Dropshipping, Solusi Sukses Jualan Online Bagi Yang Cekak Modal

Di era internet seperti saat ini, berjualan online dengan metode dropshipping bisa menjadi jalan kesuksesan. Apa itu dropshipping? bagaimana bisa sukses berjualan dengan metode dropshipping ini?

Kehadiran teknologi internet memang membawa berkah tersendiri bagi kehidupan. Tak hanya menghubungkan setiap entitas dalam jaringan namun juga membuka berlaksa-laksa peluang bisnis yang berpotensi mendatangkan cuan. 

Sebuah perusahaan misalnya, bisa saja ia membuat website untuk produk-produknya. Dengan sentuhan strategi digital marketing yang tepat, transaksi bisnis pun bisa saja terjadi.

Seiring tumbuhnya berbagai platform jual beli online (e-coomerce) perusahaan dan para pelaku bisnis pun memafaatkanya sebagai “rumah kedua” untuk bertemu dengan calon pembeli yang lebih hiterogen. 

Perlu diakui bahwa hadirnya berbagai platform jual beli online tersebut bahkan telah menciptakan ekosistem tersendiri bagi pelaku bisnis dan masyarakat. Kediriannya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan digital saat ini. Dengan menambah fitur paylater saja misalnya, masyarakat pun seperti terikat tali panjang yang susah untuk pindah ke lain hati.

Yang menarik, tak hanya memposisikan diri sebagai etalase produk bagi publik, berbagai platform jual beli online pun memberi ruang yang luas bagi semua entitas untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya sebagai mitra. 

Bukan hanya institusi pemilik produk, orang perorangan pun dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan manfaat dengan berjualan online.

Ya, bagi yang memiliki modal, mereka bisa sukses berjualan online dengan menjadi reseller. Sedangkan bagi yang tidak memiliki modal, mereka pun tak lantas kehilangan kesempatan begitu. 

Faktanya, banyak orang bisa sukses tanpa modal hanya dengan menjualkan produk-produk orang lain alias dropshipping. 

Sukses Dengan Dropshipping

Menjualkan Produk Orang Lain, So What?

Emy, teman sekolah semasa SMA mengatakan kepada saya. “Kalau ingin sukses berjualan online, gak perlu gengsi memulai dengan menjualkan produk orang lain dulu. Ya, dari dropshipping.” Begitu kata Alin.

Apa yang ia katakan pun bukan sekedar nasehat kosong belaka. Ia sendiri telah menerapkan metode dropshipping ini hingga sukses mengembangkan produknya sendiri dan menjadi supplier produk busana muslim. Ia memiliki beberapa karyawan dan membuka peluang untuk dropshiper maupun reseller. Lalu, apa itu dropshipping?

Saya memahami bahwa dropshipping adalah sebuah model jualan yang dilakukan oleh seseorang dengan menjualkan produk orang lain (supplier). Cara ini ngetrend dalam bisnis jualan online karena menawarkan sistem dan alur kerja yang mudah, unik dan tidak memberatkan. 

Seseorang yang menekuni bisnis dropshipping ini tidak disyaratkan memiliki modal (tanpa modal) dan tidak perlu membeli stok barang.  Semua proses packing sampai pengiriman dikerjakan oleh toko online penjual (supplier) di mana seseorang bermitra sebagai dropshipper.

Karena kemudahan ini, dropshipping menjadi cara paling menarik jualan online untuk mendapatkan pendapatan penghasilan sampingan bagi semua kalangan, termasuk emak-emak seperti saya. 

Ya, saya sendiri terdaftar sebagai dropshipper untuk produk-produk busana muslimah yang diproduksi Emy, teman saya. Awalnya memang hanya sekedar coba-coba, namun setelah beberapa kali terjadi transaksi, saya malah semakin tertantang untuk terus menekuni metode dropshipping ini. Sayang sekali metode dropshipping ala Emy masih sedikit konvensional (manual) karena saya hanya dibekali katalog dan pricelist untuk di share ke jejaring sosial, email dan Whatsapp.   

Atas beberapa hal yang telah saya lalui, saya melihat metode dropshipping cocok dengan kondisi saya yang cekak modal namun ingin sukses berjualan online. Dan, dari sini pula akhirnya saya paham plus dan minus berjualan dengan metode ini, serta tahu perbedaanya dengan reseller.

Nah berdasarkan pengalaman saya, ini perbedaan berjualan online dengan metode dropshipping dengan reseller.

  • Tidak perlu modal
  • Tidak perlu menyetok produk
  • Tidak berisoko rugi kalau barang tidak laku atau tidak terjual
  • Keuntungan relatif kecil, namun dalam kondisi tertentu bisa juga besar
  • Pemasaran langsung tidak memungkinkan karena tidak menyetok produk
  • Bila produk terjual tidak direpotkan dengan packing dan pengiriman. Semua akan dihandel oleh supplier (pemilik produk)
  • Butuh modal
  • Menyediakan stock produk dan mengelolanya
  • Beresiko rugi kalau barang tidak laku (modal lambat kembali)
  • Bisa mendapatkan keuntungan bisa lebih besar
  • Bisa melakukan penawarkan secara langsung dengan mendisplay produk (offline dan online)
  • Bila produk terjual, reseller harus memikirkan packing dan pengiriman

Sukses Dengan Dropshiping

Bergabung dengan Mangdropship

Melihat alur kerja dan beberapa pointer di atas, saya kira sudah sangat jelas kalau metode dropshipping adalah salah satu alternatif rasional bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis online di era kekinian. 

Dengan melihat pengalaman banyak orang seperti halnya teman saya Emy, metode dropshipping sangat berpeluang besar menghantarkan kesuksesan secara finansial bagi pelakunya. 

Namun berdasarkan pengalaman saya, kesuksesan metode ini juga tergantung pada aktivitas promosi dan bagaimana dropshipper menawarkan produk kepada calon pembeli (customer). 

Untuk itu, sebenarnya dibutuhkan periperal pendukung lebih dari sekedar katalog dan pricelist, namun juga sebuah media dan sistem yang komprehensif yang mudah dioperasikan dan memudahkan pula bagi pembeli dalam melakukan transaksi.

Sampai di sini, saya dan siapapun orangnya yang ingin menekuni bisnis dropshipping ini rasa-rasanya memang perlu untuk bergabung dengan platform jual-beli sistem dropshipping. Umumnya platform yang fokus pada metode ini memiliki sistem modern yang memudahkan para dropshipper untuk menjual produk.

Sebenarnya ada banyak sekali platform e-commerce yang secara spesifik fokus pada model bisnis dropshipping ini. Nah, dari sekian banyaknya platform yang saya maksud, salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah Mangdropship.

Ya, Mangdropship merupakan platform e-commerce B2B (Supplier to Dropshipper) dan B2C (Dropshipper to Consumer), yakni wadah bagi seseorang yang ingin mulai bisnis online dengan menjualkan kembali produk dari supplier tangan pertama tanpa harus memiliki modal untuk nyetok produk.

Secara teknis platform yang dirilis tahun 2020 ini tak jauh beda dengan platform-platform jual-beli sistem dropshipping lainnya. 

Yang membedakan adalah, selain telah memiliki sertifikasi dari Kominfo, platform dropshipping yang memiliki visi menjadi platform belanja online B2B dan B2C dengan produk-produk termurah, terlengkap dan terpercaya untuk semua orang ini berhasil mengaplikasikan sistem penjualan yang lebih modern yakni sistem Dropshipping 4.0 dan mengintegrasikan dengan website dropship Mangdropship. 

Dengan Integrasi sistem ini, Mangdropship menawarkan kemudahan bagi droshipper dengan berbagai fitur menarik, unik dan spesifik.

Apa saja? Berikut beberapa diantaranya! 

Mangfeeds

Bisa pilih desain foto produk dan captionya untuk promosi dan menjadwalkan postingan promosi ke sosial media

Clone marketplace

Upload foto dan mengelola orderan secara otomatis dari marketplace ke Mangdropship

Hapus background foto

Fitur unik untuk menghapus background foto langsung dari aplikasi Mangdropship

Notifikasi

Notifikasi orderan masuk secara realtime

Integrasi Media Sosial dan Marketplace

Menghubungkan aplikasi Mangdropship dengan akun media sosial untuk promosi medsos dan marketplace

Underweb maupun aplikasi

Dropshipper bisa membuka daskboard baik melalui website maupun aplikasi, dan fitur-fitur menarik lainnya.

Tak hanya memiliki berbagai fitur unik yang memudahkan Dropshipper melakukan promosi dan menjual produk, Mangdropsip juga menawarkan berbagai fasilitas menarik bagi dropshipper yang ingin berhasil dalam menjalankan bisnis jualan onlinenya. Simak! 5 (lima) poin berikut ini diantaranya,

Registrasi Mudah

Mangdropship menawarkan kemudahan bergabung menjadi Dropshipper. Registrasi hanya dilakukan dalam beberapa langkah saja.

Lihat cara registrasi

Biaya Membership Reliable

Biaya membership menjadi dropship sangat reliable yakni hanya Rp 89.000 per tahun. Jauh lebih rendah dibanding platform dropshipping lainnya

Ribuan Produk Langsung dari Supplier

Di Mangdropship terdapat ribuan produk dropship langsung dari para supplier tangan pertama dari seluruh Indonesia, jadi untuk harga tentu di Mangdropship jauh lebih murah.

Website Toko Profesional

Dropshipper mendapatkan website toko online profesional di maulakustore (main domain) dengan nama toko (sub domain) sesuai keinginan dropshipper. 

Bimbingan Berbisnis Gratis

Dropshipper akan mendapatkan bimbingan cara berbisnis dari nol secara komprehensif melalui video-video edukasi seputar jualan online

..dan

Finally,

Ya, begitulah. Di antara gegap gempitanya kemajuan teknologi digital dan internet saat ini, ada satu sisi positif yang bisa dirasakan oleh banyak orang yakni terbukanya kesempatan berusaha dengan berbagai cara, salah satunya adalah berjualan online. 

Berbagai model dan metode bisa saja dicoba, namun bagi yang cekak modal, metode dropshipping bisa menjadi solusi paling realistis. Selain tidak membutuhkan modal dan nyetok produk, metode dropshipping ini memiliki sistem dan alur kerja yang tidak ribet karena urusan stok dan pengiriman dihandel langsung oleh supplier. Drosphipper hanya fokur untuk melakukan promosi dan penawaran dalam berbagai cara yang disukai.

Dari berbagai pengalaman para dropshipper, meskipun untungnya relatif kecil namun dengan ketelatenan dan dukungan platform yang tepat, tidak mustahil bisa berkembang dan menghasilkan cuan jutaan dalam sebulan. 

Untuk itu, cara paling ideal realistis untuk memulai adalah bergabung dengan platform dropshipping yang memiliki sistem komprehensif dan memudahkan dropshipper. Salah satunya yang dapt dijadikan pertimbangan adalah mangdropship.

Tertarik? Yuk segara daftarkan agar bisa menjemput kesuksesan dalam bisnis jualan online lebih pagi.  

error: Alert: Content is protected !!