sendiri

Saya juga tidak menduga sama sekali kalau layanan pesan antar gratis menggunakan WA yang saya sediakan di sambut antusias warga sekitar. Warga tinggal WA ke salah satu dari dua nomor yang saya sediakan untuk memesan makanan atau minuman dan pesanan akan dikirm tanpa kontak langsung. 

Sedikit demi sedikit layanan pesan antar ini membantu memperbaiki keadaan. Omset kedai membaik walaupun belum stabil seperti sebelum pandemi.

Memanfaatkan Aplikasi Gofood

Antusiasme warga dengan layanan pesan antar gratis melalui WA yang saya sediakan, pada akhirnya malah menginspirasi saya untuk mendaftarkan kedai makan ke aplikasi Gofood.

Namun berbeda dengan layanan pesan antar yang saya sediakan, layanan menggunakan Gofood ini saya tujukan untuk pelanggan-pelanggan yang berada di luar kampung saya.

Nah, walaupun masih fluktuatif, namun masuknya kedai makan ke aplikasi pesan antar GoFood ini juga membantu meningkatkan omset dan berkontribusi pada meningkatnya penghasilan.

02

03

gofood dashboard

Membuat Website

Dalam perjalannya, setelah berhasil dengan layanan pesan antar menggunakan WA dan Goffod, saya juga berinisiatif untuk membuat website khusus untuk kedai makan yang saya kelola dengan alamat domain kedainokevi.online. 

Kehadiran website ini untuk membidik pelanggan-pelanggan dari instansi baik pemerintah maupun swasta yang ada di Brebes. Website saya buat menggunakan WordPress, CMS yang menurut saya relatif mudah dipahami, seperti yang saya gunakan untuk blogging. Templatenya menggunakan Twenty-Twenty dengan beberapa plugins.

Hanya Kecil Dan Kelas Kampung
Bermanfaatkah Website?

Awalnya saya memang bertanya, begitu. Apakah website ini akan membawa kemudahan atau jangan-jangan malah hanya buang-buang waktu dan tenaga. Begitu pertanyaan dalam hati saya.

Namun apa yang saya pikirkan itu saya salah. Bisa dibilang kalau website ini loh jalan kemudahan yang diberikan Tuhan untuk bangkit kembali dari keterpurukan di awal pandemi. Kok bisa?

Setelah website jadi, saya terus bergerilya melakukan email marketing ke instansi-instansi pemerintah dan swasta di Brebes. Dalam email tersebut saya sertakan link website baru kedai makan. 

Email penawaran saya pakai pun menggunakan email berextension nama kendai yakni cs@kedainokevi.online. 

Siapa sangka ini, mungkin karena itu pula (website dan email) tak berapa lama email penawaran saya mendapat respon positif dari beberapa instansi. Saya pun beberapa kali saya diminta datang ke kantor untuk audiensi. 

Dari sinilah awal mula saya dipercaya untuk menyediakan makan siang bagi puluhan karyawan sebuah bank lokal di Brebes. Itu belum termasuk institusi pendidikan, delear motor dan beberapa instansi lainnya.

square-yellow-1
  • Menjangkau Lebih Banyak Pelanggaan

    Website media efektif yang memungkinkan penggunanya menjangkau pasar yang lebih luas tak terbatas

  • Meningkatkan Kredibilitas

    Website dapat difungsikan menjadi portofolio dan katalog online serta meningkatkan kredibilitas usaha di mata calon pelanggan

  • Menghemat Biaya Promosi

    Bagi pengguna website jauh lebih informatif dan mampu menghemat pengeluaran biaya promosi ketimbang harus cetak brosur yang dengan biaya yang tidak sedikit

Pentingnya

WEBSITE

Ayo #OnlineinAja Usahamu,
Bikin Website Segera Dengan Hosting Murah
dari Qwords

Tak ada guru yang lebih hebat selain pengalaman. Nah, saya bisa bercerita kepada anda karena saya memang mempunyai pengalaman empiris tentang hal itu. Kalau anda punya usaha, boleh saja melakukan hal yang sama yakni dengan membuat website. Walalupun bukan satu-satunya cara, namun website adalah cara paling umum dan tetap akan digunakan siapapun juga untuk sukses melalui internet. Apalagi membuat website relatif lebih mudah dan memiliki berbagai keuntungan dibanding media lainnya.

Betul. Secara teknis membuat website usaha yang sederhana itu mudah, tidak sesulit yang dibayangkan orang. Secara umum hanya melewati beberapa tahap mudah yakni beli domain, beli hosting, install CMS yang dikehendaki, pilih tema (template) yang sesuai, masukkan materi, publish dan selesai. 

Domain adalah alamat toko atau rumah kita di internet sedangkan hosting adalah tempat di mana file-file website seperti text, script-script image, video dan lain-lain berada. Apalagi domain dan hosting tidak mahal seperti dulu. Banyak perusahaan domain dan hosting indonesia yang menyediakan hosting murah terbaik dan domain murah. Setahu saya, salah satunya adalah Qwords. 

Qwords ini adalah perusahaan tekonologi yang merupakan portofolio dari  PT Qwords Company International . Perusahaan dengan core bisnis utamanya adalah web hosting selain Domain, Cloud & Data center, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Produk Penelitian dan Pengembangan ini didirikan pada pertengahan 2005. 

Dengan melihat tahun berdirinya, Qwords telah berpengalaman tak kurang dari 16 tahun di dunia digital di Indonesia.

Tentu saja pengalaman Qwords tersebut tidak bisa dibilang sebentar. Sangat wajar kalau dari berdiri hingga saat ini Qwords telah dipercaya lebih 55.000 pelanggan bertraffik tinggi baik domestik dan Internasional. 

Banyak perusahaan-perusahaan besar dan kecil yang memilih menggunakan layanan hosting murah Qwords.  Beberapa diantaranya seperti perusahan asuransi multinasional Sequise, Forisa, MD Picture, Grand Tjokro, Solopos, dan berbagai perusahaan lainnya.

Dengan banyaknya pelanggan yang berasal dari perusahaan -perusahaan besar seperti di atas, ini menunjukkan kalau Qwords memang bukan penyedia hosting murah biasa tetapi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Cakupan layanan hosting di Qwords juga variatif. Ada 5 jenis hosting yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Setiap hosting menawarkan fitur  berbeda-beda. Berikut ini highlight feature masing-masing hosting Qwords,  

Value Hybrid Performance Hosting

Garansi 30 Hari Uang Kembali

  • Cloud Hosting Indonesia khusus UKM, toko online, blog, dan website sederhana serta email untuk personal. Value Hosting tersedia 4 type pilihan, storage bisa disesuaikan dengan kebutuhan (fleksibel), dan kapasitas hosting ekstra lega yakni mulai 3 GB hingga 25 GB
  • Harga mulai,
Rp 14.500
/ bulan

High Performance Cloud Hosting

Garansi 30 Hari Uang Kembali

  • Cloud Hosting berperforma tinggi dengan teknologi Ultrafast SSD serta memiliki fitur keamanan ekstra yang terintegrasi di cPanel Hosting. Hosting ini dirancang untuk membuat website profesional. karena dilengkapi juga fitur-fitur terbaik seperti Ekstra NodeJS dan Git Version Control yang membuat hosting lebih Dev-friendly dan sebagainya.
  • Harga mulai,
Rp 75.000
/ bulan

Unlimited Hosting

Garansi 30 Hari Uang Kembali

  • Paket Unlimited Hosting Indonesia ini salah satu yang menawarkan kehandalan tanpa batasan. Uptime server hingga 99,99% serta dilengkapi dengan fitur Website Builder dan Web Accelerator dengan Module LSAPI PRO + CRIU. Selain itu gratis Domain & SSL Certificate. Hosting unlimited murah ini tersedia dalam 3 type dan dengan CPU core serta RAM hingga 3GB.
  • Harga mulai,
Rp 44.000
/ bulan

Business Cloud Hosting

Garansi 30 Hari Uang Kembali

  • Cloud Hosting Indonesia berperforma tinggi dan optimal. Hosting ini dirancang husus untuk website profesional perusahaan, e-commerce, startup bisnis, serta e-learning. Hosting ini telah support Moodle, platform open source yang memudahkan sistem pembelajaran online. Selain itu hosting ini memiliki resource email & kapasitas penyimpanan unlimited, SSD Storage hingga 130GB, RAM hingga 10 GB, CPU Core hingga 8 GB serta addon dan park domain hingga 7.
  • Harga mulai,
Rp 150.000
/ bulan

WordPress Hosting

Garansi 30 Hari Uang Kembali

  • Hosting ini diracang khusus bagi pengguna WordPress. Hosting sudah dilengkapi CloudPop untuk kinerja WordPress yang optimal, memiliki kapasitas penyimpanan hingga 5GB, RAM dan CPU Core hingga 1 GB, unlimited akun email dan inodes hingga 50.000.
  • Harga mulai,
Rp 50.000
/ bulan

TRIAL WP HOSTING 30 HARI

Qwords kasih kesempatan mencoba WordPress Hosting gratis selama 30 hari dan secara otomatis akan diterminasi bila tidak melakukan upgrade ke layanan berbayar pada hari ke 30.

Keunggulan Komparatif Qwords

Dipilih dan dipercaya 55.000+ pengguna dalam dan luar negeri tentu saja bukan semata-mata hanya karena harga hostingnya yang murah namun berkualitas, akan tetapi juga karena Qwords memang salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia yang memiliki berbagai keunggulan komparatif dibanding perusahaan lain. Dalam catatan saya, ini beberapa keunggulannya, simak!

Menjamin Uptime Network diatas 99,99%

Bagi sebuah usaha, uptime server sangat penting agar tidak kehilangan prospect pelanggan. Nah, Qwords menjamin hal itu karena telah mengkonfigurasi server secara tepat yang didukung dengan manajemen jaringan dan multiple upstream tier 1 provider network serta multiple peering. yang menjamin uptime server di atas 99,99%

Unmetered Bandwidth

Bagi website usaha bandwidth adalah penting karena berhubungan dengan lalu lintas traffict website. Nah, menggunakan hosting dari Qwords tak khawatir kehabisan kuota traffic karena semua hosting di Qwords menawarkan Unmetered bandwidth yang membuat website mudah diakses dari mana pun di seluruh dunia.

Menggunakan Hardware dan Software Terbaik Dengan Private Data Center Tier 3

Qwords menggunakan teknologi cloud hosting, clustered DNA, dan hardware kelas dunia serta menggunakan software terbaik dan telah bermitra cPanel, Microsoft, Softaculous, Parallels, Google, GlobalSign, Spam Expert, dan sebagainya..

Server Qwords adalah server kelas enterprise yang dipakai perusahan kelas dunia yakni Dual Xeon Octa Core. Qwords juga menggunakan Tier 1 Network yakni jaringan dunia tanpa transit network yang menjamin jaringan lebih cepat. Qwords juga memiliki Data Center Private Tier 3 sendiri di Jakarta dengan full 24/7 monitoring Network Operation Center

Total Security Protection

Untuk semua website yang menggunakan hosting Qwords diberikan proteksi menyeluruh dengan tool terbaik seperti imunify360 yang melindungi server dari serangan DDOS, brute force, hack, dsb.

Layanan dan Bantuan Pelanggan 24 jam

Yang tak kalah penting bila menggunakan hosting murah Qwords adalah Technical Support & Customer Service Qwords siap membantu selama 24/7 nonstop melalui layanan terpadu Live chat, Call Center, dan Support Ticket.

Akhir Tulisan

Walaupun ekonomi masih belum menentu, sebagai pelaku usaha kita memang tidak boleh menyerah. Pandemi tidak berarti kiamat. Masih ada banyak peluang tercipta apabila kita mau memanfaatkannya.

Yang perlu kita lakukan adalah merumuskan langkah baru menyesuaikan dengan kondisi saat ini agar bisa berhasil dan sukses. Salah satunya adalah seperti yang saya lakukan yakni membuat website dan memanfaatkan teknologi berbasis internet pada umumnya.

Bila website menjadi pilihan, anda cukup butuh domain dan hosting. Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan hosting murah di Qwords.

Yuk, jangan terlambat mengambil keputusan. Buat langkah baru secepat mungkin agar bisnis kita mampu bertahan dari pusaran pandemi dan rintangan bisnis lainya.

Makasih telah meluangkan waktu membaca pengalaman saya ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

peta-lokasi-sky-house-bsd

Dokumentasi Proyek Kewirausahaan

Hasil PKL Kewirausahaan SMKN 6 Ygk
Dokumentasi Usha 04
Dokumentasi Usaha 03
Dokumentasi Usaha 01
error: Alert: Content is protected !!